Sentiment Analysis of Lazada Product Reviews using Convolutional Neural Network and Naïve Bayes Models
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. L. Zahra, A. I. Ananda, and A. S. Asy’ari, “Peran E-Commerce sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid-19,†Pros. Semin. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., no. November, pp. 156–161, 2021.
H. Hasanudin, “Dampak Pandemi Covid-19 Pada Penjualan E-Commerce Di Media Sosial,†Ekon. Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 41–50, 2021.
D. Hernikawati, “Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan,†J. Stud. Komun. dan Media, vol. 25, no. 2, p. 191, 2021.
U. D. Putri, “Dampak Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Loyalitas Konsumen Belanja Online di Lazada,†J. Manaj. Modal Insa. Dan Bisnis, vol. 2, no. 2, pp. 156–163, 2021.
B. Z. Ramadhan, R. I. Adam, and I. Maulana, “Analisis Sentimen Ulasan pada Aplikasi E-Commerce dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,†J. Appl. Informatics Comput., vol. 6, no. 2, pp. 220–225, 2022.
Y. Sidik, “ANALISIS PROMOSI SOSIAL MEDIA & REVIEW PRODUK UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE LAZADA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Pakuan),†2022.
A. Nababan, A. Lumenta, Y. Rindengan, F. Pontoh, and Y. Akay, “Analisis Sentimen Twitter Pasca Pengumuman Hasil Pilpres 2019 Menggunakan Metode Lexicon Analysis,†J. Tek. Inform., vol. 15, no. 1, pp. 33–44, 2020.
S. H. Badjrie, O. N. Pratiwi, and H. D. Anggana, “Analisis Sentimen Review Customer Terhadap Produk Indihome Dan First Media Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network Review Analysis Sentiment Customer Product Indihome And First Media Using Convolutional Neural Network,†eProceedings …, vol. 8, no. 5, pp. 9049–9061, 2021.
P. W. Hardjita, “PENERAPAN ANALISIS SENTIMEN PADA PENGGUNA TWITTER MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK DAN NAIVE BAYES (STUDI KASUS : KARTU PRAKERJA),†2021.
M. N. Humam, “Perbandingan Kinerja CNN dan Naïve Bayes pada Analisis Sentimen Performa Manchester United di Twitter,†J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 7, no. 2, pp. 83–91, 2023.
Yuyun, Nurul Hidayah, and Supriadi Sahibu, “Algoritma Multinomial Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Sentimen Pemerintah Terhadap Penanganan Covid-19 Menggunakan Data Twitter,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 5, no. 4, pp. 820–826, Aug. 2021.
Stephenie, B. Warsito, and A. Prahutama, “Sentiment Analysis on Tokopedia Product Online Reviews Using Random Forest Method,†E3S Web Conf., vol. 202, pp. 1–10, 2020.
F. Novitasari and M. D. Purbolaksono, “Analysis Sentiment Aspect Level on Beauty Product Reviews Using Chi-Square and Naïve Bayes,†J. Data …, no. January, pp. 18–30, 2021.
E. Laia and M. Yamin, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam Menganalisis Sentimen pada Review Pengguna E-Commerce,†Media Online), vol. 4, no. 1, pp. 305–316, 2023.
B. Hakim, “Analisa Sentimen Data Text Preprocessing Pada Data Mining Dengan Menggunakan Machine Learning,†JBASE - J. Bus. Audit Inf. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 16–22, 2021.
N. P. A. Widiari, I. M. A. D. Suarjaya, and D. P. Githa, “Teknik Pengolahan Data Cleaning,†J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 8, no. 2, p. 137, 2020.
P. P. O. Mahawardana, I. A. P. F. Imawati, and I. W. Dika, “Analisis Sentimen Berdasarkan Opini dari Media Sosial Twitter terhadap ‘Figure Pemimpin’ Menggunakan Python,†J. Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 12, no. 2, pp. 50–56, 2022.
G. Kamil and E. B. Setiawan, “Aspect-Level Sentiment Analysis on Social Media Using Gated Recurrent Unit (GRU),†Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 4, no. 4, pp. 1837–1844, 2023.
X. Liu et al., “Developing Multi-Labelled Corpus of Twitter Short Texts: A Semi-Automatic Method,†Systems, vol. 11, no. 8, 2023.
R. Rinandyaswara, Y. A. Sari, and M. T. Furqon, “Pembentukan Daftar Stopword Menggunakan Term Based Random Sampling Pada Analisis Sentimen Dengan Metode Naïve Bayes (Studi Kasus: Kuliah Daring Di Masa Pandemi),†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 4, p. 717, 2022.
O. I. Gifari, M. Adha, F. Freddy, and F. F. S. Durrand, “Analisis Sentimen Review Film Menggunakan TF-IDF dan Support Vector Machine,†J. Inf. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 36–40, 2022.
A. Masruriyah, H. Novita, C. Sukmawati, A. Ramadhan, S. Arif, and B. Dermawan, “Pengukuran Kinerja Model Klasifikasi dengan Data Oversampling pada Algoritma Supervised Learning untuk Penyakit Jantung,†Comput. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 62–70, 2024.
R. Liswara, “Identifikasi akun bot pada media sosial twitter menggunakan metode extreme gradient boosting dan algoritma cuckoo search sebagai seleksi fitur,†UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Fak. Sains dan Teknol., 2022.
M. F. Herlambang, A. N. Hermana, and K. R. Putra, “Pengenalan Karakter Huruf Braille dengan Metode Convolutional Neural Network,†Syst. Inf. Syst. Informatics J., vol. 6, no. 2, pp. 20–26, 2021.
Bustomi, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Mengklasifikasi Data Nasabah Asuransi pada BPR Pantura,†2019.
DOI: https://doi.org/10.30865/mib.v8i3.7834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
Universitas Budi Darma
Secretariat: Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
Email: mib.stmikbd@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.