Sistem Pakar Mengidentifikasi Kerusakan Transmisi Matic Pada Mobil Honda Crv Dengan Menggunakan Kombinasi Metode Certainty Factor Dan Dempster Shafer

 (*)Irfan Nainggolan Mail (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)
 Dito Putro Utomo (Universitas Budi Darma, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Kerusakan transmisi matic adalah  kendala yang sering  ditemukan  pada mobil Honda CRV. Kerusakan pada transmisi matic bisa diakibat oleh beberapa faktor, mulai  dari cara penggunaannya yang salah dan kurangnya perawatan terhadap transmisi matic  tersebut. Memindahkan persneling saat  mobil belum berhenti sepenuhnya dapat  menimbulkan sentakan pada transmisi mobil matic dan dapat mengakibatkan kerusakan, jarang mengganti oli transmisi matic  mengakibatkan  mesin jadi cepat panas dan komponen-komponen dalam transmisi cepat aus yang  mengakibatkan kerusakan pada transmisi matic mobil. Gejala kerusakan yang timbul pada mobil sering  dihiraukan oleh pengguna mobil karena kurangnya pengetahuan terhadap  masalah itu. Hal ini berakibat fatal apabila dibiarkan terlalu lama, karena dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah jika tidak diambil langkah untuk dilakukan perbaikan.Maka dari itu untuk mengatasi permasalahan yang ada perlu dibuat suatu sistem yang mampu mengidentifikasi  kerusakan  transmisi matic pada mobil  Honda CRV untuk dapat mempermudah  pengguna mobil dalam mengidentifikasi kerusakan transmisi matic. Dalam kasus ini penelitian akan dibuat  menggunakan sistem pakar. Metode yang digunakan untuk penyelesaian yaitu kombinasi metode demspter shafer dan centainty factor. Metode certainty factor digunakan untuk menyelesaikan premis tunggalnya dan metode dempster shafer digunakan untuk untuk menyelesaikan premis kombinasinya, setelah premis tunggal dihitung menggunakan metode certainty factor selanjutnya akan diselesaikan perhitungannya menggunakan metode dempster shafer.Sistem yang dibuat dapat membantu pengguna mobil untuk  mengidentifikasi  kerusakan  tranmisi matic pada mobil Honda CRV sehingga nantinya para pengguna mobil dapat mengetahui  persentasi kerusakan yang terjadi pada mobil mereka untuk dapat dilakukan tidakan perbaikan dan melakukan langkah antisipasi unutk menghindari kerusakan yang lebih parah lagi jika dihiraukan dan dibiarkan.

Keywords


Pakar; Certainty Faktor; Dempster Shafer; Mobil; Matic

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 247 times
PDF - 104 times

References

R. Rosnelly, Sistem Pakar: Konsep dan Teori. 2012.

A. H. Aji, M. T. Furqon, and A. W. Widodo, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ibu Hamil Menggunakan Metode Certainty Factor ( CF ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., 2018.

M. Dahria, “Pengembangan Sistem Pakar Dalam Membangun Suatu Aplikasi,” J. Saintikom, vol. 10, no. 3, pp. 199–205, 2011.

M. Arifin, S. Slamin, and W. E. Y. Retnani, “Penerapan Metode Certainty Factor Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Dan Penyakit Pada Tanaman Tembakau,” Berk. SAINSTEK, 2017, doi: 10.19184/bst.v5i1.5370.

A. M. M. Bosker Sinaga, P.M Hasugian, “Sistem Pakar Mendiagnosa Kerusakan Smartphone Android Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 56–62, 2018.

D. T. Yuwono, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Implementasi Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kepribadian,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 9, no. 1, p. 25, 2019, doi: 10.21456/vol9iss1pp25-31.

K. Nugroho, “Kendaraan Pada Mobil Wuling Confero S Menggunakan Metode Certainty Factor,” J. Sist. Inf., vol. 7, no. 1, pp. 63–69, 2020.

H. Yusman, R. Efendi, and F. F. Coastera, “Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Dini Pada Mesin Mobil Toyota Dengan Metode Certainty Factor (CF),” Rekursif, vol. 5, no. 3, pp. 317–330, 2017, [Online]. Available: http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/%0A.

I. G. M. D. I Komang Agous Gelgel Aryawan, I Made Gede Sunarya, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Pada Sepeda Motor 4 Tak Menggunakan Metode Certainty factor Berbasis Android,” Karmapati, vol. 2, no. Sistem Pakar, pp. 903–910, 2013.

T. Christy and I. Syafrinal, “Sistem Pakar Diagnosa Kerusakan Pada Alat Berat Menggunakan Metode Forward Chaining,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 6, no. 1, pp. 93–100, 2019, doi: 10.33330/jurteksi.v6i1.449.

D. P. Utomo and S. D. Nasution, “Sistem Pakar Mendeteksi Kerusakan Toner Dengan Menggunakan Metode Case Based-Reasoning,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 3, no. 5, pp. 430–434, 2016.

H. Daely and D. P. Utomo, “Sistem Pakar Diagnosa Hepatomegali Menerapkan Metode Fuzzy Logic Sugeno,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 4, no. 1, 2020

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel Sistem Pakar Mengidentifikasi Kerusakan Transmisi Matic Pada Mobil Honda Crv Dengan Menggunakan Kombinasi Metode Certainty Factor Dan Dempster Shafer

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Irfan Nainggolan, Dito Putro Utomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email: komik@univ-bd.ac.id, komik.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.