PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN SISTEM OPERASI BERBASIS FLASH 8 MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED LEARNING

Authors

  • Haris Lesmana STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.720

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Sistem operasi atau yang sering disebut dengan Operating Sistem (OS) komputer adalah sekumpulan program komputer yang saling terintegrasi, yang mengelola penggunaan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer. CBL adalah pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer, siswa berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan siswa ini terjadi secara individual dan belajar secara mandiri tanpa bantuan guru.

References

Andi (2014) “Panduan Lengkap menjadi Teknisi Komputerâ€. Yogyakarta. C.V Andi Offset.

Drs. Rudi Susilana, M.Si. Cepi Riyana, M.Pd (2009) “Media Pembelajaranâ€. Bandung. C.V Wacana Prima.

Teguh Wahyono (2006) “36 Jam Belajar Komputer Animasi dengan Macromedia Flash 8â€. Jakarta. PT.Elex Media Komputindo.

Rusman, Dr, M.Pd (2001) †Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputerâ€. Bandung. Alfabeta.

http://www.dosen.gufron.com/artikel/sejarah-perkembangan-sistem-operasi-microsoft-wind/13

http://jambronk.webs.com/Artikel/SISTEM+OPERASI-4.pdf

G. Sagala, M. Mesran, and D. U. Sutiksno, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 12–15, 2017.

J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi, 2006.

M. H. Batubara, M. Mesran, A. H. Sihite, and I. Saputra, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK ),†Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 266–270, 2017.

J. Simarmata, Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung: Andi Offset, 2015.

S. Bakti, N. A. Hasibuan, L. T. Sianturi, and R. D. Sianturi, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CORELDRAW X3 MENGGUNAKAN METODE WEB BASED LEARNING (WBL),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 32–35, 2016.

A. K. Tarigan, S. D. Nasution, S. Suginam, and A. Karim, “Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 1–4, 2016.

G. L. Ginting, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CASCADING STYLE SHEETS DENGAN METODE COMPUTER BASED INTRUCTION,†Pelita Inform., vol. III, pp. 15–22, 2013.

E. Buulolo, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA NIAS MENGGUNAKAN COMPUTER ASISTED INSTRUCTION,†J. Ilm. INFOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 33–35, 2016.

Published

2017-10-23

How to Cite

Lesmana, H. (2017). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN SISTEM OPERASI BERBASIS FLASH 8 MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED LEARNING. JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 4(5). https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.720