PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (Studi Kasus: SD Swasta Kristen Immanuel Medan)

Authors

  • Welldan Manao STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.721

Abstract

Bahasa mandarin merupakan bahasa yang bermanfaat bagi pengembang otak besar, dalam mempelajari huruf kanji atau aksara mandarin. Bahasa mandarin juga merupakan bahasa terpopuler didunia, digunakan di RRC, Taiwan Hongkong, Singapur dan negara-negara asia lainnya. Oleh sebab itu bahasa mandarin sangatlah penting untuk diketahui setiap orang tanpa memandang usia baik anak-anak, remaja, maupun orangtua. Computer Assited Instruction adalah suatu sistem penyampaian materi pelajaran yang berbasis mikroprosesor yang pelajarannya dirancang dan deprogram kedalam sistem. CAI merupakan salah satu metode pengajaran yang digunakan untuk membantu pengajar dalam mengajarkan materi secara interaktif dalam sebuah program tutorial dengan menggunakan suatu aplikasi komputer. Materi-materi yang diasampaikan dapat memberikan gambaran tentang pembelajaran bahasa mandarin. Selaian itu keunggulan pembelajaran dengan alat bantu komputer dapat membantu pengajar dalam memberikan pelajaran dan menyampaikan materi pelajaran kepada peserta didiknya. Penerapan metode Computer Assisted Instruction dalam implementasi pembelajaran bahasa mandarin ini akan membanatu mengarahkan dalam memaksimalakan proses belajar mengajar.

References

Sinolingua, “BelajarBahasa Tionghoaâ€, Perseroan Terbatas Percetakan Mixing

Rosa A.S. dan M. Shalahuddin, “ Modul Pembelajaran Perangkat Lunakâ€, Modula, Bandung 2011

Rusham, “Model-Model Pembelajaranâ€, Jakarta, Edisi, 2, 2013

John M Echlos dan Hasan Shadily, “Perancanagan Sistemâ€, 2003

Firmansyah, “Aplikasi Pengenalan Huruf Pada Anak Degan Menggunakan Metode Computer Assisted Instructionâ€, 2014

Ardzi Firman Ihtiyar Rohanianto, “Unified Modelling Languageâ€, 2014

Dony Novaliendry, “Multi Media Pembelajaran Bahasa Mandarin dan Website Promosiâ€, 2011

http://pribadiraharja.fsikripsi_simbol_uml.doc, akses 18 juni 2015

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/5441/1/Presentation.pdf, akses 21 juni 2015

http://morfour.blogspot.com/p/mengenal-flash.html, akses 22 juni 2015

http://www.informasi-pendidikan.com/2013/07/pengertian-proses-belajar.html, akses 22 juni 2015

http://www.blogwahyu.com/2013/11/pusat-pendidikan-anak.html, akses 18 juni 2015

Nurdiasmanto, Ruben. 2009. Tipe Computer Assisted Instruction (CAI). (Online),( http://tif.uad.ac.id, akses 22 juni 2015

G. Sagala, M. Mesran, and D. U. Sutiksno, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 12–15, 2017.

J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi, 2006.

M. H. Batubara, M. Mesran, A. H. Sihite, and I. Saputra, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK ),†Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 266–270, 2017.

J. Simarmata, Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung: Andi Offset, 2015.

S. Bakti, N. A. Hasibuan, L. T. Sianturi, and R. D. Sianturi, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CORELDRAW X3 MENGGUNAKAN METODE WEB BASED LEARNING (WBL),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 32–35, 2016.

A. K. Tarigan, S. D. Nasution, S. Suginam, and A. Karim, “Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 1–4, 2016.

G. L. Ginting, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CASCADING STYLE SHEETS DENGAN METODE COMPUTER BASED INTRUCTION,†Pelita Inform., vol. III, pp. 15–22, 2013.

E. Buulolo, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA NIAS MENGGUNAKAN COMPUTER ASISTED INSTRUCTION,†J. Ilm. INFOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 33–35, 2016.

Published

2017-10-23

How to Cite

Manao, W. (2017). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN UNTUK PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (Studi Kasus: SD Swasta Kristen Immanuel Medan). JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 4(5). https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.721