PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENGGUNAKAN METODE ASSISTED (STUDI KASUS : MTs Zending Islam Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.30865/jurikom.v3i6.73Abstract
Pembelajaran adalah suatu sistem yang bertujuan untuk membantu proses belajar siswa, yang berisi serangkaian peristiwa yang dirancang, disusuns edemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar siswa yang bersifat internal. Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Computer Assisted Instruction adalah salah satu metode pengajaran yang digunakan untuk membantu pengajar dalam mengajarkan materi secara interaktif dalam sebuah aplikasi komputer. Dalam menyampaikan pengajaran, perangkat lunak Computer Assisted Instruction.dapat mengontrol berbagai proses, seperti penyajian materi kepada pemakai untuk dibaca dan dipelajari, memberikan petunjuk dan latihan mengenai materi yang dipelajari, memberikan pertanyaan dan masalah untuk dijawab serta memberikan penilaian dari hasil belajar kepada pemakai.
Kata Kunci : Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Computer Assisted Instruction.
References
Davis (2009), Perancangan Sistem Informasi Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Paser, Samarinda: Universitas Mulawarman.
Darmawan, Deni (2012). Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Teori dan Aplikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Merentek, Risal (2012). Pembelajaran Berbasis Komputer Sarana Multimedia Dalam Pengembangan Pendidikan, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.3.No.5
Mukrimah, Siti (2014). Metode Belajar Pembelajaran Plus Aplikasinya, Bandung: Universita Pendidikan Indonesia.
Nugroho, Adi (2010). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP (Ed.1), Yogyakarta: ANDI.
Supriyanto (2008). TIK 1 (Teknologi Informasi dan Komunikasi) SMP Kelas VII, Medan: Yudistira.
Wahyono, Teguh (2006). 36 Jam Belajar Komputer Animasi dengan Macromedia Flash 8, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
http://www.macromedia-flash-professional-8.html, Diakses tanggal 20 April 2013.
http://haidibarasa.wordpress.com/2013/07/06/pengertian- aplikasi-menurut-pada-salah-satu-buku.html, Diakses tanggal 20 April 2013.



