IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE PADA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK

Authors

  • Baharuddin Baharuddin STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.689

Abstract

Beberapa kalangan mengangap transaksi jual beli sebagai tolak ukur status seseorang dalam bertransaksi dan sebagai suatu tanda bukti. Semakin banyaknya  transaksi pembelian produk elektronik yang tinggi semakin tinggi pula informasi yang harus digali lebih baik dari perusahaan dalam menentukan stok produk elektronik di perusahaan agar mendapatkan suatu informasi yang cukup baik. Peningkatan pembelian produk elektronik yang cukup signifikan bermacam-macam jenis elektronik yang akan di beli dan dapat diminati pelanggan dalam menentukan stok produk elektronik pada perusahaan maka di perlukan  data mining. Didalam apriori terdapat association rules, assosiasi ini termasuk jenis aturan pada data mining. Salah satunya tahap analisis assosiasi yang menarik perhatian banyak peneliti untuk menghasilkan rules yang efesien adalah analisis pola frekwensi tinggi. Baik tidaknya suatu assosiasi dapat diketahui dengan dua tolak ukur yakni support adalah nilai penunjang, persentase kombinasi item didalam database dan confidence nilai kepastian, kuat hubungan  item dalam aturan asosiasi.

References

E. Buulolo, “ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN DI SUPERMARKET,†in Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi 2015 (SNITI), 2015, no. September 2015, pp. 4–7.

H. Widayu, S. D. Nasution, N. Silalahi, and M. Mesran, “DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI JENIS TRANSAKSI NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN ALGORITMA C4.5,†MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 1, no. 2, Jun. 2017.

E. Buulolo, N. Silalahi, Fadlina, and R. Rahim, “C4.5 Algorithm To Predict the Impact of the Earthquake,†Int. J. Eng. Res. Technol., vol. 6, no. 2, pp. 10–15, 2017.

E. Buulolo, “Implementasi Algoritma Apriori Pada Sistem Persediaan Obat ( Studi Kasus : Apotik Rumah Sakit Estomihi Medan ),†Pelita Inform. Budi Dharma, vol. 4, no. Agustus 2013, pp. 71–83, 2013.

M. Maharani et al., “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENGATURAN LAYOUT MINIMARKET DENGAN MENERAPKAN ASSOCIATION RULE,†J. Ris. Komput., vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.

Hermawati, Fajar,Astuti. “Data miningâ€, Jakarta, Graha Ilmu.2013

Published

2017-10-20

How to Cite

Baharuddin, B. (2017). IMPLEMENTASI ASSOCIATION RULE PADA PENJUALAN PRODUK ELEKTRONIK. JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 4(5). https://doi.org/10.30865/jurikom.v4i5.689