SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA HAMA PADA TANAMAN KEDELAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE NEURO FUZZY INTERFERENCE SYSTEM (ANFIS)

 (*)Burju Lestari Sirait Mail (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Nelly Astuti Hasibuan (STMIK Budidarma, Indonesia)
 Ikhwan Lubis (STMIK Budidarma, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kedelai (Glycine max L.Mer) merupakan komoditi pangan dari famili leguminoseae yang dibutuhkan dalam pelengkap gizi makanan. Kedelai memiliki kandungan gizi tinggi yang berperan untuk membentuk sel-sel tubuh dan menjaga kondisi sel-sel tersebut. Menurunnya produksi tanaman kedelai karena faktor tanah, iklim, hama, dan penyakit, serta ketersediaan air yang terbatas. Hama yang sering menyerang tanaman kedelai seperti lalat bibit (Ophiomya phaseoll), hama grayak (Spodoptera litura), hama penggerek polong (Helicoverpa armigera,etiella sp). Timbulnya hama pada tanaman kedelai disebabkan oleh beberapa faktor seperti kekurangan zat, dan nematoda, akar  bengkak, rebah senai (jamur). Sistem pakar dimaksud perlu dibangun, khususnya untuk mendapatkan anjuran teknologi yang tepat untuk pengendalian hama pada tanaman kedelai. Sistem pakar dapat membantu penyuluh pertanian dalam mengambil keputusan tentang serangan hama tanaman dan teknologi pengendaliannya dalam waktu cepat, tepat, dan akurat. Artinya, sistem pakar akan mampu mengurangi ketergantungan petani terhadap penyuluh pertanian, sekaligus ketergantungan penyuluh pertanian terhadap peneliti (ahli/pakar) terutama dalam mendeteksi secara dini kerusakan tanaman akibat serangan hama, khususnya pada tanaman kedelai.

 

Kata Kunci: Kedelai,Penyakit Kedelai, ANFIS

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 582 times
PDF - 358 times

References

Adi Nugraha, Rekaya Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USPD. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2010.

R.Priyanto, Langsung bisa visual Basic.Net., 2008.

B.Herawan S.Kom,M.Kom Hayadi, Sistem Pakar., 2016.

Miftakhul Huda and Bunafit Komputer, Membuat Aplikasi Database dengan Java MySQL dan NetBeans.: Flex Media Komputindo.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA HAMA PADA TANAMAN KEDELAI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ADAPTIVE NEURO FUZZY INTERFERENCE SYSTEM (ANFIS)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pelita Informatika: Informasi dan Informatika




Jurnal PELITA INFORMATIKA: INFORMASI DAN INFORMATIKA
Published by STMIK Budi Darma
Email: pelitainformatika.stmikbd@gmail.com
Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License