Penerapan Metode Cooperative Learning Pada Aplikasi Pembelajaran Siswa Berbasis Website

Authors

  • Aqil Naufal Gifari Universitas Nasional, Jakarta
  • Ucuk Darusalam Universitas Nasional, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.30865/mib.v6i1.3538

Keywords:

Information System, E-Learning, Cooperative Learning.

Abstract

The school is a place where the teaching and learning process takes place where the school applies virtual learning, so that students easily feel bored when learning. There are many types of learning, and the problems that arise in the learning process are also diverse. In this study, problems in the learning process were still limited, and the delivery of material provided by the teacher made it difficult for students to understand, thereby reducing student interest in learning. Responding to this situation, the temporary results of the author succeeded in creating a website and doing graphic testing on the website that was created, which only 56 users could access. If there are 100 users accessing the website, the server will be down and the website cannot be accessed by anyone.

References

K. Membaca and B. Inggris, “Halaman | 59,†vol. 2, pp. 59–69, 2018.

J. Pajar et al., “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VI SD NEGERI 001 BINAMANG Zainal Abidin PENDAHULUAN Pendidikan dan pengajaran adalah salah satu usaha yang bersifat sadar tujuan yang dengan sistematis terarah,†vol. 1, no. November, pp. 256–263, 2017.

A. Sakban and W. Wahyudin, “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Menengah Pertama,†Civ. Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidik. Pancasila dan Kewarganegaraan, vol. 7, no. 1, p. 18, 2019, doi: 10.31764/civicus.v0i0.924.

N. L. P. Agetania, “Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vb Pada Tema 5 Ekosistem Sd …,†Widyadari, vol. 3, no. 3, pp. 103–107, 2021, [Online]. Available: http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/1553/.

A. Raraga, “Jurnal ilmiah wahana akuntansi,†Upaya Meningkat. Prof. Guru di SD Inpres Bere-Bere Kecil Kec. Morotai Jaya, vol. 15, no. 1, pp. 95–109, 2020, doi: 10.5281/zenodo.4297458.

Y. A. Sari, M. Muhassin, I. R. A. Suri, and R. W. Y. Putra, “Penerapan Cooperative Learning Tipe Tapps Menggunakan Bahan Ajar Gamifikasi Terhadap Penalaran Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas Viii Smp,†J. Math. Educ. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 61–67, 2020, doi: 10.32665/james.v3i2.140.

M. L. Baehaqi, “Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sekolah,†J. Pendidik. Karakter, vol. 10, no. 1, pp. 157–174, 2020, doi: 10.21831/jpk.v10i1.26385.

A. Fadilla, “Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalamupaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Sd Negeri 27 Ampenan,†J. Paedagogy, vol. 6, no. 1, pp. 20–26, 2019.

I. Ali, “Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam,†J. Mubtadiin, vol. 7, no. 01, pp. 247–264, 2021.

S. Maesaroh, A. Hasna, Y. DR, and F. ZN, “Penerapan Metode Cooperative Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Google Classroom sebagai Upaya Meningkatkan Nilai Karakter Kebaikan Siswa Menengah Pertama,†Pros. Konf. Pendidik. Nas., pp. 168–172, 2019.

Suhartini Maharani, “Pengaruh Metode Cooperative Learning Dan Persepsi Kinestetik Terhadap Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif,†Visipena J., vol. 11, no. 1, pp. 99–115, 2020, doi: 10.46244/visipena.v11i1.1092.

I. Patimah, S. W. Megawati, and T. Suryawantie, “Efektivitas Metode Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi pada Mahasiswa,†J. Pendidik. Keperawatan Indones., vol. 4, no. 1, p. 86, 2018, doi: 10.17509/jpki.v4i1.12347.

N. Hakiki and K. Khotimah, “Penggunaan Permainan Edukatif Tradisional dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia Dini,†Presch. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 22–31, 2020, doi: 10.35719/preschool.v1i1.3.

R. Yahya, R. Effendi, T. Timur, and J. Barat, “Penggunaan Pembelajaran Cooperative Learning permainan Bola Voli Dalam Meningkatkan Hasil Passing The Use of Cooperative Learning , Volleyball Games to Improve Passing Results permainan Bola Voli Dalam Meningkatkan Timur Persentasenya Masih “ Kurang Baik ,†vol. 1, no. 2, pp. 105–114, 2020.

E. Suprapti, H. Mursyidah, and S. Inganah, “Improving Students’ Learning Outcomes Using 4Me Module with Cooperative Learning,†Int. J. Trends Math. Educ. Res., vol. 1, no. 2, pp. 39–42, 2019, doi: 10.33122/ijtmer.v1i2.12.

P. Ips and D. I. Kelas, “Volume 7, Nomor 1, 2019,†vol. 7, 2019.

N. AVANA, T. WIYOKO, and A. WULANDARI, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn 219/Ii Btn Lintas Asri Kecamatan Bungo Dani,†J. Tunas Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 87–96, 2020, doi: 10.52060/pgsd.v2i2.254.

S. Tambak, “Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,†Al-Hikmah J. Agama dan Ilmu Pengetah., vol. 14, no. 1, pp. 1–17, 2017, doi: 10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1526.

H. Qudsyi, L. Indriaty, Y. Herawaty, - Saifullah, I. Khaliq, and J. Setiawan, “Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma,†Proyeksi, vol. 6, no. 2, p. 34, 1970, doi: 10.30659/p.6.2.34-49.

S. Adianto, “Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran PENERAPAN SCIENTIFIC DAN COOPERATIVE LEARNING DENGAN QUIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL,†J. Inov. Teknol. Pembelajaran, vol. 7, no. 1, pp. 57–65, 2020, doi: 10.17977/um031v7i12020p057.

Downloads

Published

2022-01-25