PERANCANGAN APLIKASI DALAM MENSTIMULASI DAYA INGAT PADA BALITA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GLENN DOMAN

Authors

  • Yusman Joseph Zai STMIK Budidarma

Abstract

Masa balita merupakan masa perkembangan otak yang paling bagus untuk seorang anak. Di usia seperti inilah dibutuhkan peran orang tua maupun pengajar dalam merangsang daya ingat seorang anak atau balita. Metode Glen Doman merupakan metode yang mengajarkan bagaimana merangsang daya ingat seorang anak dengan bermain sambil belajar. Anak bukan hanya membutuhkan gizi yang sangat baik tetapi juga membutuhkan perkenalan informasi, emosi dan spiritual untuk tumbuh kembang dirinya secara utuh. Kemajuan teknologi pada saat ini sangat semakin meningkat. Dalam hal ini membuat teknologi dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat. Salah satu pemanfaatan teknologi dapat membantu dalam merangsang daya ingat balita, merangsang daya ingat balita bisa banyak dilakukan seperti diantaranya dengan cara menunjukan gambar benda-benda sekitar kita (flashcrad) dan diiringi dengan suara.    Dengan adanya teknologi yang berkompetensi maka hal tersebut dapat dilakukan dengan lebih mudah dan terarah serta membantu orang tua ataupun pengajar melakukan hal-hal untuk merangsang daya ingat pada balita. Disini balita hanya diransang dengan melihat dan mendengar dari benda-benda yang telah terkomputerisasi secara otomatis benda-benda tersebut akan beregantian dan diikuti oleh suara benda yang ditampilkan.

 

Kata Kunci: perancangan, aplikasi, balita, Glen Doman.

[1]  Jogiyanto HM, “Analis dan Desain Sistem Informasiâ€, 1991.

[2]  Dr. ToetiSoekamto, Drs. Udin Saripudin Winataputra, MA, “Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaranâ€, 1997.

[3]  Knowles, Slavin,â€Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli ,http://carapedia.com/pengertian_definisi_pembelajaran_menurut_para_ahli_info507â€.html, Tanggalakses 9 Maret 2017.

[4]  John Allen Paulos,â€Innumeracy: Mathematical Illiteracy and its Consequencesâ€, 1989,http://en.wikipedia.org/wiki/Numeracy, Tanggal akses 9 Maret 2017.

[5]  Kartini Kartono, Dali Gulo, â€Metode Glen Domanâ€.2000:486.

[6]  (jurnal penelitian pendidikan volume 27 nomor 1 tahun 2010, meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia)“Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Media Flaschcardâ€.

[7]  (jurnal penelitian pendidikan volume 27 nomor 1 tahun 2010,tentang meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia)†Tentang Prosedur Penerapan Metode Glen Domanâ€.

[8]  Jogiyanto H. M, Analisis dan Desaign (1989 :802),â€Definisi dan Simbol Flowchartâ€.

[9]DwiAstuti, “Teknik Membuat Animasi Propesional Menggunakan Macromedia Flash 8â€, penerbit Andidan smitdev.com, Semarang, April 2006

Author Biography

Yusman Joseph Zai, STMIK Budidarma

Teknik Informatika

References

Jogiyanto HM, “Analis dan Desain Sistem Informasiâ€, 1991.

Dr. ToetiSoekamto, Drs. Udin Saripudin Winataputra, MA, “Teori Belajar Dan Model-Model Pembelajaranâ€, 1997.

Knowles, Slavin,â€Definisi Pembelajaran Menurut Para Ahli ,http://carapedia.com/pengertian_definisi_pembelajaran_menurut_para_ahli_info507â€.html, Tanggalakses 9 Maret 2017.

John Allen Paulos,â€Innumeracy: Mathematical Illiteracy and its Consequencesâ€, 1989,http://en.wikipedia.org/wiki/Numeracy, Tanggal akses 9 Maret 2017.

Kartini Kartono, Dali Gulo, â€Metode Glen Domanâ€.2000:486.

(jurnal penelitian pendidikan volume 27 nomor 1 tahun 2010, meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia)“Tentang Kelebihan Dan Kekurangan Media Flaschcardâ€.

(jurnal penelitian pendidikan volume 27 nomor 1 tahun 2010,tentang meningkatkan minat membaca siswa sekolah dasar dengan metode glenn doman berbasis multimedia)†Tentang Prosedur Penerapan Metode Glen Domanâ€.

Jogiyanto H. M, Analisis dan Desaign (1989 :802),â€Definisi dan Simbol Flowchartâ€.

DwiAstuti, “Teknik Membuat Animasi Propesional Menggunakan Macromedia Flash 8â€, penerbit Andidan smitdev.com, Semarang, April 2006

Downloads

Published

2019-07-06

Issue

Section

Articles