APLIKASI PEMBELAJARAN IPS UNTUK SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION
DOI:
https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.731Abstract
Media pembelajaran adalah semua alat bantu atau benda yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, dengan maksud untuk menyampaikan pesan pembelajaran dari sumber (pengajar) kepada penerima (dalam hal ini anak didik). Pembelajaran yang dilakukan saat ini masih banyak yang menggunakan pembelajaran bersifat manual, pembelajaran seperti ini cenderung membuat para siswa jenuh, sehingga siswa kurang berminat untuk mengikuti pembelajaran tersebut dan cenderung tidak fokus mengikuti pelajaran. Hasil riset dari Computer Technology Reaserch tahun 1993 bahwa “Seseorang hanya dapat mengingat apa yang dia lihat sebesar 20%, dan apa yang  dia dengar sebesar 30%, apa yang dia dengar dan lihat sebesar 50%, dan sebesar 80% dari apa yang dia lihat, dengar, dan kerjakan secara simultanâ€. Pencapaian 80% tersebut dapat dimungkinkan dapat dicapai dengan menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis komputer yang interaktif. IPS merupakan bagian dari kurikulum sekolah yang tanggung jawab utamanya adalah membantu peserta didik dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat baik ditingkat lokal, nasional maupun global. Materi sejarah dalam mata pelajaran IPS sangat penting untuk membangun kesadaran, melatih daya kritis, menumbuhkan apresiasi dan penghargaan, menumbuhkan pemahaman serta menumbuhkan kesadaran dalam diri peserta didik sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang memiliki rasa bangga dan cinta tanah air yang dapat di implementasikan dalam berbagai bidang kehidupan baik nasional maupun internasional
References
Enok Maryani, Helius Syamsudin, “Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosialâ€, Jurnal Penelitian, Vol 9, No 1, April 2009.
Hermida Lumbantoruan, “Perancangan Pembelajaran Pengenalan Rangka Manusia Dengan Metode Computer Based Instructionâ€, Pelita Informatika Budi Darma, Volume: IV, Nomor: 2, Agustus 2013.
Sulindawati dan Muhammad Fathoni, “Pengantar Analisa Perancanganâ€, SAINTIKOM, Vol:9, No.2, Agustus 2010.
Teguh Wahyono, “36 Jam Belajar Komputer Animasi dengan Macromedia Flash 8â€, Penerbit PT Elexedia Komputindo, Jakarta, 2006.
Toni Parna Nadeak, “Perancangan Aplikasi Pembelajaran Mengenal Huruf Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Computer Based Instructionâ€, Pelita Informatika Budi Darma, Volume: VII, Nomor: 3, Agustus 2014.
Trianto, M.Pd., “MendesainModel Pembelajaran Inovatif-Progresifâ€, Penerbit Kencana, Jakarta, 2009.
Widodo, Rudy, “Pengertian Pembelajaranâ€, Bandung, 2011.
http://eprints.uny.ac.id/9397/3/bab%202%20-10712251005.pdf, 27/05/2015
http://www.ilmukomputer.com/, 27/05/2015
G. Sagala, M. Mesran, and D. U. Sutiksno, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 12–15, 2017.
J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi, 2006.
M. H. Batubara, M. Mesran, A. H. Sihite, and I. Saputra, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK ),†Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 266–270, 2017.
J. Simarmata, Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung: Andi Offset, 2015.
S. Bakti, N. A. Hasibuan, L. T. Sianturi, and R. D. Sianturi, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CORELDRAW X3 MENGGUNAKAN METODE WEB BASED LEARNING (WBL),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 32–35, 2016.
A. K. Tarigan, S. D. Nasution, S. Suginam, and A. Karim, “Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 1–4, 2016.
G. L. Ginting, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CASCADING STYLE SHEETS DENGAN METODE COMPUTER BASED INTRUCTION,†Pelita Inform., vol. III, pp. 15–22, 2013.
E. Buulolo, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA NIAS MENGGUNAKAN COMPUTER ASISTED INSTRUCTION,†J. Ilm. INFOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 33–35, 2016.



