APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL DAN NON TRADISIONAL UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE ASSISTED INSTRUCTION (CAI)

 (*)Zamroni Hidayat Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

DOI: http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.716

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Perkembangan IPTEK dan Media pembelajaran yang saat ini semakin maju dan terus berkembang. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah menjamurnya alat musik modern dan terbaru. Masalah umum yang sering dihadapi oleh peserta didik khususnya siswa tingkat dasar adalah masih cukup banyak yang belum mengenal berbagai jenis alat musik tradisional yang ada pada setiap daerah. Media pembelajaran dapat membantu siswa menyerap materi belajar lebih mendalam dan utuh. Bila dengan mendengar informasi verbal dari guru saja, siswa kurang memahami pelajaran, tetapi jika diperkaya dengan kegiatan melihat, menyentuh, merasakan dan mengalami sendiri melalui media pemahaman siswa akan lebih baik. Berdasarkan permasalahan diatas, maka dibuatlah bahan ajar berbasis multimedia interaktif bernama media pembelajaran pengenalan alat music tradisional dan non tradisional. Aplikasi ini menyajikan materi secara interaktif melalui (animasi) gerakan, gambar, suara dan warna, baik secara alami maupun manipulasi dan dilengkapi dengan soal latihan. Aplikasi ini menggunakan tool–tools animasi Macromedia Flash. Aplikasi hasil yang akan dicapai dari pembuatan media pembelajaran ini adalah bahwa siswa tingkat dasar dapat mengetahui dan mengenal Alat Musik Tradisional dan Alat Musik Non Tradisional. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan proses belajar mengajar dan meningkatkan ilmu pengetahuan



Article Metrics

Abstract View: 574 times |

References

Firmansyah.(2014) “ Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction “ISSN: 2339-210X.

Wahyudi (2014) “Pembelajaran Ritme Menggunakan Alat Musik Tar Pada Siswa Kelas IX Di MTs Negeri 2 Pontianak”

Syahrul (2010)”Organisasi dan Arsitektur Komputer”.Yogyakarta: Andi

yasar, adiguzel, K Surendro” Aplikasi Berbasis Web” Yogyakarta: Andi

Azhar arsyad(2002:15)” media pembelajaran” Raja Grafindo Persada

Teguh wahyono(2006)” Macromedia Flash 8” nurita(2007)”Metode Pembelajar

G. Sagala, M. Mesran, and D. U. Sutiksno, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI),” J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 12–15, 2017.

J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi, 2006.

M. H. Batubara, M. Mesran, A. H. Sihite, and I. Saputra, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK ),” Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 266–270, 2017.

J. Simarmata, Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung: Andi Offset, 2015.

S. Bakti, N. A. Hasibuan, L. T. Sianturi, and R. D. Sianturi, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CORELDRAW X3 MENGGUNAKAN METODE WEB BASED LEARNING (WBL),” J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 32–35, 2016.

A. K. Tarigan, S. D. Nasution, S. Suginam, and A. Karim, “Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI),” J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 1–4, 2016.

G. L. Ginting, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CASCADING STYLE SHEETS DENGAN METODE COMPUTER BASED INTRUCTION,” Pelita Inform., vol. III, pp. 15–22, 2013.

E. Buulolo, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA NIAS MENGGUNAKAN COMPUTER ASISTED INSTRUCTION,” J. Ilm. INFOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 33–35, 2016.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT MUSIK TRADISIONAL DAN NON TRADISIONAL UNTUK SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE ASSISTED INSTRUCTION (CAI)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)



JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
Di publikasikan oleh P3M - STMIK BUDI DARMA
Email: jurikom.stmikbd@gmail.com

Creative Commons License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International.