Segmentasi Pelanggan Menggunakan Fuzzy C-Means dan FP-Growth Berdasarkan Model LRFM untuk Rekomendasi Produk
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 413 timesPDF - 302 times
References
B. Rizki, N. G. Ginasta, M. A. Tamrin, and A. Rahman, “Customer Loyality Segmentation on Point of Sale System Using Recency-Frequency-Monetary (RFM) and K-Means,” J. online Inform., pp. 130–136, 2020.
R. Siagian, P. S. P. Sirait, and A. Halima, “E-Commerce Customer Segmentation Using K-Means Algorithm and Length, Recency, Frequency, Monetary Model,” J. Informatics Telecommun. Eng., vol. 5, no. 1, pp. 21–30, 2021.
G. Hasan, C. Wijaya, M. Noviani, and Y. Yendiarti, “Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM Mie Pangsit Ayam Bangka Mr. Ong Batam,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 3, pp. 2785–2795, 2023.
L. Waroka, S. Monalisa, D. Anjainah, and N. Arifin, “Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means (Fcm) Dalam Pengklasterisasian Nilai Hidup Pelanggan Dengan Model Lrfm,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 1–5, 2020.
S. Syofian, R. Sugiyanto, Y. Irvan, and S. Y. Irianto, “Implementasi Algoritma Frequent Pattern Growth, Collaborative Filtering Dan Eclat Untuk Rekomendasi Produk Pada PT. JOENOES IKAMULYA,” in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2023, pp. 191–207.
H. D. A. UNAN, “IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK REKOMENDASI PRODUK DI TOKO LM MART,” Julia J. Ilmu Komput. An Nuur, vol. 4, no. 1, pp. 1–12, 2024.
T. A. Anggraini, A. Pranata, and D. Setiawan, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menganalisa Pola Penjualan Untuk Meningkatkan Pendapatan,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 3, no. 2, pp. 90–100, 2024.
Y. R. Amalia, “Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Penjualan Produk Elektronik Terlaris Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor (Studi Kasus: PT. Bintang Multi Sarana Palembang).” UIN RADEN FATAH PALEMBANG, 2018.
K. Annisa, B. S. Ginting, and M. A. Syari, “Penerapan Data Mining Pengelompokan Data Pengguna Air Bersih Berdasarkan Keluhannya Menggunakan Metode Clustering Pada PDAM Langkat,” Algoritm. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 6, no. 1, 2022.
A. Z. Putri, M. Afdal, S. Monalisa, and I. Permana, “Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Pada Segmentasi Pelanggan B2B dengan Model LRFM,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 7, no. 3, pp. 1423–1432, 2023.
Y. Husain, E. D. Oktaviyani, and S. Christina, “Analisis Perbandingan Algoritma Apriori, FP-Growth, Dan Eclat dalam Menemukan Pola Pembelian Konsumen,” KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 231–243, 2023.
S. M. Monalisa and D. A. Anjainah, “Analisis Rekomendasi Produk Berdasarkan Segmentasi Pelanggan Menggunakan Algoritma DBSCAN dan FP-Growth,” Techno. Com, vol. 21, no. 4, pp. 948–956, 2022.
S. F. Octavia, M. Mustakim, I. Permana, and S. Monalisa, “Penerapan Algoritma Association Rules Dalam Penentuan Pola Pembelian Berdasarkan Hasil Clustering,” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 7, no. 3, pp. 956–965, 2023.
M. R. AL, M. T. Sembiring, and R. G. R. Maulana, “Product Recommendations Using Market Basket Analysis with FP-Growth and Clustering Techniques”.
D. Birant, “Data mining using RFM analysis,” in Knowledge-oriented applications in data mining, IntechOpen, 2011.
M. Warsela, A. D. Wahyudi, and A. Sulistiyawati, “Penerapan Customer Relationship Management Untuk Mendukung Marketing Credit Executive (Studi Kasus: Pt Fif Group),” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 78–87, 2021.
A. Febriani and S. A. Putri, “Segmentasi Konsumen Berdasarkan Model Recency, Frequency, Monetary dengan Metode K-Means,” JIEMS (Journal Ind. Eng. Manag. Syst., vol. 13, no. 2, 2020.
F. Marisa, S. S. S. Ahmad, Z. I. M. Yusof, F. Hunaini, and T. M. A. Aziz, “Segmentation model of customer lifetime value in small and medium enterprise (SMEs) using K-means clustering and LRFM model,” Int. J. Integr. Eng., vol. 11, no. 3, 2019.
U. D. Puspita and Y. Yundari, “SEGMENTASI CUSTOMER LIFETIME VALUE PADA MODEL LRFM MENGGUNAKAN METODE K-MEANS EUCLIDEAN DISTANC,” Bimaster Bul. Ilm. Mat. Stat. dan Ter., vol. 12, no. 5.
J. Han, J. Pei, and H. Tong, Data mining: concepts and techniques. Morgan kaufmann, 2022.
B. Molina-Coronado, U. Mori, A. Mendiburu, and J. Miguel-Alonso, “Survey of network intrusion detection methods from the perspective of the knowledge discovery in databases process,” IEEE Trans. Netw. Serv. Manag., vol. 17, no. 4, pp. 2451–2479, 2020.
S. Styawati and K. Mustofa, “A support vector machine-firefly algorithm for movie opinion data classification,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 13, no. 3, pp. 219–230, 2019.
A. A. Aldino, D. Darwis, A. T. Prastowo, and C. Sujana, “Implementation of K-means algorithm for clustering corn planting feasibility area in south lampung regency,” in Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing, 2021, p. 12038.
R. Rusliyawati and A. Wantoro, “Model sistem pendukung keputusan menggunakan FIS Mamdani untuk penentuan tekanan udara ban,” J. Teknol. Dan Sist. Komput., vol. 9, no. 1, pp. 56–63, 2021.
D. Alita, “Multiclass SVM Algorithm for Sarcasm Text in Twitter,” JATISI (Jurnal Tek. Inform. Dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 118–128, 2021.
R. A. Malik, S. Defit, and Y. Yuhandri, “Perbandingan Algoritma K-Means Clustering Dengan Fuzzy C-Means Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Terhadap Televisi Dakwah,” vol, vol. 3, pp. 10–21, 2018.
W. Gie and D. Jollyta, “Perbandingan Euclidean dan Manhattan Untuk Optimasi Cluster Menggunakan Davies Bouldin Index: Status Covid-19 Wilayah Riau,” in Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2020, pp. 187–191.
D. Jollyta, S. Efendi, M. Zarlis, and H. Mawengkang, “Optimasi Cluster Pada Data Stunting: Teknik Evaluasi Cluster Sum of Square Error dan Davies Bouldin Index,” in Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS), 2019, pp. 918–926.
M. Alvin, A. Nazir, M. Fikry, and F. Syafria, “IMPLEMENTASI ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN SISWA,” J. RESTIKOM Ris. Tek. Inform. dan Komput., vol. 2, no. 2, pp. 66–78, 2020.
Y. P. Bunda, “Algoritma FP-Growth untuk Menganalisa Pola Pembelian Oleh-Oleh,” Riau J. Comput. Sci., vol. 6, no. 1, pp. 34–44, 2020.
A. M. Andika, N. Suarna, and R. D. Dana, “Analisa Dataset Asosiasi Penjualan Menggunakan Metode FP-Growth,” J. Teknol. Ilmu Komput., vol. 2, no. 1, pp. 80–88, 2023.
C.-H. Chee, J. Jaafar, I. A. Aziz, M. H. Hasan, and W. Yeoh, “Algorithms for frequent itemset mining: a literature review,” Artif. Intell. Rev., vol. 52, pp. 2603–2621, 2019.
L. K. Sihombing, T. Tugiono, and U. F. Sari, “Implementasi Data Mining Dalam Menganalisa Pola Penjualan Roti Menggunakan Algoritma Fp-Growth,” J. Sist. Inf. Triguna Dharma (JURSI TGD), vol. 1, no. 3, pp. 228–238, 2022.
A. M. Hutabarat, D. Saripurna, and A. Azlan, “Implementasi Fp-Growth Dalam Menganalisa Penjualan Obat,” J. Cyber Tech, vol. 3, no. 1, pp. 163–175, 2020.
E. Alma’arif, E. Utami, and F. W. Wibowo, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Rekomendasi Produk Pada Toko Online,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 7, no. 1, pp. 63–74, 2021.
A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019.
S. Monalisa, “Segmentasi Perilaku Pembelian Pelanggan Berdasarkan Model RFM dengan Metode K-Means,” Query J. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, 2018.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
STMIK Budi Darma
Secretariat: Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
Email: mib.stmikbd@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.