Penerapan Market Basket Analysis dengan Menggunakan Metode Association Rule Untuk Pengenalan Pola Perilaku Konsumen
|
Abstract
Kasimura Supermarket membutuhkan suatu metode yang dapat membantu meningkatkan jumlah penjualan produk sehingga dapat meningkatkan jumlah penghasilan. Data penjualan dapat diolah dengan menggunakan teknik data mining market basket analysis dengan algoritma apriori sehingga menghasilkan suatu keputusan yang dapat membantu manajemen guna meningkatkan penghasilan Kasimura Supermarket. Aplikasi market basket analysis ini dibangun untuk membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan tentang penempatan produk yang ada di Kasimura Supermarket. Aplikasi dibangun menggunakan PHP dan database MySql. Aplikasi hanya dapat diakses oleh admin.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 128 timesPDF - 32 times
References
P. Aviatri and A. P. Nilasari, “Analisis Penerapan Etika Bisnis terhadap Kelangsungan Usaha Perusahaan Dagang,” Accounthink J. Account. Financ., vol. 6, no. 02, pp. 194–205, 2021, doi: 10.35706/acc.v6i02.5621.
M. Alda, “Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Sistem Komputer,” J. Process., vol. 17, no. 1, p. 34, 2022, [Online]. Available: http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/1190
E. Yulianto and H. Heryanto, “Rancang Bangun Perangkat Lunak E-Commerce Menggunakan Metode Market Basket Analysis,” Media Inform., vol. 18, no. 1, pp. 19–36, 2019, doi: 10.37595/mediainfo.v18i1.22.
N. Rice and S. Hafizoh, “Aplikasi pola belanja dengan aturan asosiasi menggunakan algoritma apriori,” vol. 8, no. 1, pp. 88–93, 2022.
R. Dzulkarnaen, “Perancangan Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Pada Apotek Permata dengan Metode Hybrid-Dimension Association Rules,” J. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 67–72, 2020, doi: 10.47292/joint.v2i2.35.
R. Yanto, H. Di Kesuma, J. S. Informasi, and R. Assosiasi, “Pemanfaatan Data Mining Untuk Penempatan Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association,” vol. 4, no. 1, 2017.
N. A. Hasibuan et al., “IMPLEMENTASI DATA MINING UNTUK PENGATURAN LAYOUT,” vol. 4, no. 4, pp. 6–11, 2017.
Novendri, “Pengertian Web,” Lentera Dumai, vol. 10, no. 2, pp. 46–57, 2019.
P. Simanjuntak and E. Elisa, “Data Mining Untuk Menentukan Pemilihan Celular Card Di Kota Batam,” J. Inf. Syst. Dev., vol. 4, no. 2, pp. 1–5, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.medan.uph.edu/index.php/isd/article/view/283%0Ahttps://ejournal.medan.uph.edu/index.php/isd/article/download/283/143
I. P. Ninditama, I. P. Ninditama, W. Cholil, M. Akbar, and D. Antoni, “Klasifikasi Keluarga Sejahtera Study Kasus : Kecamatan Kota Palembang,” J. TEKNO KOMPAK, vol. 15, no. 2, pp. 37–49, 2020, [Online]. Available: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknokompak/article/view/1156
D. P. Utomo and M. Mesran, “Analisis Komparasi Metode Klasifikasi Data Mining dan Reduksi Atribut Pada Data Set Penyakit Jantung,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 2, p. 437, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.2080.
F. Kurniawan, B. Umayah, J. Hammad, S. M. S. Nugroho, and M. Hariadi, “Market Basket Analysis to Identify Customer Behaviours by Way of Transaction Data,” Knowl. Eng. Data Sci., vol. 1, no. 1, p. 20, 2017, doi: 10.17977/um018v1i12018p20-25.
R. A. Suharjo, “Customer Relationship Management in Retail Using Double Association Rule,” Int. J. Emerg. Trends Eng. Res., vol. 8, no. 5, pp. 1620–1625, 2020, doi: 10.30534/ijeter/2020/23852020.
A. Rahmadsyah, H. Hartono, and R. Rosnelly, “Analisa Association Rule Pada Algoritma Apriori Untuk Minat Pembelian Alat Kesehatan,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 280, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2658.
M. Fauzy, K. R. Saleh W, and I. Asror, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. II, no. 2, pp. 221–227, 2016.
A. Muzakir and L. Adha, “Market Basket Analysis (Mba) Pada Situs Web E-Commerce Zakiyah Collection,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, p. 459, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i2.755.
N. S. Donny Maulana, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Frekuensi Keranjang Belanja Pada Data Penjualan Produk Toko Mahira,” SIGMA – J. Teknol. Pelita Bangsa, vol. 10, no. 2407–3903, pp. 86–93, 2019.
M. (2018) Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 113–121, 2018, [Online]. Available: http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425
Bila bermanfaat silahkan share artikel ini
Berikan Komentar Anda terhadap artikel Penerapan Market Basket Analysis dengan Menggunakan Metode Association Rule Untuk Pengenalan Pola Perilaku Konsumen
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Raudhah, Iman Muhammad, Sri Ramadhany

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
Di publikasikan oleh P3M - STMIK BUDI DARMA
Email: jurikom.stmikbd@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International.