Analisis Hambatan Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management Sistem (LMS) Dalam Pembelajaran Berbasis Internet

Authors

  • Habibi Afnianda Universitas Budi Darma, Medan

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v11i6.8485

Keywords:

Learning Management System, Hambatan Teknologi, Infrastruktur Pendidikan, Pembelajaran Digital, Pelatihan Guru

Abstract

Penelitian ini mengkaji hambatan dalam pengembangan dan implementasi Learning Management System (LMS) di Perguruan Al-Washliyah Pantai Labu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam penerapan LMS berkaitan dengan infrastruktur teknologi, ketersediaan perangkat, serta kurangnya pelatihan bagi pengguna. Koneksi internet yang tidak stabil dan keterbatasan perangkat keras menjadi kendala utama yang menghambat aksesibilitas serta efektivitas LMS dalam mendukung proses pembelajaran. Selain itu, kurangnya sosialisasi dan pelatihan mengakibatkan guru dan siswa kesulitan dalam mengoperasikan LMS secara optimal, sehingga pemanfaatan fitur-fitur pembelajaran digital tidak maksimal. Hambatan-hambatan ini berdampak pada rendahnya keterlibatan siswa serta menurunnya efektivitas LMS sebagai alat bantu pembelajaran. Meskipun demikian, LMS memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis internet jika diiringi dengan strategi pengajaran yang inovatif serta dukungan infrastruktur yang memadai. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis yang mencakup peningkatan kualitas jaringan internet, penyediaan perangkat yang memadai, serta pelatihan berkelanjutan bagi guru dan siswa. Dengan upaya tersebut, LMS dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung proses pendidikan, meningkatkan keterlibatan siswa, serta memperbaiki kualitas hasil belajar di Perguruan Al-Washliyah Pantai Labu.

References

Andriani, D. N., & Daroin, A. D. (2022). Analisis faktor keberhasilan pembelajaran menggunakan Learning Management System (LMS). Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 1–10.

Anggriawan, F. S. (2019). Pengembangan Learning Management System (LMS) sebagai media pembelajaran untuk sekolah menengah sederajat. Jurnal Tata Rias, 9(2), 1–10.

Astini, N. K. S. (2020). Tantangan dan peluang pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran online masa covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.

Firdaus, M. I., Aziz, A., Alfatoni, F., Pamungkas, F. S., & Raafiu, A. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Digitalisasi Sekolah Berbasis Learning Management System Di Madrasah Aliyah Al-Imam Sawoo. Kreativasi: Journal of Community Empowerment, 1(3).

Manullang, E. D. I., & Silaban, R. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Kimia Koloid Berbasis Online untuk Siswa SMA.

Nasution, A. K. P. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Internet.

Nurdiansyah, F., & Rugoyah, H. S. (2021). Strategi branding bandung giri gahana golf sebelum dan saat pandemi covid-19. Jurnal Purnama Berazam, 2(2), 153–171.

Pratama, M. E. G., & Kusuma, W. A. (2021). Penggunaan learning management system (lms) untuk pembelajaran dimasa pandemi. Jurnal Syntax Admiration, 2(8), 1545–1554.

Taufiq, M., & Vidya, A. (2023). Analisis Sistem Informasi (Konsep, Metodologi, dan Pendekatan). Ananta Vidya.

Wahyuni, J., Paranthy, Y. W., & Wanto, A. (2018). Analisis jaringan saraf dalam estimasi tingkat pengangguran terbuka penduduk Sumatera Utara. Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia, Dan Jaringan, 3(1), 18–24.

Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.

Additional Files

Published

2024-12-30

How to Cite

Afnianda, H. (2024). Analisis Hambatan Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management Sistem (LMS) Dalam Pembelajaran Berbasis Internet. JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 11(6), 235–243. https://doi.org/10.30865/jurikom.v11i6.8485