PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN KEBUDAYAAN INDONESIA MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION

Authors

  • Siti Aisah STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338
  • Permanan Ginting STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.712

Abstract

Kebudayaan merupakan suatu hal yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat-istiadat, kebiasaan serta kemampuan-kemampuan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. Perkembangan teknologi saat ini dapat dipadukan dengan metode belajar konvensional, mengharuskan para pendidik dan sekolah untuk memberdayakan komputer sebagai media dalam belajar yang menarik dan menyenangkan CBI (Computer Based Intruction) adalah model atau metode belajar dengan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu untuk mempermudah pemahaman. Pada pembahasan skripsi ini penulis membangun suatu sistem Perancangan Aplikasi Pengenalan Kebudayaan Indonesia Dengan Metode CBI (Computer Based Instruction). Program ini bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat lebih memahami materi tersebut. Aplikasi dirancang dengan memanfaatkan perangkat lunak Macromedia Flash Profesional 8 dan Ulead Video Studio 11 sehingga aplikasi lebih intraktif dan dapat digunakan sebagai alat bantu pengajar ataupun digunakan secara mandiri oleh user. Aplikasi ini juga masih dapat disempurnakan untuk meningkatkan kualitas aplikasi di masa depan.

References

Adi Nugroho, “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP (Unified Software Development Procces)â€, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2010.

Gunawan adi, “Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkapâ€, penerbit kartika, Surabaya, 2001.

Pulung Nurtantio-Arry Maulana Syarif, “Adobe Flash Dalam Membuat Sistem Multimedia Intraktifâ€. Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2013.

Sihotang Dion p, dkk. “Mengenal Nusantara Provinsi Sumatera Utaraâ€. penerbit Sari Ilmu Pratama, Bekasi, 2009.

Yopie Nugraha, “Program Editingâ€, Penerbit Agogos Publishing, Jakarta Barat 2011:95

Nataniel Dengen dan Heliza Rahmania Hatta, “perancangan Sistem Informasiâ€, FMIPA Universitas Mulawarman, vol 4 no. 1 Feb 2009.

G. Sagala, M. Mesran, and D. U. Sutiksno, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 12–15, 2017.

J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi, 2006.

M. H. Batubara, M. Mesran, A. H. Sihite, and I. Saputra, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK ),†Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 266–270, 2017.

J. Simarmata, Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung: Andi Offset, 2015.

S. Bakti, N. A. Hasibuan, L. T. Sianturi, and R. D. Sianturi, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CORELDRAW X3 MENGGUNAKAN METODE WEB BASED LEARNING (WBL),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 32–35, 2016.

A. K. Tarigan, S. D. Nasution, S. Suginam, and A. Karim, “Aplikasi Pembelajaran Citra Dengan Menggunakan Metode Computer Assisted Instruction (CAI),†J. Ris. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 1–4, 2016.

G. L. Ginting, “PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN CASCADING STYLE SHEETS DENGAN METODE COMPUTER BASED INTRUCTION,†Pelita Inform., vol. III, pp. 15–22, 2013.

E. Buulolo, “APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA NIAS MENGGUNAKAN COMPUTER ASISTED INSTRUCTION,†J. Ilm. INFOTEK, vol. 1, no. 1, pp. 33–35, 2016.

Published

2017-10-23

How to Cite

Aisah, S., & Ginting, P. (2017). PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN KEBUDAYAAN INDONESIA MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION. JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 4(5). https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.712