PENERAPAN THE EXTENDED PROMETHEE II (EXPROM II) UNTUK PENENTUAN PRODUK DISKON

Authors

  • Yohanna Silalahi STMIK Budi Darma Medan
  • Mesran Mesran STMIK Budi Darma Medan
  • Taronisokhi Zebua STMIK Budi Darma Medan
  • Suginam Suginam STMIK Budi Darma Medan

DOI:

https://doi.org/10.30865/komik.v1i1.473

Abstract

Salah satu alternatif strategi pemasaran yang dilakukan oleh Swalayan Palem Store adalah pemberian diskon atau potongan harga untuk produk-produk tertentu dalam periode waktu tertentu. Penentuan produk diskon harus dilakukan dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat. Kesalahan dalam penentuan produk diskon membuat swalayan kehilangan keuntungan bahkan mengalami kerugian. Salah satu solusi untuk permasalahan tersebut dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Sistem Pedukung Keputusan (SPK) dapat membantu pimpinan swalayan dalam mengambil keputusan untuk menentukan produk diskon yang tepat dan meningkatkan efesiensi keputusan tersebut. Sistem pendukung keputusan memiliki beberapa tahapan sebelum menyelesaikan permasalahan yang ada. Tahapan-tahapan tersebut antara lain studi kelayakan, perancangan, pemilihan dan implementasi.The Extended Promethee (EXPROM II) merupakan salah satu metode penentuan urutan atau prioritas dalam analisis multikriteria. EXPROM II membandingkan alternatif yang satu dengan alternatif yang lainnya dan menghitung jarak selisih alternatif berpasangan sehingga menghasilkan output yaitu perangkingan alternatif berdasarkan nilai net flow tertinggi. Penentuan produk diskon yang tepat dan efektif memberikan dampak positif untuk swalayan karena dapat meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

References

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yokyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2007.

Nurnadiah Zamri, Lazim Abdullah, Muhammad Suzuri Hitam, Noor Maizura Mohammad, and Ahmad Jusoh, "A Type-2 Multi-Crite Decision Making Approach For Flood Control Project Selection," Australian Journal of Basic and Applied Sciences, vol. 7, no. 10, pp. 180-191, 2013.

P Chatterjee, S Mondal, and S Chakraborty, "A Comparative study of preference dominance-based approaches for selection of industrial robots," APEM Journal, vol. 9, no. 1, pp. 5-20, 2014.

DPN, KAMUS BAHASA INDONESIA. Jakarta: PUSAT BAHASA, 2008.

Yulia Djahir and Dewi Pratita, Sistem Informasi MANAJEMEN. Yokyakarta: CV BUDI UTAMA, 2014.

Harry Dhony Budiyanto and Arief Soleman, "Optimalisasi Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Untuk Penentuan Pegawai Berprestasi Dengan Metode Profile Matching ," Jurnala Teknologi Informasi, vol. 9, no. 2, 2013.

Hamim Tohari, Analisis serta Perancangan Sistem Informasi melalui Pendekatan UML. Yokyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2014

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, Perencanaan dan Pembangunan Sistem Informasi. Yokyakarta: C.V ANDI OFFSET, 2002.

Algrina Agnes Ulas, "Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Pada PT. ASTRA INTERNATIONAL Manado ," Jurnal EMBA, vol. 1, no. 4, pp. 11341144, 2013.

Dian Puspo Ndari, "Pengaruh Potongan Harga Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian UD Upindo Raya Cabang Tanah Grogot," eJournal Administrasi Bisnis, vol. 3, no. 3, pp. 612-625, 2015.

Ujang Sumarwan, Strategi Pemasaran. Bogor: IPB Press, 2015.

Adi Nugroho, Rasional Rose untuk Pemodelan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2005.

Fadlina, L. T. Sianturi, A. Karim, Mesran, and A. P. U. Siahaan, “Best Student Selection Using Extended Promethee II Method,†Int. J. Recent Trends Eng. Res., vol. 3, no. 8, pp. 21–29, 2017.

Mesran, G. Ginting, Suginam, and R. Rahim, “Implementation of Elimination and Choice Expressing Reality ( ELECTRE ) Method in Selecting the Best Lecturer ( Case Study STMIK BUDI DARMA ),†Int. J. Eng. Res. Technol. (IJERT, vol. 6, no. 2, pp. 141–144, 2017.

Downloads

Published

2017-11-17