SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI OUTLET CV. BOGA AMANDA MENGGUNAKAN METODE THE EXTENDED PROMETHEE II (EXPROM II)

Authors

  • Matias Julyus Sirait STMIK Budi Darma Medan
  • Wenny Handayani STMIK Budi Darma Medan
  • Lince Tomoria Sianturi STMIK Budi Darma Medan

DOI:

https://doi.org/10.30865/komik.v1i1.482

Abstract

Dalam dunia pemasaran untuk menjual suatu produk diperlukan suatu lokasi untuk pemasaran, kesalahan dalam pemilihan lokasi dapat membuat perusahaan mengalami kerugian. Begitu juga dengan CV. Boga Amanda untuk membuka cabang baru outlet dibutuhkan lokasi yang mudah untuk di kunjungi oleh konsumen dengan estimasi biaya yang ditentukan oleh perusahaan, dengan tujuan hasil penjulan yang mencapai target keuntungan. Penentuan lokasi harus dilakukan dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat. The Extended Promethee II (EXPROM II) adalah perpanjang atau perluasan dari versi modifikasi metode Promethee II, atau mirip dengan Promethee II. Perbandingan berpasangan alternatif mempertimbangkan penyimpangan terhadap setiap kriteria yang dipertimbangkan dalam metode The Extended Promethee II (EXPROM II). Untuk mengoptimalkan hasil yang lebih jelas maka di bangun sistem pendukung keputusan yaitu Microsoft Visual Basic Net 2008 dan MySql sebagai alat bantu perancangan database. Penentuan lokasi yang efektif memberikan dampak positif bagi CV Boga Amanda karena dapat meningkatkan produktivitas penjualan dengan keuntungan yang diinginkan, maupun konsumen yang lebih mudah untuk menjangkau outlet CV Boga Amanda.

References

B. Swastha, Azaz-Azaz Pemasaran, Yogyakarta: Liberty, 2002.

C. Onggo and F. Noviyanto, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Pembukaan Cabang Usaha Variasi Mobil Dengan Metode Promethee," Jurnal Sarjana Teknik Informatika , vol. 1, no. ISSN 2338-5197, p. 1, 2013.

P Chatterjee, S Mondal, and S Chakraborty, "A comparative study of preference dominance-based approaches for selection of industrial robots," Advances in Production Engineering & Management, vol. 9, no. ISSN 1854-6250, pp. 5-20, 2014.

C. B. Amanda, Medan, 2017.

T. Sutabri, Analisis Sistem Informasi, Yogyakrta: ANDI, 2012.

H. Tohari, Astah - Analisis Serta Perancangan Sistem Informasi Melalui Pendekatan UML, Yogyakarta: ANDI, 2014.

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta: ANDI, 2007.

B. S. D. Oetomo, Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi, Yogyakarta : ANDI, 2002, 2006.

C. Lamb, J. Hair and C. McDaniel, Pemasaran Alih Bahasa David Octavaria, Jakarta: Salemba Empat, 2001.

W. C. Utami, Strategi Pemasaran Ritel, Jakarta: PT. INDEKS, 2008.

Fadlina, L. T. Sianturi, A. Karim, Mesran, and A. P. U. Siahaan, “Best Student Selection Using Extended Promethee II Method,†Int. J. Recent Trends Eng. Res., vol. 3, no. 8, pp. 21–29, 2017.

R. Rahim, Mesran, A. P. U. Siahaan, and S. Aryza, “Composite Performance Index for Student Admission,†Int. J. Res. Sci. Eng., vol. 3, no. 3, 2017.

M. I. Perangin-angin, W. Fitriani, N. Mayasari, A. Putera, and U. Siahaan, “Tuition Reduction Determination Using Fuzzy Tsukamoto,†Int. J. Eng. Sci. Invent., vol. 5, no. 9, pp. 68–72, 2016.

Downloads

Published

2017-11-19