PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN LOGIKA DAN ALGORITMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION

Authors

  • Tumpal Halomoan Manurung

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v3i1.56

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Logika dan algoritma adalah seni atau cara penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis untuk memecahkan suatu permasalahan. Sering diaplikasikan pada suatu pembuatan program, yang mana dalam suatu pembuatan program terdapat langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang menghasilkan suatu tujuan atau solusi. Untuk itu perlunya mengetahui apa itu logika dan algoritma, bagaimana merencanakan suatu algoritma, bagaimana menyatakan suatu algoritma, dan bagaimana menguji program dari suatu algoritma.Computer Based Instruction (CBI) merupakan program pembelajaran dengan menggunakan software komputer berupa program komputer yang berisi materi pembelajaran. Defenisi CBI mengindikasikan bahwa pembelajaran berbasis komputer merupakan suatu pembelajaran yang dibuat secara terprogram menggunakan bantuan computer sebagai sarana untuk menyampaikan atau memberikan materi kepada peserta didik. Materi pembelajaran tersebut tersusun secara sistematis dan terprogram sesuai dengan perencanaan pembelajaran.
Kata kunci : Pembelajaran, Logika dan Algoritma, Computer Based Instruction (CBI)

References

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Munggunakan UML dan Java, Yogyakarta, Andi offset, 2009.

Drs. Rusman M.Pd, Model-Model Pembelajaran, Andi Publisher, 2010

Fathul Wahid, Dasar-Dasar Algoritma dan Pemrograman, Yogyakarta, Andi, 2004

H.M Jogiyanto, Analisis Dan Desain Sistem, Yogyakarta, Andi, 2005.

http://www.slideshare.net/risal07/bab-1- pengantar-logika-algoritma [10 Juni 2015]

Soetam Rizky, Ajar Interaksi Manusia Dan Komputer, Bandung, 2011.

Teguh Wahyono (2006) “36 Jam Belajar Komputer Animasi dengan Macromedia Flash 8â€. Jakarta. PT.Elex Media Komputindo.

Additional Files

Published

2016-02-01

How to Cite

Manurung, T. H. (2016). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN LOGIKA DAN ALGORITMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COMPUTER BASED INSTRUCTION. JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 3(1). https://doi.org/10.30865/jurikom.v3i1.56