Analisis Pengaruh Sosial CRM Terhadap Loyalitas Customer Pada Layanan Pengguna Aplikasi DANA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1446 timesPDF - 1273 times
References
T. Susilowati, “Rancang Bangun E-Library Berbasis Customer Relationship Management ( Crm ) Studi Kasus Stmik Pringsewu,” pp. 271–277, 2010.
A. Ibrahim and M. Afrina, “Pengembangan Model Perpustakaan Berbasis Teknolig Informasi untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Perpustakaan dan Mewujudkan Perpustakaan Ideal Berbasis Digital di Fasilkom Unsri,” Pros. Konf. Nas. Teknol. Inf. dan Apl., vol., no., pp. C87--C94, 2011, [Online]. Available: http://eprints.unsri.ac.id/5590/.
A. F. Bahari and J. Basalamah, “Analisis Kualitas Produk, Kualitas Layanan Dan Customer Relationship Management Serta Dampaknya pada Kepuasan Peserta BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar.,” J. Manaj. Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 11–21, 2019, doi: 10.33096/jmb.v6i1.155.
B. S. Rahayu and E. Saryanti, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hubungan Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah,” J. Adv., vol. 1, no. 2, p. 14, 2014.
K. Dasar, “M a n a j em e n s i st e m i n fo r m as i da n t e k n o lo g i i n fo r m as i.”
R. M. Harahap, “Related Papers,” Over Rim, pp. 191–199, 2017, doi: 10.2307/j.ctt46nrzt.12.
T. Makmur, “Teknologi Informasi : Dampak dan Implikasi Bagi Perpustakaan, Perpustakawan, serta Pemustaka,” Perpust. dan Ilmu Inf., vol. 1, no. 1, p. 65, 2019.
S. Aulia, “Pola Perilaku Konsumen Digital Dalam Memanfaatkan Aplikasi Dompet Digital,” J. Komun., vol. 12, no. 2, p. 311, 2020, doi: 10.24912/jk.v12i2.9829.
Ika Febrilia, Shela Puspita Pratiwi, and Irianto Djatikusumo, “Minat Penggunaan Cashless Payment System – Dompet Digital Pada Mahasiswa Di Fe Unj,” JRMSI - J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 11, no. 1, pp. 1–19, 2020, doi: 10.21009/jrmsi.011.1.01.
H. T. Listyani, A. Handojo, and H. Novianus, “Simulasi Transaksi Pembayaran Online dengan Studi Kasus Kantin Universitas Kristen Petra,” vol. 6, no. 1, pp. 56–62, 2016.
R. Hardika Fajar Ardianto, “Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi Online,” Serambi Huk., vol. 8, no. 02, pp. 1–5, 2015.
R. Widayati and M. Rahman, “Aktivitas Pemasaran Produk Tabungan Pada Pt. Bpr Rangkiang Denai Payakumbuh Barat,” pp. 1–10, 2019, doi: 10.31219/osf.io/3z7p6.
I. K. Rachmawati, Y. Handoko, F. Nuryanti, M. Wulan, and S. Hidayatullah, “Pengaruh kemudahan, kepercayaan pelanggan dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian online,” Semin. Nas. Sist. Inf. 2019, vol. 3, no. September, pp. 1617–1625, 2019.
P. Umum, “Jurnal Studi Perpustakaan dan Informasi,” 1858.
I. G. Cristea and D. Mocuta, “Customer relationship management,” Proc. 31st Int. Bus. Inf. Manag. Assoc. Conf. IBIMA 2018 Innov. Manag. Educ. Excell. through Vis. 2020, vol. 10, no. 3, pp. 2557–2565, 2018, doi: 10.1007/978-3-658-19532-8_20.
I. Gautama, “Relationship Marketing Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Customer Relationship Management Untuk memenangkan persaingan bisnis,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf. 2005, vol. 2005, no. Snati, 2005.
A. Fauzi and E. Harli, “Peningkatan Kualitas Pelayanan Melalui CRM dengan Metode RAD,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 1, no. 1, pp. 76–81, 2017, doi: 10.29207/resti.v1i1.16.
K. W. Prasetyo, “Penetapan Kerangka Kerja Social CRM Berdasarkan Karakteristik Media Sosial,” SMATIKA J., vol. 03, no. 01, pp. 37–41, 2013, [Online]. Available: https://docs.google.com/uc?export=download&id=0BydotwQXAxQvamE2Skxfc0t0a0U.
K. K. Ri, “Laporan hasil penelitian 2019,” 2019.
A. I. Hadiana and W. Witanti, “Analisis Jejaring Sosial Menggunakan Social Network Analysis untuk Membantu Social CRM bagi UMKM di Cimahi (Social Network Analysis Using Social Network Analysis to Help Social CRM for MSMEs in Cimahi),” Saintiks FTIK UNIKOM, p. VI.29-VI.36, 2017.
T. Musanto, “FAKTOR-FAKTOR KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN: Studi Kasus Pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 6, no. 2, pp. 123–136, 2004, doi: 10.9744/jmk.6.2.pp.123-136.
M. Bahrudin and S. Zuhro, “Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan,” BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, vol. 3, no. 1, p. 1, 2016, doi: 10.21043/bisnis.v3i1.1463.
L. Felicia, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan,” Agora, vol. 4, no. 2, pp. 95–100, 2016.
D. Munandar, “Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Loyalitas Pelanggan Bisnis PT. Frisian Flag Indonesia di Kota Bandung,” Maj. Ilm. UNIKOM, vol. 7, no. 1, pp. 105–112, 2017.
E. Ferrinadewi, “Upaya Mencapai Loyalitas Konsumen Dalam Perspektif Sumber Daya Manusia,” J. Manaj. dan Kewirausahaan (Journal Manag. Entrep., vol. 6, no. 1, pp. 15–26, 2004, doi: 10.9744/jmk.6.1.pp.15-26.
I. Afrianto, “Tujuan, Manfaat dan Ruang Lingkup Penelitian.”
P. C. Chesanti and R. Setyorini, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Sebagai Pengguna Aplikasi Pln Mobile,” J. Penelit. Pendidik., vol. 18, no. 1, pp. 10–17, 2018, doi: 10.17509/jpp.v18i1.11064.
B. A. D. S. dan N. Azizah, “PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN ENJOYMENT TERHADAP REPEAT USAGE E-WALLET GOPAY MELALUI TRUST PADA GENERASI MILENIAL DI SURABAYA Bela,” vol. 2, no. 2, pp. 183–202, 2021, [Online]. Available: https://emea.mitsubishielectric.com/ar/products-solutions/factory-automation/index.html.
U. Faizah, “PENELITIAN SURVEI DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN BAHASA INGGRIS,” Japanese Soc. Biofeedback Res., vol. 19, no. 5, pp. 463–466, 1992.
D. Apriliawati, “Diary Study sebagai Metode Pengumpulan Data pada Riset Kuantitatif: Sebuah Literature Review,” J. Psychol. Perspect., vol. 2, no. 2, pp. 79–89, 2020, doi: 10.47679/jopp.022.12200007.
F. Harliansyah, “Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif,” pp. 1–4.
Abdul gofur, A. C. P., and A. Budianto, “PENGARUH CELAH FIN, SUDUT KEMIRINGAN FIN DAN CELAH SUDU TERHADAP KINERJA TURBIN ANGIN SAVONIUS TYPE V.”
P. Ipa and S. Di, “EFFECT SIZE PADA PENGUJIAN HIPOTESIS,” 2017.
D. Cahyawati, H. Tabuji, and R. Abdiati, “Efektivitas Metode Regresi Robust Penduga Welsch dalam Mengatasi Pencilan pada Pemodelan Regresi Linear Berganda,” J. Penelit. Sains, vol. 12, no. 1, pp. 1–7, 2009.
B. I. Sappaile, “Validitas dan Reliabilitas Tes yang Memuat Butir Dikotomi dan Politomi,” J. Ilmu Pendidik. Lemb. Penelit. UNJ, vol. 24, no. January, pp. 99–107, 2005.
T. Fukuda, K. I. Baba, and S. Shimojo, “Network design for contention avoidance in optical broadcast network,” 2012 Int. Conf. Photonics Switch. PS 2012, 2012.
Y. Suharsono and Istiqomah, “Validitas Dan Reliabilitas Skala Self-Efficacy,” J. Ilm. Psikol. Terap., vol. 2, no. 1, pp. 144–151, 2014, [Online]. Available: http://202.52.52.22/index.php/jipt/article/download/1776/1864.
F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas,” J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/jtjik/article/download/2100/1544.
F. Yanti and E. Yanti, “Pengaruh Pengawasan, Kerjasama Tim Dan Penempatan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Pt. Bank Perkreditan Rakyat …,” J. Manaj., 2017, [Online]. Available: http://jurnal.unpal.ac.id/index.php/jm/article/view/60.
H. M. Zhang, L. S. Peh, and Y. H. Wang, “Servo motor control system and method of auto-detection of types of servo motors,” Appl. Mech. Mater., vol. 496–500, no. 1, pp. 1510–1515, 2014, doi: 10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA
STMIK Budi Darma
Secretariat: Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
Email: mib.stmikbd@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.