PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI)

 (*)Gamrina Sagala Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)
 Mesran Mesran (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, —)
 Dian Utami Sutiksno (Politeknik Negeri Ambon, Indonesia, —)
 Yuhandri Yuhandri (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang, —)
 Suginam Suginam (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, —)

(*) Corresponding Author

DOI: http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v4i4.711

Abstract

Pakaian adat merupakan simbol kebudayaan yang dimiliki oleh suatu daerah. Pakaian adat juga dapat menjadi simbol yang dimiliki daerah tersebut. Sehingga dengan mengetahui nama dari suatu pakaian adat dapat mewakili suatu daerah dari pakaian adat tersebut berasal. Setiap daerah di Indonesia mempunyai pakaian adat yang berbeda-beda. Biasanya pakaian adat dikenakan untuk memperingati hari besar misalnya, hari kelahiran, pernikahan, kematian, ataupun hari-hari besar keagamaan. Setiap daerah memiliki pengertian pakaian adat sendiri-sendiri. Pentingnya mengenal pakaian adat Asli Indonesia membuat penulis tertarik untuk membuat suatu aplikasi pembelajaran yang digunakan oleh peserta didik dalam mempelajari kebudayaan suatu daerah. Proses pembelajaran yang dibuat akan lebih menarik apabila diterapkannya suatu metode sebagai alat bantu didalam melakukan pembelajaran. Pada penelitian ini peneliti tertarik untuk menggunakan metode CAI (Computer Assisted Instruction), yang didalamnya terdapat materi, drill/practice, simulasi dan game.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 3201 times
PDF - 2255 times

References

Jogiyanto HM. (2005). Analisis & Desain. Yogyakarta: AndiOffset.

Kristanto. (1994). Konsep dan Perancangan Database. Yogyakarta: Andi.

Sugiarti. Y. (2013). Analisis & Perancangan UML.

Sugiarti. Y. (2014). Analisis & Perancangan UML. Jakarta: Graha Ilmu.

Shneiderman. (1998). Desain Antarmuka Interaktif.

Tri Daryanto. (2005). Sistem Multimedia dan Aplikasinya. Jakarta: Graha Ilmu.

Purwanto Y. (2010). Pemograman Web Dengan PHP.

Muhammad Irsyad. Perancangan Website Sekolah Pada Subsistem User Interface. ISSN: 2302-7339 Vol. 09.

ISO 13407:1999 Human Centered Design Process.

http://www.pariwisatasumut.net/2014/11/7-pakaian-adat-dari-sumatera-utara.html, Diakses pada tanggal: 17 Mei 2015.

J. Simarmata, Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi, 2006.

M. H. Batubara, M. Mesran, A. H. Sihite, and I. Saputra, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK MESIN OTOMOTIF KENDARAAN RINGAN DENGAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION ( STUDI KASUS : SMK SWASTA KARYA PENDIDIK ),” Maj. Ilm. INTI, vol. 12, pp. 266–270, 2017.

J. Simarmata, Rekayasan Perangkat Lunak. Bandung: Andi Offset, 2015.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PAKAIAN ADAT ASLI INDONESIA BERBASIS MULTIMEDIA DAN WEB MENERAPKAN METODE COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)



JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)

STMIK BUDI DARMA
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom
Email : jurikom.stmikbd@gmail.com

Creative Commons License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International.