Implementasi Algoritma Kriptografi Rabin Dan Lempel-Ziv-Welch (Lzw) Dalam Pengamanan Dan Kompresi File Citra

 (*)Darmayanto Hutapea Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

File citra sangat rentan terkena tindakan modifikasi, pemalsuan, dan duplikat yang dapat melanggar terhadap hak cipta milik seseorang. Sehingga diperlukan teknik atau metode Kriptografi Rabin untuk mengamankan, menjaga keaslian, dan menjaga kerahasiaan dari file citra tersebut. Algoritma Kriptografi Rabin ini adalah bagian dari jenis algoritma asimetris. Kelebihan algoritma ini adalah proses enkripsinya yang sangat sederhana sehingga dapat menghemat waktu walaupun resource yang digunakan terbatas Pada proses enkripsi Kriptografi Rabin mengakibatkan pembesaran ukuran data, ditambah dengan kapasitas file citra yang cenderung besar dapat memberikan dampak melambatnya proses pengiriman atau pertukaran informasi, sehingga diperlukan teknik pengecilan atau kompres file. Algoritma Lempel-ZivWelch(LZW) adalah algoritma yang prosesnya menggunakan kamus, dimana fragmen-fragmen teks digantikan dengan indeks yang diperoleh dari sebuah “kamus”. Algoritma Lempel-Ziv-Welch(LZW) adalah algoritma yang tergolong ke lossless compression. Pendekatan ini bersifat adaptif dan efektif karena banyak karakter dapat dikodekan dengan mengacu pada string yang telah muncul sebelumnya dalam teks. Dari penjelasan diatas, pada penelitian ini akan dilakukan proses enkripsi telebih dahulu untuk mengamankan file citra, kemudian hasil enkripsi tersebut akan dilakukan proses kompresi untuk mengecilkan ukuran dari file yang sebelumnya terjadi pembesaran ukuran yang diakibatkan dari proses enkripsi, selanjutnya dilakukan proses dekompresi untuk mengembalikan file citra ke bentuk setelah dienkripsi, selanjutnya untuk mengembalikan citra ke bentuk asli maka dilakukan proses dekripsi.

Keywords


Kriptografi; Kompresi; Asimetris; Lossless Compression; Rabin; Lempel-Ziv-Welch(LZW)

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 266 times
PDF - 127 times

References

L. SIMATUPANG, “Universitas Sumatera Utara Skripsi,” Anal. Kesadahan Total dan Alkalinitas pada Air Bersih Sumur Bor dengan Metod. Titrim. di PT Sucofindo Drh. Provinsi Sumatera Utara, vol. 2, pp. 44–48, 2018.

and T. I. A. Satyapratama, M. Yunus, P. Studi, “Kompresi File Gambar Bmp Dan Png,” Ejurnal Stimata, vol. 6, no. 69–81, p. 2, 2015.

J. Jamaluddin, M. Zarlis, and T. Tulus, “Pengamanan Data dengan Kombinasi Teknik Kriptografi Rabin dan Teknik Steganografi Chaotic LSB,” 2018, doi: 10.31227/osf.io/nt4cm.

U. S. Utara, “Keamanan Aplikasi Uang Elektronik Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi,” 2019.

J. Bakara, “Implementasi Algoritma LZW dan Kuantisasi Dalam Kompresi Citra Digital,” vol. XVI No. 1, pp. 42–45, 2017.

H. Hidayat, T. Pamungkas, and W. Zarman, “Implementasi Algoritma Kompresi Lzw Pada Database Server,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, 2015, doi: 10.34010/komputa.v2i1.74.

A. Huffman, L. Z. W. D. A. N. Dmc, and N. J. Tuturoong, “Perbandingan Rasio Dan Kecepatan Kompresi Menggunakan Algoritma Huffman, Lzw Dan Dmc,” Tekno, vol. 8, no. 53, pp. 18–31, 2010.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Implementasi Algoritma Kriptografi Rabin Dan Lempel-Ziv-Welch (Lzw) Dalam Pengamanan Dan Kompresi File Citra

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Darmayanto Hutapea

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email: komik@univ-bd.ac.id, komik.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.