Penerapan Algoritma Rice Codes Untuk Mengkompresi File Video

 (*)Kiki Ramayani Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kompresi merupakan suatu teknik untuk memperkecil jumlah ukuran data dari data aslinya. Prinsip umum yang digunakan pada proses kompresi video adalah mengurangi duplikasi data dalam video sehingga memori yang dibutuhkan untuk merepresentasikan video menjadi lebih sedikit daripada representasi video semula dimana jika ukuran data yang akan dipindahkan sangat besar, maka dibutuhkan ruang penyimpanan yang besar juga. . Untuk keperluan pengiriman data melalui media transmisi, akan semakin lama juga waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data. pemindahan data atau sebuah informasi tersebut sangat sering terjadi melalui media seperti internet. Kecepatan pengiriman suatu data dan  informasi tergantung  pada ukuran file yang akan dikirim. Kompresi File Video merupakan proses untuk menghilangkan berbagai redudancy dari kumpulan bit di file video sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dengan memaksimalkan kesederhanaanya file, mengurangi ruang dan mengurangi kebutuhan akan ukuran yang lebih kecil untuk menyimpan data. Mempercepat pengiriman video. Untuk mengurangi pemakaian ruang penyimpanan dengan cara merubah bit-bit pada video sehingga menghasilkan file yang berukuran lebih kecil. Dalam penelitian ini algoritma yang digunakan dalam mengkompresi file video adalah Rice Codes. Hasil yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu memperoleh file hasil kompresi yang berukuran lebih kecil, sehingga dapat meminimalisir penggunaan ruang penyimpanan pada media penyimpanan dan karena ukuran file lebih kecil maka untuk transfer file melalui jaringan akan memakan waktu yang lebih cepat dibanding yang tidak dikompresi.

Keywords


Kompresi File Video; Algoritma Rice Codes

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 276 times
PDF - 126 times

References

J. Sisca, “Penerapan Algoritma Elias Delta Code Untuk Kompresi File Video Pada Aplikasi Video Downloader,” vol. 1, no. 4, pp. 254–264, 2021.

P. Fitria, “Penerapan Algoritma Rice Codes Pada Aplikasi Kompresi File Gambar,” vol. 1, no. 3, pp. 158–165, 2020.

D. Riyansyah, “Perancangan Aplikasi Kompresi File Video Menggunakan Algoritma Interpolative Coding,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 392–397, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1618.

J. P. Informatika, S. D. Nasution, I. Pendahuluan, R. L. Encoding, R. Codes, and A. Kompresi, “PERANCANGAN APLIKASI KOMPRESI FILE TEKS DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA RICE CODES,” vol. 7, pp. 219–222, 2018.

D. Iqbal, “Implementasi Algoritma Levenstein Untuk Kompresi File Video Pada Aplikasi Chatting Berbasis Android,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 266–273, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1601.

D. Salomon, Handbook of Data Compression, 5th Edition. .

S. Aripin and M. Syahrizal, “Pengaman File Video Menggunakan Algoritma Merkle Hellman Knapsack,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 2, p. 461, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.2039.

R. Goyena and A. . Fallis, Handbook of Data Compression 5th, vol. 53, no. 9. 2019.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Algoritma Rice Codes Untuk Mengkompresi File Video

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kiki Ramayani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email: komik@univ-bd.ac.id, komik.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.