ANALISIS DATA PELANGGAN INDIHOME DENGAN ALGORITMA ROUGH SET UNTUK MEMPREDIKSI CALON PELANGGAN BARU YANG POTENSIAL (STUDI KASUS: PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK)

 (*)Muhammad Chaidir Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Persaingan antar perusahaaan yang bergerak dibidang jasa internet dan siaran berbayar yang memiliki kualitas dan pelayanan yang baik. Seperti Channel Spart, dalam paket premium hanya diberikan satu channel part sementara channel lainnya memiliki kualitas HD. Kualitas dan pelayanan yang baik akan menghasilkan suatu produk mampu meningkatkan daya tarik dari pelanggan yang lainnya. Dengan demikian kualitas yang baik akan menjadi strategi pemasaran yang bagus dalam dunia marketing dan dapat mempertahankan pelanggan dan menarik pelanggan baru yang potensial Data mining merupakan bidang yang berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang melibatkan pemakaian database berskala besar maupun kecil. Informasi yang tersimpan dalam database menjadi tidak berguna seiring berjalannya waktu. Data mining dapat meningkatkan nilai tambah suatu database. Metode    Rough  Set  merupakan teknik  yang  efisien  untuk  knowledge discovery in database (KDD) proses dan data mining. Penerapan algoritma rough set, dapat digunakan dalam memprediksi calon pelanggan yang potensial berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan yang akan menghasilkan suatu rule (pengetahuan), dari rule (pengetahuan) inilah, akan diambil pengetahuan-pengetahuan baru berupa rules atau aturan-aturan yang akan dijadikan pola keputusan. Oleh karena itu dapat membantu staff PT. Telekomunikasi dalam memprediksi calon pelanggan IndiHome yang potensial.

Kata Kunci : Data Mining, Calon Pelanggan, Algoritma Rough Set.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 726 times
PDF - 207 times

References

Abdullah et al, "Implementasi Metode Roughset Untuk Menentukan Data Nasabah Potensial Mendapatkan Pinjaman Pada Bank Rakyat Indonesia (BRI)”," Template Artikel Seminar Prosiding SENATKOM, 2015.

D. Hartama & Hartono, "Analisis Kinerja Dosen STMIK IBBI Dengan Mneggunakan Metode Rough Set," Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, Februari 2016

S.Kom, M.Kom P. Sari, "“Data Mining Rough Set Dalam Menentukan Pilihan Alat Kontrasepsi Pada Wanita (Studi Kasus Di BKKBN Kota Padang," JURNAL TEKNOLOGI Fakultas Teknologi Industri, vol. 4, no. 2, Desember 2014.

T. S Kaihatu et al, Manajemen Komplain. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2015.

E. Herjanto, SAINS MANAJEMEN Analisis Kuantitatif Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Grasindo, 2009.

M. Kierczak. (2009, May) Rosetta. [Online]. http://bioinf.icm.uu.se/rosetta/

Retna G, Belajar Cepat Microsoft Excel 2007. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2007.

D. P. Utomo and S. D. Nasution, "SISTEM PAKAR MENDETEKSI KERUSAKAN TONER DENGAN MENGGUNAKAN METODE CASE BASED-REASONING," JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 3, no. 5, pp. 430-434, 2016.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel ANALISIS DATA PELANGGAN INDIHOME DENGAN ALGORITMA ROUGH SET UNTUK MEMPREDIKSI CALON PELANGGAN BARU YANG POTENSIAL (STUDI KASUS: PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License