Analisis Sentimen Pembatalan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U-20 Menggunakan Naïve Bayes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. S. Alif and A. R. Pratama, “Analisis Kesadaran Keamanan di Kalangan Pengguna E-Wallet di Indonesia,†J. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–7, 2021, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/AUTOMATA/article/view/17279
B. W. Sari and F. F. Haranto, “Implementasi Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Pelayanan Telkom Dan Biznet,†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 15, no. 2, pp. 171–176, 2019, doi: 10.33480/pilar.v15i2.699.
C. Darmawan, H. Silvana, H. N. Zaenudin, and R. Effendi, “Pengembangan hubungan interpersonal remaja dalam penggunaan media sosial di Kota Bandung,†J. Kaji. Komun., vol. 7, no. 2, p. 159, 2019, doi: 10.24198/jkk.v7i2.21163.
A. C. Najib, A. Irsyad, G. A. Qandi, and N. A. Rakhmawati, “Perbandingan Metode Lexicon-based dan SVM untuk Analisis Sentimen Berbasis Ontologi pada Kampanye Pilpres Indonesia Tahun 2019 di Twitter,†Fountain Informatics J., vol. 4, no. 2, p. 41, 2019, doi: 10.21111/fij.v4i2.3573.
P. A. Sumitro, Rasiban, D. I. Mulyana, and W. Saputro, “Analisis Sentimen Terhadap Vaksin Covid-19 di Indonesia pada Twitter Menggunakan Metode Lexicon Based,†J-ICOM - J. Inform. dan Teknol. Komput., vol. 2, no. 2, pp. 50–56, 2021, doi: 10.33059/j-icom.v2i2.4009.
M. I. Fikri, T. S. Sabrila, and Y. Azhar, “Perbandingan Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine pada Analisis Sentimen Twitter,†Smatika J., vol. 10, no. 02, pp. 71–76, 2020, doi: 10.32664/smatika.v10i02.455.
S. A. Dainamang, N. Hayatin, and D. R. Chandranegara, “Analisis Sentimen Media Sosial Twiiter terhadap RUU Omnibus Law dengan Metode Naive Bayes dan Particle Swarm Optimization,†Komputika J. Sist. Komput., vol. 11, no. 2, pp. 211–218, 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i2.6037.
L. B. Ilmawan and M. A. Mude, “Perbandingan Metode Klasifikasi Support Vector Machine dan Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen pada Ulasan Tekstual di Google Play Store,†Ilk. J. Ilm., vol. 12, no. 2, pp. 154–161, 2020, doi: 10.33096/ilkom.v12i2.597.154-161.
M. Hudha, E. Supriyati, and T. Listyorini, “Analisis Sentimen Pengguna Youtube Terhadap Tayangan #Matanajwamenantiterawan Dengan Metode Naïve Bayes Classifier,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2022, doi: 10.33387/jiko.v5i1.3376.
A. H. Dyo fatra, N. H. Hayatin, and C. S. K. Aditya, “Analisa Sentimen Tweet Berbahasa Indonesia Dengan Menggunakan Metode Lexicon Pada Topik Perpindahan Ibu Kota Indonesia,†J. Repos., vol. 2, no. 7, p. 977, 2020, doi: 10.22219/repositor.v2i7.937.
R. Mahendrajaya, G. A. Buntoro, and M. B. Setyawan, “Analisis Sentimen Pengguna Gopay Menggunakan Metode Lexicon Based Dan Support Vector Machine,†Komputek, vol. 3, no. 2, p. 52, 2019, doi: 10.24269/jkt.v3i2.270.
H. Hassani, C. Beneki, S. Unger, M. T. Mazinani, and M. R. Yeganegi, “Text mining in big data analytics,†Big Data Cogn. Comput., vol. 4, no. 1, pp. 1–34, 2020, doi: 10.3390/bdcc4010001.
R. R. Kurniawan and I. Zufria, “Penerapan Text Mining Pada Sistem Penyeleksian Judul Skripsi Menggunakan Algoritma Latent Dirichlet Allocation (LDA),†Indones. J. Comput. Sci., vol. 11, no. 3, pp. 1036–1052, 2022, [Online]. Available: http://3.8.6.95/ijcs/index.php/ijcs/article/view/3120/84
A. Chamekh, M. Mahfoudh, and G. Forestier, “Sentiment Analysis Based on Deep Learning in E-Commerce,†Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 13369 LNAI, pp. 498–507, 2022, doi: 10.1007/978-3-031-10986-7_40.
A. Ligthart, C. Catal, and B. Tekinerdogan, Systematic reviews in sentiment analysis: a tertiary study, vol. 54, no. 7. Springer Netherlands, 2021. doi: 10.1007/s10462-021-09973-3.
Pemerintah Pusat, “Instruksi Presiden (INPRES) tentang Dukungan Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021,†SK No 031271 A, 2020 [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/145868/inpres-no-8-tahun-2020
FIFA, “FIFA Footbal Stadiums Guidelines,†Fédération Internationale de Football Association, 2022. https://www.fifa.com/technical/stadium-guidelines (accessed May 01, 2023).
FIFA, “FIFA removes Indonesia as host of FIFA U-20 World Cup 2023TM,†Fédération Internationale de Football Association, 2023. https://www.fifa.com/about-fifa/organisation/media-releases/fifa-removes-indonesia-as-host-of-fifa-u-20-world-cup-2023-tm (accessed May 01, 2023).
Samsir, Ambiyar, U. Verawadina, F. Edi, and R. Watrianthos, “Analisis Senitmen Pembelajaran Daring pada Twitter di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Naive Bayes,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 149, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2604.
M. Arifiansyah Ayub, “Analisis Topik Ekonomi Dengan Algoritma K-Means Pada Media Online Era Pandemi Covid-19 Di Sulawesi Tenggara,†JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 4, no. 2, pp. 133–138, 2021, doi: 10.33387/jiko.v4i2.3235.
H. Jayadianti, R. Damayanti, and ..., “Latent Semantic Analysis (Lsa) Dan Automatic Text Summarization (Ats) Dalam Optimasi Pencarian Artikel Covid 19,†Semin. Nas. …, vol. 2020, no. Semnasif, pp. 52–59, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/semnasif/article/view/4085
M. R. Nurhusen, J. Indra, and K. A. Baihaqi, “Analisis Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak ( BBM ) Menggunakan Metode Logistic Regression,†vol. 7, pp. 276–282, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i1.5491.
Z. Alhaq, A. Mustopa, S. Mulyatun, and J. D. Santoso, “Penerapan Metode Support Vector Machine Untuk Analisis Sentimen Pengguna Twitter,†J. Inf. Syst. Manag., vol. 3, no. 2, pp. 44–49, 2021, doi: 10.24076/joism.2021v3i2.558.
D. Normawati and S. A. Prayogi, “Implementasi Naïve Bayes Classifier Dan Confusion Matrix Pada Analisis Sentimen Berbasis Teks Pada Twitter,†J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 697–711, 2021.
M. I. Petiwi, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis Sentimen Gofood Berdasarkan Twitter Menggunakan Metode Naïve Bayes dan Support Vector Machine,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 6, no. 1, p. 542, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3530.
D. Darwis, N. Siskawati, and Z. Abidin, “Penerapan Algoritma Naive Bayes Untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter Bmkg Nasional,†J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 1, p. 131, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i1.744.
DOI: https://doi.org/10.30865/mib.v7i3.6144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
Universitas Budi Darma
Secretariat: Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
Email: mib.stmikbd@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.