Analisis Sentimen Pengguna Transportasi Online Maxim Pada Instagram Menggunakan Naïve Bayes Classifier dan K-Nearest Neighbor
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
R. M. Oroh, A. S. Sembel, and J. C. Mandey, “Pengaruh Keterjangkauan Trayek Angkutan Kota Terhadap Peningkatan Transportasi Online di Kota Tomohon,†Sabua J. Lingkung. Binaan dan Arsit., vol. 11, no. 1, pp. 21–30, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/SABUA/article/view/41227.
E. Setyaningsih, E. Ismawan, and T. Hidayat, “Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Maxim di Balikpapan,†STMIK Borneo Int., vol. 3, no. 1, pp. 33–38, 2019.
R. A. Tsalisa, S. P. Hadi, and D. Purbawati, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Maxim di Kota Semarang,†J. Ilmu Adm. Bisnis, vol. 11, no. 4, pp. 822–829, 2022, doi: 10.14710/jiab.2022.35970.
M. N. Akbar, N. Hasanahlmar, and M. H. Hasrul, “Sentiment Analysis Terhadap Review Aplikasi Maxim di Google Play Store Menggunakan Support Vector Machine ( SVM ),†AGENTS J. Artif. Intell. Data Sci., vol. 2, no. 2, pp. 1–8, 2022.
Taximaxim.com, “Maxim Ekspansi Jangkauan Layanan, Tambah 11 Kota di Indonesia,†https://id.taximaxim.com, 2023. https://id.taximaxim.com/id/2093-jakarta/blog/2023/01/2106-maxim-ekspansi-jangkauan-layanan-tambah-11-kota-di-indonesia/.
F. Tempola, M. Muhammad, and A. Khairan, “Perbandingan Klasifikasi Antara KNN dan Naive Bayes pada Penentuan Status Gunung Berapi dengan K-Fold Cross Validation,†J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 5, p. 577, 2018, doi: 10.25126/jtiik.201855983.
D. Pratmanto, R. Rousyati, F. F. Wati, A. E. Widodo, S. Suleman, and R. Wijianto, “App Review Sentiment Analysis Shopee Application in Google Play Store Using Naive Bayes Algorithm,†J. Phys. Conf. Ser., vol. 1641, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1641/1/012043.
M. Tri Anjasmoros, D. Fitri Marisa, and Istiadi, “Analisis Sentimen Aplikasi Go-Jek Menggunakan Metode Svm Dan Nbc (Studi Kasus: Komentar Pada Play Store),†Conf. Innov. Appl. Sci. Technol. (CIASTECH 2020), no. Ciastech, pp. 489–498, 2020.
T. Qurahman, Mustakim, and A. Jaini, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes Classifier Dan Probabilistic Neural Network Untuk Klasifikasi Nasabah Bank Dalam Membayar Kredit,†… Komun. dan Ind., no. November, pp. 205–213, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/SNTIKI/article/view/7999.
A. Rahman, E. Utami, and S. Sudarmawan, “Sentimen Analisis Terhadap Aplikasi pada Google Playstore Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan Algoritma Genetika,†J. Komtika (Komputasi dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 60–71, 2021, doi: 10.31603/komtika.v5i1.5188.
M. N. Muttaqin and I. Kharisudin, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Gojek Menggunakan Metode Support Vector Machine dan K Nearest Neighbor,†UNNES J. Math., vol. 10, no. 2, pp. 22–27, 2021, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm.
S. G. Setyorini and Mustakim, “Application of The Nearest Neighbor Algorithm for Classification of Online Taxibike Sentiments In Indonesia In The Google Playstore Application,†in journal of Physics: Conference Series, 2021, pp. 1–7, doi: 10.1088/1742-6596/2049/1/012026.
A. D. Afifaturahman and F. MSN, “Perbandingan Algoritma K-Nearest Neighbour (KNN) dan Naive Bayes pada Intrusion Detection System (IDS),†Innov. Res. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 17–25, 2021, doi: 10.37058/innovatics.v3i1.2852.
S. Mandasari, B. H. Hayadi, and R. Gunawan, “Analisis Sentimen Pengguna Transportasi Online Terhadap Layanan Grab Indonesia Menggunakan Multinomial Naive Bayes Classifier,†J-SISKO TECH (Jurnal Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD), vol. 5, no. 2, p. 118, 2022, doi: 10.53513/jsk.v5i2.5635.
S. Nurwahyuni, “Analisis Sentimen Aplikasi Transportasi Online Krl Access Menggunakan Metode Naive Bayes,†Swabumi, vol. 7, no. 1, pp. 31–36, 2019, doi: 10.31294/swabumi.v7i1.5575.
B. Mas Pintoko and K. Muslim, “Analisis Sentimen Jasa Transportasi Online pada Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,†e-Proceeding Eng., vol. 5, no. 3, pp. 8121–8230, 2018.
F. R. Irawan, A. Jazuli, and T. Khotimah, “Analisis Sentimen Terhadap Pengguna Gojek Menggunakan Metode K-Nearset Neighbors Sentiment Analysis of Gojek Users Using K-Nearest Neighbor,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 62–68, 2022, doi: 10.33387/jiko.
W. Athira Luqyana, I. Cholissodin, and R. S. Perdana, “Analisis Sentimen Cyberbullying pada Komentar Instagram dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine,†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 11, pp. 4704–4713, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.
M. A. Rizaty, “Indonesia Miliki 97,38 Juta Pengguna Instagram pada Oktober 2022,†https://dataindonesia.id/, 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/indonesia-miliki-9738-juta-pengguna-instagram-pada-oktober-2022 (accessed Apr. 07, 2023).
S. Z. Ulya, “Analisa Sentimen Masyarakat Mengenai Ppkm Di Kota Pekanbaru Pada Instagram Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier,†Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau, 2022.
S. Khomsah and Agus Sasmito Aribowo, “Text-Preprocessing Model Youtube Comments in Indonesian,†J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 4, pp. 648–654, 2020, doi: 10.29207/resti.v4i4.2035.
N. T. Miko, “Analisis Sentimen pada Kasus Covid19 Menggunakan Convolutional Neural Network dan Word Embedding,†Universitas Komputer Indonesia, 2021.
E. F. Saraswita, D. P. Rini, and A. Abdiansah, “Analisis Sentimen E-Wallet di Twitter Menggunakan Support Vector Machine dan Recursive Feature Elimination,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 4, p. 1195, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i4.3118.
N. Aliyah Salsabila, Y. Ardhito Winatmoko, A. Akbar Septiandri, and A. Jamal, “Colloquial Indonesian Lexicon,†Proc. 2018 Int. Conf. Asian Lang. Process. IALP 2018, pp. 226–229, 2019, doi: 10.1109/IALP.2018.8629151.
V. W. D. Thomas and F. Rumaisa, “Analisis Sentimen Ulasan Hotel Bahasa Indonesia Menggunakan Support Vector Machine dan TF-IDF,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 3, p. 1767, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i3.4218.
R. Aryanti, T. Misriati, and R. Hidayat, “Klasifikasi Risiko Kesehatan Ibu Hamil Menggunakan Random Oversampling Untuk Mengatasi Ketidakseimbangan Data,†KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Komput., vol. 3, no. 5, pp. 409–416, 2023, doi: DOI: https://doi.org/10.30865/klik.v3i5.728.
M. Tripati and A. Taneja, “K-Fold Cross-Validation Machine Learning Approach on Data Imbalance for Wireless Sensor Network,†Int. J. Sci. Res. Eng. Trends, vol. 5, no. 5, pp. 1590–1595, 2019.
DOI: https://doi.org/10.30865/mib.v7i3.6336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
Universitas Budi Darma
Secretariat: Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
Email: mib.stmikbd@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.