Analisis Klasifikasi Sentimen Mahasiswa Terhadap Strategi Pembelajaran Online Pada Media Sosial Twitter Menerapkan Metode Naïve Bayes
DOI:
https://doi.org/10.30865/komik.v4i1.2568Abstract
Selama masa pandemi proses pembelajaran ditetapkan oleh pemerintah agar dilaksanakan dengan model daring atau pembelajaran online, hal tersebut membuat seluruh mahasiswa harus menjalani proses yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya ketika bertatap muka langsung di ruang kelas. Mahasiswa memiliki pandangan yang berbeda terhadap strategi pembelajaran online yang sudah dijalani dan membuat sentimen pribadi di media sosial twitter dengan memberikan penilaian yang menurut pengalaman pribadi selama mengikuti proses pembelajaran online sudah berlangsung di kampus tempat mereka menuntut ilmu. Berdasarkan sentimen mahasiswa terhadap strategi pembelajaran online yang disampaikan melalui media sosial twitter pada penelitian ini dilakukan analisis klasifikasi sentimen menggunakan metode naïve bayes. Hasil analisis klasifikasi sentimen mahasiswa yang dilakukan menggunakan metode naïve bayes memperoleh hasil pengkategorian negatif atau positifnya strategi pembelajaran online yang telah diterapkan pada mahasiswa yang menjalani proses pendidikan di perguruan tinggi yang dimana nilai klasifikasi yaitu precision=80%, recall = 80% dan accuracy = 80%.

