Analisis Klasifikasi Sentimen Mahasiswa Terhadap Strategi Pembelajaran Online Pada Media Sosial Twitter Menerapkan Metode Naïve Bayes

 Astri Syah Putri (Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
 (*)Muhammad Zarlis Mail (Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
 Suherman Suherman (Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Selama masa pandemi proses pembelajaran ditetapkan oleh pemerintah agar dilaksanakan dengan model daring atau pembelajaran online, hal tersebut membuat seluruh mahasiswa harus menjalani proses yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya ketika bertatap muka langsung di ruang kelas. Mahasiswa memiliki pandangan yang berbeda terhadap strategi pembelajaran online yang sudah dijalani dan membuat sentimen pribadi di media sosial twitter dengan memberikan penilaian yang menurut pengalaman pribadi selama mengikuti proses pembelajaran online sudah berlangsung di kampus tempat mereka menuntut ilmu. Berdasarkan sentimen mahasiswa terhadap strategi pembelajaran online yang disampaikan melalui media sosial twitter pada penelitian ini dilakukan analisis klasifikasi sentimen menggunakan metode naïve bayes. Hasil analisis klasifikasi sentimen mahasiswa yang dilakukan menggunakan metode naïve bayes memperoleh hasil pengkategorian negatif atau positifnya strategi pembelajaran online yang telah diterapkan pada mahasiswa yang menjalani proses pendidikan di perguruan tinggi yang dimana nilai klasifikasi yaitu precision=80%, recall = 80% dan accuracy = 80%.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 768 times
PDF - 255 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)




KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer)
P3M STMIK Budi Darma
Sekretariat Jln. Sisingamangaraja No. 338 Telp 061-7875998
email: komik@univ-bd.ac.id, komik.budidarma@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.