PERANCANGAN APLIKASI DALAM MENSTIMULASI DAYA INGAT PADA BALITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GLENN DOMAN
Abstract
Masa balita merupakan masa perkembangan otak yang paling bagus untuk seorang anak. Di usia seperti inilah dibutuhkan peran orang tua maupun pengajar dalam merangsang daya ingat seorang anak atau balita. Metode Glen Doman merupakan metode yang mengajarkan bagaimana merangsang daya ingat seorang anak dengan bermain sambil belajar. Anak bukan hanya membutuhkan gizi yang sangat baik tetapi juga membutuhkan perkenalan informasi, emosi dan spiritual untuk tumbuh kembang dirinya secara utuh. Kemajuan teknologi pada saat ini sangat semakin meningkat. Dalam hal ini membuat teknologi dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Salah satu pemanfaatan teknologi dapat membantu dalam merangsang daya ingat balita, merangsang daya ingat balita bisa banyak dilakukan seperti diantaranya dengan cara menunjukan gambar benda-benda sekitar kita (flashcrad) dan diiringi dengan suara.   Dengan adanya teknologi yang berkompetensi maka hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan terarah serta membantu orang tua ataupun pengajar melakukan hal-hal untuk merangsang daya ingat pada balita. Disini balita hanya diransang dengan melihat dan mendengar dari benda-benda yang telah terkomputerisasi secara otomatis benda-benda tersebut akan beregantian dan diikuti oleh suara benda yang ditampilkan.
Â
Kata Kunci: perancangan, aplikasi, balita, Glen Doman.[1] Jogiyanto HM, “Analis dan Desain Sistem Informasiâ€, 1991.
[2] Dr. ToetiSoekamto, Drs. Udin Saripudin Winataputra, MA, “Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaranâ€, 1997.
[3] Knowles, Slavin,â€Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli ,http://carapedia.com/pengertian_definisi_pembelajaran_menurut_para_ahli_info507â€.html, Tanggalakses 9 Maret 2017.
[4] John Allen Paulos,â€Innumeracy: Mathematical Illiteracy and its Consequencesâ€, 1989,http://en.wikipedia.org/wiki/Numeracy, Tanggal akses 9 Maret 2017.
[5] Kartini Kartono, Dali Gulo, â€Metode Glen Domanâ€.2000:486.
[6] (jurnal penelitian pendidikan volume 27 nomor 1 tahun 2010, meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia)“Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Media Flaschcardâ€.
[7] (jurnal penelitian pendidikan volume 27 nomor 1 tahun 2010,tentang meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia)†Tentang Prosedur Penerapan Metode Glen Domanâ€.
[8] Jogiyanto H. M, Analisis dan Desaign (1989 :802),â€Definisi dan Simbol Flowchartâ€.
[9]DwiAstuti, “Teknik Membuat Animasi Propesional Menggunakan Macromedia Flash 8â€, penerbit Andidan smitdev.com, Semarang, April 2006
References
Jogiyanto HM, “Analis dan Desain Sistem Informasiâ€, 1991.
Dr. ToetiSoekamto, Drs. Udin Saripudin Winataputra, MA, “Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaranâ€, 1997.
Knowles, Slavin,â€Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli ,http://carapedia.com/pengertian_definisi_pembelajaran_menurut_para_ahli_info507â€.html, Tanggalakses 9 Maret 2017.
John Allen Paulos,â€Innumeracy: Mathematical Illiteracy and its Consequencesâ€, 1989,http://en.wikipedia.org/wiki/Numeracy, Tanggal akses 9 Maret 2017.
Kartini Kartono, Dali Gulo, â€Metode Glen Domanâ€.2000:486.
(jurnal penelitian pendidikan volume 27 nomor 1 tahun 2010, meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia)“Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Media Flaschcardâ€.
(jurnal penelitian pendidikan volume 27 nomor 1 tahun 2010,tentang meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia)†Tentang Prosedur Penerapan Metode Glen Domanâ€.
Jogiyanto H. M, Analisis dan Desaign (1989 :802),â€Definisi dan Simbol Flowchartâ€.
DwiAstuti, “Teknik Membuat Animasi Propesional Menggunakan Macromedia Flash 8â€, penerbit Andidan smitdev.com, Semarang, April 2006
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).