Penerapan Algoritma Kriptografi Pengamanan Data Nilai Siswa Dengan Menggunakan Metode C4
DOI:
https://doi.org/10.30865/jurikom.v11i3.8476Keywords:
Data Nilai Siswa, Pengamanan, Kriptografi, RC4Abstract
SMPN 36 Medan merupakan sekolah menengah pertama yang melayani pengajaran jenjang pendidikan SMP di Kota Medan. Pelajaran yang diberikan meliputi semua mata pelajaran wajib sesuai kurikulum yang berlaku. SMPN 36 Medan memiliki staff pengajar (guru) yang berkompeten dalam bidang pelajarannya masing-masing. Fasilitas yang dimiliki seperti ruang kelas yang nyaman, perpustakaan, lapangan olahraga, kantin dan lain sebagainya. Dengan berkembang pesatnya teknologi informasi komputer, masalah di atas dapat diminimalisir dan kerahasiaan data dapat diamankan dengan menggunakan ilmu kriptografi. Kriptografi merupakan metode pengamanan data dengan cara menyandikan data atau informasi (plaintext) menjadi data atau informasi yang sulit atau bahkan tidak dapat dipahami oleh bahasa awam. Untuk dapat membaca pesan atau data yang disandikan agar dapat dipahami dan dibaca dapat melakukan proses enkripsi yang kemudian dideskripsikan. Dalam masalah pengamanan data ini metode dekriptografi yang digunakan yakni RC4. Perancangan program pengamanan data nilai siswa SMP Negeri 36 Medan dengan menggunakan metode RC4 akan menghasilkan sebuah sistem keamanan data yang lebih terjamin sebagai rekomendasi untuk mengamankan data nilai siswa.
References
D. Arfandy, M. Simanjuntak, and T. Pasaribu, “Penerapan Metode Vigenere Chiper untuk Mengamankan Data Text,” JUKI J. Komput. Dan Inform., vol. 4, no. 1, pp. 60–66, 2022.
C. G. Aprillia and A. Prapanca, “Perbandingan Citra Digital Sebelum dan Sesudah Melakukan Kombinasi Proses Enkripsi Menggunakan Algoritma RC4 dengan Metode Steganografi Least Significant Bit (LSB),” J. Informatics Comput. Sci., vol. 4, no. 01, pp. 56–66, 2022.
B. Purba, F. A. Gulo, N. I. Utami, and Y. A. Sihotang, “Pengamanan File Teks Menggunakan Algoritma RC4,” in Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 2020, vol. 1, no. 1, pp. 420–425.
R. Toyib and Y. Darnita, “Pengamanan Data Teks Dengan Menggunakan Algoritma Zero-Knowledge Proof,” J. Media Infotama, vol. 16, no. 1, 2020.
O. Dakhi, M. Masril, R. Novalinda, J. Jufrinaldi, and A. Ambiyar, “Analisis Sistem Kriptografi dalam Mengamankan Data Pesan Dengan Metode One Time Pad Chiper,” J. Inov. Vokasional Dan Teknol., vol. 20, no. 1, pp. 27–36, 2020.
D. Purnamasari, “Implementasi Algoritma Kriptografi Caesar Cipher dan Rail Fence Cipher untuk Keamanan Data Teks Menggunakan Python,” J. Informatics Educ., vol. 4, no. 1, 2021.
F. Pratiwi, S. Adrianto, and A. Arianto, “Sistem Pengolahan Data Nilai Siswa Berstandar Kurikulum 2013 Di SMP Negeri 2 Dumai,” Sains dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 80–88, 2018.
S. M. Marbun, S. Th, and M. PdK, Psikologi pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.
G. Ciptaningtyas, “Pengaruh Aktivis Organisasi Intra Kampus Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.
T. Zebua and E. Ndruru, “Pengamanan Citra Digital Berdasarkan Modifikasi Algoritma RC4,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 4, pp. 275–282, 2017.
D. R. Saragi, J. M. Gultom, J. A. Tampubolon, and I. Gunawan, “Pengamanan Data File Teks (Word) Menggunakan Algoritma RC4,” J. Sist. Komput. dan Inform. Hal, vol. 114, p. 119, 2020.



