IMPLEMENTASI ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM DALAM PROSES PENJADWALAN MATA KULIAH DI STMIK BUDI DARMA MEDAN

 (*)Muhammad Syahrizal Mail (STMIK Budi Darma Medan, Indonesia)
 Murdani Murdani (STMIK Budi Darma Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Penjadwalan kuliah dengan menggunakan algoritma Ant Colony mampu memberikan solusi alternatif pada proses penjadwalan mata kuliah di STMIK Budi Darma Medan yang menginginkan waktu yang  optimal. Dalam penjadwalan mata kuliah penjadwalan sejumlah mata kuliah dimana untuk setiap mata kuliah diberikan sejumlah ruangan dan jadwal atau periode waktu penyelenggaraan. Jika ada dua mata kuliah diikuti oleh sejumlah mahasiswa yang sama, maka akan terjadi konflik jika kedua mata kuliah tersebut dijadwalkan bersamaan. Dua mata kuliah dianggap memiliki konflik apabila penyelenggaraannya bersamaan dan melibatkan dosen yang sama, atau ruangan yang sama, atau minimal melibatkan sejumlah mahasiswa yang sama. Metode yang akan diterapkan untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan kuliah ini adalah metode algoritma semut. Dengan metode ini diharapkan akan diperoleh kombinasi terbaik untuk pasangan matakuliah dan dosen pengajar secara keseluruhan serta ketersediaan ruang yang cukup. 

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 657 times
PDF - 275 times

References

Juhana, N. (2008). Analisis Algoritma Max-Min Ant System pada Penjadwalan Kuliah. LPPM Unikom Jurusan Teknik Informatika.

Romi S. Wahono, Pengantar Multi Agent System (MAS), http://www.ilmukomputer. Com Ibnu Sina Wardy, Penggunaan Graf dalam Algoritma Semut untuk Melakukan Optimisasi, ITB Bandung.

Pratama Hinsa Adi, 2009. Optimasi Permasalahan Penjadwalan Job shop Dengan Menggunakan Metode Particle Swarm Optimization Yang Dimodifikasi. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Zukhri, Z., (2003). Algoritma Semut untuk Pemecahan Masalah Penugasan, Jurnal Media Informatika, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri UII, 1(2), 1-10.

Nugraheni, C.E. dan Abednego, L. (2006). Penerapan Algoritma Simulated Annealing untuk Penjadwalan Sidang Seminar. Prosiding Seminar Nasional Sistem dan Teknologi Informasi (SNASTI), ISBN : 9798968-29-8

M. Dorigo dan L. M. Gambardella, 1997, Ant Colony System: A Cooperative Learning Approach to the Traveling Salesman Problem.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel IMPLEMENTASI ALGORITMA ANT COLONY SYSTEM DALAM PROSES PENJADWALAN MATA KULIAH DI STMIK BUDI DARMA MEDAN

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)




KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email: komik@univ-bd.ac.id, komik.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.