Penerapan Metode CRISP-DM untuk Optimalisasi Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Layanan Akomodasi Hotel, Homestay, dan Resort
|
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 221 timesPDF - 47 times
References
Zulhiyah, I. M. P. Suryantara, L. A. Rahmat, and S. J. Putra, “Strategi Pemasaran Kelompok Bukit Tuan dalam Meningkatkan Penjualan Produk Gula Aren di Desa Kekait Kecamatan Gunungsari,” J. Ilm. Hosp., vol. 11, no. 2, pp. 1247–1260, 2022.
R. P. Dewi and Fransiska, “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan di Restoran Zushioda Cirebon,” J. Inov. Penelit., vol. 4, no. 3, pp. 781–792, 2023.
I. P. Budiarta, A. A. P. Swabawa, I. K. Suja, S. Mulyadi, and I. W. B. Arjana, “Strategi Pemasaran Pariwisata Terpadu : Meningkatkan Brand Image Pulau Semau, Nusa Tenggara Timur Melalui Festival Li Ngae,” J. Ilm. Hosp., vol. 12, no. 1, pp. 187–196, 2023.
A. Mokodongan, “Segmentasi Pasar di Hotel Grand Q Gorontalo,” Aksara J. Ilmu Pendidik. Nonform., vol. 5, no. 3, pp. 171–178, 2019, doi: 10.37905/aksara.5.3.171-178.2019.
I. G. S. Arimbawa, I. B. K. Astina, and I. G. N. Widyatmaja, “Strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan hunian kamar di Devin Sky Hotel Seminyak,” J. Kepariwisataan dan Hosp., vol. 4, no. 1, pp. 67–81, 2020, doi: 10.24843/jkh.2020.v04.i01.p06.
M. C. Sutikno and M. Kristanti, “Market Segmentation of Surabaya Society Who Had Stayed At Green Hotel,” J. Hosp. dan Manaj. Jasa, vol. 6, no. 2, pp. 540–551, 2019, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/7533
L. S. Adiningsih and N. I. Hidayati, “Analisis Segmentasi Targeting Positioning (STP) Pada UMKM Keripik Talas Cap Imas Food di Ngembal Pasuruan,” J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 5, pp. 530–540, 2023.
I. N. J. Ariana and I. B. K. Astina, “Strategi Pemasaran Desa Wisata Bongan Sebagai Pariwisata Kerakyatan Berkelanjutan Di Kabupaten Tabanan,” J. Kepariwisataan dan Hosp., vol. 7, no. 1, pp. 167–176, 2023.
S. D. K. Wardani, A. S. Ariyanto, M. Umroh, and D. Rolliawati, “Perbandingan Hasil Metode Clustering K-Means, Db Scanner & Hierarchical Untuk Analisa Segmentasi Pasar,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 7, no. 2, pp. 191–201, 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i2.796.
B. Widanta, I. A. Murti, and M. Fadhilah, “Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) untuk Produk BPR Syariah Mitra Harmoni Yogyakarta,” Inovasi, vol. 10, no. 1, pp. 156–162, 2023, doi: 10.32493/inovasi.v10i1.p156-162.29239.
N. Annaastasia, S. M. Patiung, A. Mansyur, F. R. Istinandar, and R. D. Siang, “Segmentasi Pasar Terhadap Komoditi Perikanan Menggunakan k-Means,” J. Bisnis Perikan. FPIK UHO, vol. 6, no. 2, pp. 69–76, 2022.
F. Handayani, J. Kadang, and I. Syrifuddin, “Penerapan Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) pada Usaha Toreko,” Empiricism J., vol. 4, no. 1, pp. 208–212, 2023, doi: 10.36312/ej.v4i1.1170.
K. Setiawan, K. P. W. Laksmi, I. G. N. O. Ariwangsa, and N. W. Lasmi, “Penerapan Strategi Pemasaran STP Pada PT. Guestpro,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 4, pp. 777–781, 2022, doi: 10.31949/jb.v3i4.3278.
F. W. Nurcahyanti and S. M. Faizah, “Pengaruh Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Studi terhadap Toko Imamgift.Art,” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 302–315, 2022.
N. E. F. Nadirah and D. Ayuningtyas, “Analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning) dan 4P (Product, Price, Place, Promotion) Instalasi Rawat Inap di RS Trimitra Cibinong Tahun 2023,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 7, no. 10, pp. 31–41, 2023, doi: 10.36418/syntax-literate.v7i10.13188.
A. D. Prasetia, “Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Bersekolah di SMK Kesehatan Bakti Indonesia Medika Tulungagung,” J. Pendidik. Ekon., vol. 7, no. 2, pp. 8–12, 2022, [Online]. Available: http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jupeko/article/view/3334
C. Cindy and M. Sukana, “Strategi Pemasaran Hotel dalam Masa Pandemi COVID-19 di Kawasan Sanur,” J. Destin. Pariwisata, vol. 10, no. 2, pp. 214–222, 2022, doi: 10.24843/jdepar.2022.v10.i02.p07.
A. Astriawan, E. Supriyadi, I. W. Nuada, and D. E. Pratama, “Analisis Strategi Alternatif Pemasaran Hotel Villa Ombak dalam Situasi Covid-19,” J. Responsible Tour., vol. 2, no. 2, pp. 207–212, 2022.
I. P. Budiarta, Solihin, I. W. B. Arjana, and I. K. Suja, “Strategi Komunikasi Pemasaran Aston Hotel Kupang dalam Meningkatkan Minat Pengunjung di Masa Pandemi Covid-19,” J. Hosp., vol. 10, no. 2, pp. 162–168, 2021.
L. Mahsar, “Strategi Pemasaran Hotel dan Homestay pada Masa Transisi Covid-19 di KEK-Mandalika Lombok,” J. Ilm. Hosp., vol. 10, no. 1, pp. 129–138, 2021.
I. Maskanah, A. Primajaya, and A. Rizal, “Segmentasi Pelanggan Toko Purnama dengan Algoritma K-Means dan Model RFM untuk Perancangan Strategi Pemasaran,” J. INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 2, pp. 218–228, 2020, doi: 10.35314/isi.v5i2.1443.
B. E. Adiana, I. Soesanti, and A. E. Permanasari, “Analisis Segmentasi Pelanggan Menggunakan Kombinasi RFM Model Dan Teknik Clustering,” J. Terap. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2018, doi: 10.21460/jutei.2018.21.76.
L. G. R. Putra, Mayadi, and I. N. D. Setiaji, “Klasifikasi Jenis Client Menggunakan Algoritma Decision Tree Cart,” JSI J. Sist. Inf., vol. 14, no. 2, pp. 2842–2855, 2022, doi: 10.30812/jsi.v14i2.18826.
Y. A. Singgalen, “Penerapan Metode CRISP-DM dalam Klasifikasi Data Ulasan Pengunjung Destinasi Danau Toba Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier ( NBC ) dan Decision Tree ( DT ),” J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 3, pp. 1551–1562, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i3.6461.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Pengunjung Pulau Komodo dan Pulau Rinca di Website Tripadvisor Berbasis CRISP-DM,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, pp. 614–625, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2999.
Y. A. Singgalen, “Analisis Performa Algoritma NBC , DT , SVM dalam Klasifikasi Data Ulasan Pengunjung Candi Borobudur Berbasis CRISP-DM,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 4, no. 3, pp. 1634–1646, 2022, doi: 10.47065/bits.v4i3.2766.
Y. A. Singgalen, “Analisis Perbandingan Top 10 Best-Value dan Top 10 Traveler- Ranked Hotel Menggunakan MOORA,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 4, pp. 899–911, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.4070.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen dan Sistem Pendukung Keputusan Menginap di Hotel Menggunakan Metode CRISP-DM dan SAW,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 4, pp. 1343–1353, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i4.3917.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Top 10 Traveler Ranked Hotel di Kota Makassar Menggunakan Algoritma Decision Tree dan Support Vector Machine,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 323–332, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1153.
Y. A. Singgalen, “Penerapan Metode TOPSIS Sebagai Pendukung Keputusan Pemilihan Layanan Akomodasi di Destinasi Wisata Pulau,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 3, pp. 1386–1394, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i3.6530.
Y. A. Singgalen, “Analisis Model Pendukung Keputusan Simple Additive Weighting ( SAW ) terhadap Top 10 Traveler Ranked Hotel,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 418–426, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i1.1159.
Y. A. Singgalen, “Analisis Multi-Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis ( MOORA ) Terhadap Data Top 10 Best Value Hotel,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 4, pp. 841–849, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.4053.
Y. A. Singgalen, “Analisis Perilaku Wisatawan Berdasarkan Data Ulasan di Website Tripadvisor Menggunakan CRISP-DM : Wisata Minat Khusus Pendakian Gunung Rinjani dan Gunung Bromo,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 326–338, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i2.3042.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Wisatawan terhadap Taman Nasional Bunaken dan Top 10 Hotel Rekomendasi Tripadvisor Menggunakan Algoritma SVM dan DT berbasis CRISP-DM,” J. Comput. Syst. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 367–379, 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i2.3092.
Y. A. Singgalen, “Analisis Sentimen Wisatawan terhadap Kualitas Layanan Hotel dan Resort di Lombok Menggunakan SERVQUAL dan CRISP-DM,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 4, no. 4, pp. 1870–1882, 2023, doi: 10.47065/bits.v4i4.3199.
M. F. Asshiddiqi and K. M. Lhaksmana, “Perbandingan Metode Decision Tree dan Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen pada Instagram Mengenai Kinerja PSSI,” in e-Proceeding of Engineering, 2020, vol. 7, no. 3, pp. 9936–9948.
D. N. Fitriana and Y. Sibaroni, “Sentiment Analysis on KAI Twitter Post Using Multiclass Support Vector Machine (SVM),” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 5, pp. 846–853, 2020, doi: 10.29207/resti.v4i5.2231.
A. Karim, “Perbandingan Prediksi Kemiskinan di Indonesia Menggunakan Support Vector Machine (SVM) dengan Regresi Linear,” J. Sains Mat. dan Stat., vol. 6, no. 1, pp. 107–112, 2020, doi: 10.24014/jsms.v6i1.9259.
E. A. Nida, “Analisis Kinerja Algoritma Support Vector Machine (SVM) Guna Pengambilan Keputusan Beli/Jual Pada Saham PT Elnusa Tbk. (ELSA),” J. Transform., vol. 17, no. 2, pp. 160–170, 2020, doi: 10.26623/transformatika.v17i2.1649.
P. Nastiti, A. Kesuma, M. A. Johannes, and C. Immanuel, “Perencanaan Strategi Sistem Informasi untuk Mendukung Proses Bisnis Hotel XYZ,” Teknika, vol. 10, no. 2, pp. 104–113, 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.356.
R. I. Klarita and F. J. Kaunang, “Analisis Target Pemasaran Menggunakan Algoritma K-Means Clustering (Studi Kasus: Hotel Sutan Raja Soreang),” TeIKa, vol. 10, no. 2, pp. 107–115, 2020, doi: 10.36342/teika.v10i2.2380.
M. Teguh and S. T. Ciawati, “Perancangan Strategi Digital Marketing Communication Bagi Industri Perhotelan Dalam Menjawab Tantangan Era Posmodern,” Bricol. J. Magister Ilmu Komun., vol. 6, no. 1, pp. 51–64, 2020, doi: 10.30813/bricolage.v6i01.2067.
B. M. Al-Fahmi, E. Rahmawati, and T. Sagirani, “Penerapan K-Means Clustering Pada Pariwisata Kabupaten Bojonegoro Untuk Mendukung Keputusan Strategi Pemasaran,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 9, no. 2, pp. 141–149, 2023, doi: 10.25077/teknosi.v9i2.2023.141-149.
E. F. L. Awalina and W. I. Rahayu, “Optimalisasi Strategi Pemasaran dengan Segmentasi Pelanggan Menggunakan Penerapan K-Means Clustering pada Transaksi Online Retail,” J. Teknol. dan Inf., vol. 13, no. 2, pp. 122–137, 2023, doi: 10.34010/jati.v13i2.10090.
I. Syafrinal and E. L. Febrianti, “Penerapan Algoritma K-Means Pada Aplikasi Data Mining Untuk Menentukan Pola Penjualan (Studi Kasus: Zahra Mart),” J. Digit, vol. 13, no. 1, pp. 31–40, 2023, doi: 10.51920/jd.v13i1.320.
N. C. Iswara, Budiarto, and A. Suprihanti, “AnaIisis Pengaruh Segmenting Targeting Positioning Terhadap Minat BeIi UIang Konsumen Produk Teh Tambi di Wonosobo, Jawa Tengah,” Grisociabus J. Agric. Soc. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 33–39, 2023.
O. W. Joung and W. Sulistiadi, “Efektivitas Strategi Segmenting, Targeting, Positioning terhadap Pelayanan Kesehatan : Literature Review,” Media Publ. Promosi Kesehat. Indones., vol. 6, no. 6, pp. 1074–1083, 2023.
A. Hakim, Rahmatia, and L. O. Hamida, “Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada PT. Honda Nusantara Sakti Cabang Mandonga Kendari,” IJMA Indones. J. Manag. Account., vol. 4, no. 2, pp. 198–207, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.almaata.ac.id/index.php/IJMA/article/view/3609
P. N. Romadhon, A. W. Rizqi, and Hidayat, “Analisis Pasar Segmentation, Targeting, Positioning, dan Marketing Mix 4P Minuman Kopi UD. XYZ,” J. Tek. Ind., vol. 9, no. 1, pp. 80–85, 2023, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/22034%0Ahttp://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/download/22034/8881
M. Rizky and P. Supriyoso, “Tinjauan Strategi Segmenting Targeting dan Positioning dari PT Trakindo Utama dalam Memasarkan Produknya,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 2024–2035, 2023.
Y. Yunsepa and J. Saputra, “The Influence Of Segmenting, Targeting And Positioning Marketing Models On The Marketing Strategy Of Mentari Coffee MSMEs In Baturaja,” Manag. Stud. Entrep. J., vol. 4, no. 1, pp. 436–445, 2023, [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
I. M. N. Aini and M. R. Maika, “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Lantabur Tebuireng Sidoarjo,” Syarikat J. Rumpun Ekon. Syariah, vol. 5, no. 2, pp. 128–142, 2022, doi: 10.25299/syarikat.2022.vol5(2).10348.
R. Akil, “Strategi Komunikasi Pemasaran Industri Penerbit Buku Lokal di Era Digital (Analisis STP : Segmentasi, Target dan Positioning),” Komunika J. Ilmu Komun., vol. 9, no. 2, pp. 70–79, 2022, doi: 10.22236/komunika.v9i2.9117.
Bila bermanfaat silahkan share artikel ini
Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Metode CRISP-DM untuk Optimalisasi Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning) Layanan Akomodasi Hotel, Homestay, dan Resort
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
STMIK Budi Darma
Secretariat: Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
Email: mib.stmikbd@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.