Aplikasi Game Edukasi Mengenal Bahasa Indonesia Alfabert dengan Algoritma Ascent Hill Climbing
|
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 144 timesPDF - 34 times
References
S. Silvilestari, “Steepest Ascent Hill Climbing Algorithm To Solve Cases In Puzzle Game 8,” IJISTECH (International Journal of Information System and Technology), vol. 5, no. 4, p. 366, 2021, doi: 10.30645/ijistech.v5i4.153.
Mahardikha, M. Asrori, and D. Yuniarni, “Permainan Edukatif dengan Media Puzzle Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun TK Islamiyah,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 2, no. 10, pp. 1–10, 2013.
Y. Afero, “Algoritma Best First Search Menentukan Lintasan Jalur Terpendek Pada Kota Wisata Bukittinggi,” JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), vol. 5, no. 2, pp. 138–145, 2021, doi: 10.35145/joisie.v5i2.1717.
Yendrizal, “Application of Artificial Intelligence on Puzzle-8 Using Steepest Ascent Hill Climbing Algorithm,” vol. 6, no. 158, pp. 17–24, 2022.
A. Hijriyah and Ali, “Meningkatkan Kemampuan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Alphabet Method Di TK,” pp. 1–11, 2016.
S. Wulandari and Y. T. Samiha, “Pembelajaran Menulis Permulaan Melalui Metode Abjad (Alphabet) Bagi Siswa Berkesulitan Menulis (Disgrafia) (Studi Kasus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Viii Palembang),” JIP Jurnal Ilmiah PGMI, vol. 1, no. 2, pp. 349–374, 2015, doi: 10.19109/jip.v1i2.668.
S. R. Yulian and Suhartono, “Pengenalan Bahasa Isyarat Huruf Abjad Menggunakan Metode Learning Vector Quantization (LVQ),” Suhartono Jurnal Masyarakat Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 1–8, 2016.
A. Taufiqur, R. Dan, and F. Ardianingsih, “Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Perhatian Anak Autis di Sekolah Luar Biasa,” Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, pp. 1–15, 2018.
M. Wulandari, A. Akbarjono, and A. Saputra, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak 5-6 Tahun Di Paud Harapan Ananda Kota Bengkulu,” Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, vol. 2, no. 2, pp. 354–366, 2019.
D. Safitri, M. Syukri, and D. Yuniarni, “Meningkatkan Kemampuan Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Melalui Permainan Puzzle,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 3, no. 6, pp. 1–16, 2014.
Y. Mardiansyah and S. N. Rizki, “Implementasi Penyelesaian Permasalahan Algoritma Ascent Hill Climbing Pada Puzzle-8,” vol. 6, pp. 583–590, 2022.
I. W. Widiana, N. T. Rendra, and N. W. Wulantari, “Media Pembelajaran Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Kompetensi Pengetahuan Ipa,” Indonesian Journal Of Educational Research and Review, vol. 2, no. 3, p. 354, 2019, doi: 10.23887/ijerr.v2i3.22563.
D. P. Sari, “Pemanfaatan Metode Hill Climbing Mencari Jalur Terpendek Objek Wisata Kabupaten Lima Puluh Kota,” JOISIE Journal Of Information System And Informatics Engineering, vol. 6, no. 1, pp. 32–38, 2022.
S. Novia, “Jurnal siteba,” Game Puzzle Abjad Menggunakan Algoritma Ascent Hill Climbing, vol. 1, no. 1, pp. 14–22, 2022.
V. Y. I. Ilwaru dkk, “Perbandingan Algoritma Hill Climbing Dan Algoritma Ant Colony Dalam Penentuan Rute Optimum Comparison Of Hill Climbing Algorithm And Ant Colony Algorithm In Determining Optimum Route,” vol. 11, pp. 139–150, 2017.
R. Meri, “Implementasi Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing,” vol. 6, no. 1, 2022.
E. Elvina and L. Hakim, “Modifikasi Algoritma Steepest-Ascent Hill Climbing Dan Backtracking Untuk Pencarian Lintasan Kritis Proyek,” CogITo Smart Journal, vol. 4, no. 2, p. 268, 2019, doi: 10.31154/cogito.v4i2.133.268-282.
B. Prasetyo, I. Agustina, and M. Gufroni, “Perancangan Game Puzzle Pemadam Kebakaran Menggunakan Metode Linear Congruential Generator (LCG),” JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), vol. 2, no. 2, 2017, doi: 10.31328/jointecs.v2i2.473.
Bila bermanfaat silahkan share artikel ini
Berikan Komentar Anda terhadap artikel Aplikasi Game Edukasi Mengenal Bahasa Indonesia Alfabert dengan Algoritma Ascent Hill Climbing
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Megi Afroka, Yosdarso Afero

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
Di publikasikan oleh P3M - STMIK BUDI DARMA
Email: jurikom.stmikbd@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International.