Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Pada Segmentasi Pelanggan B2B dengan Model LRFM
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. A. D. Sulistyawati and M. Sadikin, “Penerapan Algoritma K-Medoids Untuk Menentukan Segmentasi Pelanggan,†Sistemasi, vol. 10, no. 3, p. 516, 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i3.1332.
D. Rahmatya, S. Yulina, and Y. D. L. Widyasari, “Rancang Bangun Aplikasi Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Untuk Menjaga Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Magenta Coklat, Padang),†JSI J. Sist. Inf., vol. 12, no. 2, pp. 2033–2045, 2020, doi: 10.36706/jsi.v12i2.9487.
S. S. Prasetyo, M. Mustafid, and A. R. Hakim, “Penerapan Fuzzy C-Means Kluster Untuk Segmentasi Pelanggan E-Commerce Dengan Metode Recency Frequency Monetary (Rfm),†J. Gaussian, vol. 9, no. 4, pp. 421–433, 2020, doi: 10.14710/j.gauss.v9i4.29445.
D. L. Aditya and D. Fitrianah, “Comparative Study of Fuzzy C-Means and K-Means Algorithm for Grouping Customer Potential in Brand Limback,†J, vol. 3, no. 4, pp. 327–334, 2021, doi: 10.34288/jri.v3i4.241.
I. Maskanah, “Segmentasi Pelanggan Toko Purnama dengan Algoritma K-Means dan Model RFM untuk Perancangan Strategi Pemasaran,†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 2, p. 218, 2020, doi: 10.35314/isi.v5i2.1443.
B. E. Adiana, I. Soesanti, and A. E. Permanasari, “Analisis Segmentasi Pelanggan Menggunakan Kombinasi Rfm Model Dan Teknik Clustering,†J. Terap. Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 23–32, 2018, doi: 10.21460/jutei.2018.21.76.
A. Ilham, N. Y. Setiawan, and T. Afirianto, “Analisis Segmentasi Pelanggan Kartu Prabayar Kabupaten Malang dengan RFM Model Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering (Studi Kasus: PT. XYZ),†J. Pengemb. Teknol. …, vol. 4, no. 8, pp. 2487–2498, 2020, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/7680
M. T. Dharmawan, N. Y. Setiawan, and F. A. Bachtiar, “Segmentasi Pelanggan Menggunakan Metode Fuzzy C-Means Clustering Berdasarkan LRFM Model Pada Toko Sepatu ( Studi Kasus : Ride Inc Kota Malang ),†J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 1978–1985, 2019.
R. Andini and Y. P. Astuti, “MATH unesa,†J. Ilm. Mat., vol. 9, no. 2, pp. 437–446, 2021, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/249234-model-infeksi-hiv-dengan-pengaruh-percob-b7e3cd43.pdf
M. Martin and Y. Nataliani, “Klasterisasi kinerja karyawan menggunakan algoritma fuzzy c-means,†Aiti, vol. 17, no. 2, pp. 118–129, 2021, doi: 10.24246/aiti.v17i2.118-129.
A. K. Wijaya, “Implementasi data mining dengan algoritma fuzzy C - Means (studi kasus penjualan di UD Subur Baru),†Jur. Tek. Inform. FASILKOM UDINUS, pp. 1–8, 2014.
F. F. Finansyah and J. Gunawan, “Analisis Perbedaan Perilaku Pelanggan dan Pengguna Media Sosial Maskapai Penerbangan Low-Cost Indonesia,†J. Sains dan Seni ITS, vol. 8, no. 2, 2020, doi: 10.12962/j23373520.v8i2.48506.
S. I. Murpratiwi, I. G. Agung Indrawan, and A. Aranta, “Analisis Pemilihan Cluster Optimal Dalam Segmentasi Pelanggan Toko Retail,†J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 18, no. 2, p. 152, 2021, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v18i2.37426.
V. R. Hananto, A. D. Churniawan, and A. P. Wardhanie, “Perancangan Analytical CRM untuk Mendukung Segmentasi Pelanggan di Institusi Pendidikan,†J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 11, no. 1, p. 79, 2017, doi: 10.32815/jitika.v11i1.55.
rahayu deny danar dan alvi furwanti Alwie, A. B. Prasetio, R. Andespa, P. N. Lhokseumawe, and K. Pengantar, “Tugas Akhir Tugas Akhir,†J. Ekon. Vol. 18, Nomor 1 Maret201, vol. 2, no. 1, pp. 41–49, 2020.
P. Paduloh, M. Widyantoro, and J. Supratman, “Segmentasi Pelanggan Distributor Daging Sapi Menggunakan Pendekatan Recency, Frequency, Monetary (RFM) dan Fuzzy C-Means Clustering,†J. Optim., vol. 8, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.35308/jopt.v8i1.5181.
A. L. R. Putri and N. Dwidayati, “Analisa Perbandingan K-Means Dan Fuzzy C-Means Dalam Pengelompokan Daerah Penyebaran Covid-19 Indonesia,†UNNES J. Math., vol. 10, no. 2, pp. 4–7, 2021, [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
D. B. Saputra and E. Riksakomara, “Implementasi Fuzzy C-Means dan Model RFM untuk Segmentasi Pelanggan (Studi Kasus : PT. XYZ),†J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i1.28230.
L. Waroka, S. Monalisa, D. Anjainah, and N. Arifin, “Implementasi Algoritma Fuzzy C-Means (Fcm) Dalam Pengklasterisasian Nilai Hidup Pelanggan Dengan Model Lrfm,†J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.24014/rmsi.v6i1.8564.
A. T. Widiyanto and A. Witanti, “Segmentasi Pelanggan Berdasarkan Analisis RFM Menggunakan Algoritma K-Means Sebagai Dasar Strategi Pemasaran (Studi Kasus PT Coversuper Indonesia Global),†KONSTELASI Konvergensi Teknol. dan Sist. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 204–215, 2021, doi: 10.24002/konstelasi.v1i1.4293.
M. R. Kusnaidi, T. Gulo, and S. Aripin, “Penerapan Normalisasi Data Dalam Mengelompokkan Data Mahasiswa Dengan Menggunakan Metode K-Means Untuk Menentukan Prioritas Bantuan Uang Kuliah Tunggal,†vol. 3, no. 4, pp. 330–338, 2022, doi: 10.47065/josyc.v3i4.2112.
F. Hadi, D. Octari Rahmadia, F. Hadi Nugraha, N. Putri Bulan, Mustakin, and S. Monalisa, “Penerapan K-Means Clustering Berdasarkan RFM Mofek Sebagai Pemetaan dan Pendukung Strategi Pengelolaan Pelanggan (Studi Kasus: PT. Herbal Penawar Alwahidah Indonesia Pekanbaru),†SITEKIN J. Sains, Teknol. dan Ind., vol. 15, no. 1, pp. 69–76, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/4575
DOI: https://doi.org/10.30865/mib.v7i3.6150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
Universitas Budi Darma
Secretariat: Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
Email: mib.stmikbd@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.