Analisa Usability Aplikasi Halodoc Dengan Menggunakan Metode Cobit 5.0
DOI:
https://doi.org/10.30865/jurikom.v11i6.8481Keywords:
Analisa, Evaluasi, Usability, COBIT5. DSS, Aplikasi, HallodocAbstract
Pentingnya usability untuk mengukur kualitas kelayakan suatu sistem yang mengarah pada beberapa metode pengujian. aplikasi Halodoc mendapatkan feedback pengguna dimana didapatkan permasalahan kesulitan dalam mencari informasi dan merasa kurang nyaman dengan tampilan gambar yang dirasa kurang representatif, ada pula keluhan mengenai tampilan pada beberapa menunya. Maka dibutuhkan metode evaluasi yang terstruktur dalam rangka meningkatkan usability aplikasi. Pentingnya metode evaluasi yang terstruktur dalam rangka meningkatkan usability aplikasi Halodoc, diperlukan pendekatan yang terstruktur dan terukur dalam mengevaluasi kepuasan pengguna serta identifikasi area-area yang perlu diperbaiki dengan menggunakan pendekatan model domain DSS pada metode COBIT 5.0. Hasil penerapan menunjukan tingkat pengembangan aplikasi hallodoc guna meningkatkan usability aplikasi yang berkaitan dengan DSS01 (Manage Operations) membutuhkan pengembangan 3%. DSS02 (Manage Service Requests and Incidents) membutuhkan pengembangan 0% artinya tetap pada kondisi saat ini, DSS03 (Manage Problems) membutuhkan pengembangan 0% artinya tetap pada kondisi saat ini, DSS04 (Manage Continuity) membutuhkan pengembangan 2%. DSS05 (Manage Security Services) membutuhkan pengembangan 0% artinya tetap pada kondisi saat ini. DSS06 (Manage Business Process Controls) mendapatkan peningkatan 3%.
References
L. Irfan, H. Praditya, H. Muslimah Az-Zahra, and I. Arwani, “Identifikasi Masalah Usability pada Aplikasi Mobile Halodoc dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” Malang, May 2021. [Online]. Available: http://jptiik.ub.ac.id
A. Wibowo and A. Adhiprawira, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi Mobile Halodoc Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 12, May 2021.
S. Silvadari, S. Oktafiani, and D. Larassati, Pengujian Indikator Cobit 5 Menggunakan Domain EDM, APO, dan DSS Pada Sistem Informasi Perpustakaan Digital (Studi Kasus: iPusnas). 2021.
N. Lediwara, T. A. P. Pasaribu, and M. Anggraini, “Analisis It Governance Menggunakanframework Cobit 5 Domain DSS, MEA Dan BAI,” Jurnal Pseudocode, vol. 7, no. 2, 2020.
M. Sapti, “Robert J. Schreiter,” Kemamp. Koneksi Mat. (Tinjauan Terhadap Pendekatan Pembelajaran Savi), vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 2019.
Y. Septiani, E. Aribbe, dan R. Diansyah, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus : Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru),” J. Teknol. Dan Open Source, vol. 3, no. 1, hal. 131–143, 2020, doi: 10.36378/jtos.v3i1.560.
Universitas Media Nusantara, “Profil Perusahaan Halodoc,” hal. 3–5, 2020.
D. Rianto Rahadi, “Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android,” J. Sist. Inf., vol. 6, no. 1, hal. 661–671, 2014, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index
L. I. H. Praditya, H. M. Az-Zahra, dan I. Arwani, “Identifikasi Masalah Usability pada Aplikasi Mobile Halodoc dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 9, hal. 3678–3687, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id
D. Triesia, S. Oktarina, dan R. Dwipa, “Analisa Usability Bisnis Mahasiswa Universitas Sumatera Selatan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Klik - J. Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, hal. 107–112, 2022, doi: 10.56869/klik.v3i2.385.
A. I. Anshori, H. Aryadita, dan H. M. Az-zahra, “Evaluasi Usability Pada Sistem Monitoring Pengadaan Menggunakan Metode Usability Testing ( Studi Kasus PT Pembangkitan Jawa-Bali ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 3, no. 1, hal. 119–128, 2019.
E. Meylani, G. J. Waleleng, dan J. S. Kalangi, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Halodoc terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kesehatan di Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado,” Acta Diurna Komun., vol. 3, no. 4, hal. 1–8, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/35849
Erwin Permana, Claradhika Putri, dan Elsa Amanah, “Strategi Perusahaan Halodoc dalam Meningkatkan Sistem Digitalisasi Bisnis Layanan Jasa Kesehatan di Indonesia,” El-Mal J. Kaji. Ekon. Bisnis Islam, vol. 5, no. 5, hal. 4050–4064, 2024, doi: 10.47467/elmal.v5i5.2184.
I. Metode, C. Dalam, A. Dan, dan A. Ilham, “‘ AMIK BANDUNG ’ mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan belajar mengajar mulai dari pertama,” vol. 3.
Sugeng, Metode Penelitian Pendidikan Matematika. 2014.
 
						



 
 