PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM MEDIA PERIKLANAN KATALOG INTERAKTIF UNTUK BISNIS PROPERTI DIKOTA MEDAN BERBASIS ANDROID

Authors

  • Ahmad Zakir Universitas Harapan Medan
  • Dedy Irwan Universitas Harapan Medan
  • Putri Harliana Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.30865/komik.v1i1.475

Abstract

Augmented reality adalah pembelajaran yang mengkombinasikan teknologi 3D dengan dunia nyata, dirancang dan diproyeksikan menggunakan bantuan perangkat kamera pada smartphone secara langsung (real time). Augmented reality dapat diterapkan diberbagai bidang keilmuan, diantaranya bidang kedokteran, pembelajaran, periklanan, militer, serta dunia hiburan. Dalam dunia periklanan augmented reality dapat memberikan efek interaktif, sehingga lebih menarik perhatian. Salah satu implementasi augmented reality dalam dunia periklanan adalah melalui media katalog bisnis properti di kota Medan, sehingga media promosi menjadi lebih interaktif untuk calon pembeli yang diterapkan pada smartphone berbasis Android. Aplikasi dirancang menggunakan metode Natural Features Tracking yang telah diterapkan oleh Vuforia QCAR yang menggunakan metode markerless, sehingga aplikasi dapat bersifat multi objek. Augmented Reality pada media katalog bisnis properti dibuat dengan menggunakan dua aplikasi, yaitu ArchiCAD sebagai pemodelan tiga dimensi objek properti dan Unity yang merupakan bahasa pemrograman C# sebagai game engine pembuat aplikasi AR berbasis Android-nya

References

Anggi Andriyadi. (2012). Augmented Reality with ARToolKit. NulisBuku.com Jakarta

Ardhi Rumbono, R. (2011). Pembuatan Katalog Promosi Perumahan Pastika Condong Catur Residence Yogyakarta Dengan Augmented Reality. Naskah Publikasi. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM. Yogyakarta

Hermawan, L. & Hariadi, M. (2015). Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Informasi Kampus Menggunakan Brosur. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015) Yogyakarta 28 Maret 2015

IT-Jurnal. (2014). Pengertian Augmented Reality (AR), Retrieved Mei 25, 2016, from http://www.itjurnal.com/2014/05/Pengrtian-AugmentedReality-AR.html

Octavia, C. (2014). Sistem Informasi Periklanan Di PT. Sinergi Kreasi Solusindo Dengan Memanfaatkan Media Jejaringan Sosial. Jurnal Ilmiah Komputer dan Teknik Informatika (KOMPUTA) Edisi I. Vol.1. Ferbruari 2014

Rifa’i, M., Listyorini, T. & Latubessy, A. (2014). Penerapan Augmented Reality Pada Aplikasi Katalog Rumah Berbasis Android. Prosiding SNATIF ke-1 Tahun 2014. Universitas Muria Kudus

Downloads

Published

2017-11-17