APLIKASI PEMBELAJARAN PENCARIAN ALGORITMA BOYER MOORE DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION
DOI:
https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.728Abstract
Algoritma adalah sekumpulan informasi yang dibuat secara jelas untuk menunjukan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Salah satu algoritma yang digunakan dalam pencarian adalah algoritma Boyer Moore, dimana algoritma ini mulai mencocokkan suatu karakter dari dari sebelah kanan pattern untuk mendapatkan lebih banyak informasi. Pembelajaran mengenai algoritma merupakan suatu cara untuk mengetahui tentang informasi yang telah disediakan oleh suatu sistem. Dalam proses pembelajaran secara manual, efisiensi waktu menjadi kendala dalam penyampaiannya. Seiring dengan kemajuan teknologi komputer, berbagai metode yang digunakan untuk menyampaikan pembelajaran agar terciptanya suasana yang kondusif dan interaktif antara siswa dan guru serta efisensi dalam pengajaran materi kepada siswa didalam ruangan ataupun kelas. Dimana guru tidak susah dalam memberikan materi kepada siswanya. Salah satu teknologi komputer yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dengan bantuan komputer adalah dengan menerapkan Computer Assisted Instruction.
References
B, Christabella Chiquita, (2011), “Penerapan Algoritma Boyer Moore-Dynamic Programming untuk Layanan Auto-Complete dan Auto-Correctâ€.
Karli, Hilda. (2013), “Model Pembelajaran untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikirâ€, Pendidikan Penabur ,18, Tahun ke-11.
Ruslan, (2014), “Aplikasi Pengolahan Data Karyawan Dengan Pendekatan Microsoft Visual Basicâ€, Sigmata, 2, 2303-5786.
Sagita, Vina dkk, (2013), “Studi Perbandingan Implementasi Algoritma Boyer Moore, Turbo Boyer Moore, dan Tuned Boyer Moore Dalam Pencarian String)â€. Ultimatics, IV, 2085-4552.
G. Sagala, M. Mesran, and D. U. Sutiksno, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 12–15, 2017.
J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi, 2006.
M. H. Batubara, M. Mesran, A. H. Sihite, and I. Saputra, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK ),†Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 266–270, 2017.
J. Simarmata, Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung: Andi Offset, 2015.
S. Bakti, N. A. Hasibuan, L. T. Sianturi, and R. D. Sianturi, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CORELDRAW X3 MENGGUNAKAN METODE WEB BASED LEARNING (WBL),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 32–35, 2016.
A. K. Tarigan, S. D. Nasution, S. Suginam, and A. Karim, “Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 1–4, 2016.
G. L. Ginting, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CASCADING STYLE SHEETS DENGAN METODE COMPUTER BASED INTRUCTION,†Pelita Inform., vol. III, pp. 15–22, 2013.
E. Buulolo, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA NIAS MENGGUNAKAN COMPUTER ASISTED INSTRUCTION,†J. Ilm. INFOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 33–35, 2016.
M. Mesran, “IMPLEMENTASI ALGORITMA BRUTE FORCE DALAM PENCARIAN DATA KATALOG BUKU PERPUSTAKAAN,†Maj. Ilm. INTI, vol. 3, no. 1, pp. 100–104, 2014.
J. I. Sinaga, Mesran, and E. Buulolo, “APLIKASI MOBILE PENCARIAN KATA PADA ARTI AYAT AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA STRING MATCHING,†INFOTEK, vol. 2, no. 2, pp. 68–72, 2016.
F. T. Waruwu and M. Mesran, “IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA APLIKASI KAMUS ISTILAH LATIN FLORA DAN FAUNA BERBASIS ANDROID,†Maj. Ilm. INTI, vol. 4, no. 1, pp. 96–102, 2014.
E. Buulolo, “Implementasi Algoritma String Matching Dalam Pencarian Surat Dan Ayat Dalam Bible Berbasis Android,†Pelita Inform. Budi Darma, vol. III, pp. 23–27, 2013.



