PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH PADA TINGKATAN SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE ACCELERATED LEARNING (STUDI KASUS SD NEGERI BUNUT BARAT)

Authors

  • Rezeki Apriani Siregar

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v3i1.50

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mengubah model pembelajaran pada dunia pendidikan. Proses pengajaran dan pembelajaran kini dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu komputer berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi pengajaran berbantu komputer untuk pengenalan huruf hijaiyyah dan membaca Al-Qur’an dalam sistem pembelajaran.Tampilan animasi hanya menampilkan pengenalan huruf hijaiyyah dan surah Al-Qur’an dari satu sisi saja. Penelitian ini diimplementasikan menggunakan perangkat lunak visual basic. Untuk menghasilkan aplikasi metode pembelajaran yang interaktif, menyenangkan serta memberi kemudahan bagi para pendidik, dan mempermudah anak- anak dan orang yang belum mengenal huruf hijaiyyah serta membantu anak-anak dan orang yang ingin membaca Al-Qur’an karena didalam agama islam wajib hukumnya umat islam pandai membaca Al-Qur’an. Skripsi ini di tujukan untuk anak-anak dan orang yang belum mengenal huruf hijaiyyah dan yang ingin belajar membaca Al-Qur’an.Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan bahasa pemograman komputer yang berjalan pada sistem operasi windows. Kemampuan Microsoft Visual basic dalam menyediakan komponen- komponen yang memungkinkan dalam membuat program aplikasi yang sesuai dengan tampilan dan cara kerja Microsoft Windows.
Kata Kunci : Huruf hijaiyyah, Accelerated learning, Visual Basic 6.0

References

Dave Meier “The Accelerated Learning Handbookâ€, (Terjemahan Rahmani Astuti) McGraw-Hill, New York, 2000

Jogyanto HM “Sistem Teknologi Informasiâ€, Penerbit Andi, Jogjakarta, Edisi, 2005

M Khaidir “Pengenalan Sistem Informasi Komputerâ€, Penerbit Erlangga, Surabaya, Edisi 2005

Sardiman “Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajarâ€, Penerbit PT Grafindo Persada, Jakarta, Edisi 2011

Smith M.K. et al “Teori Pembelajaran dan Pengajaranâ€, Penerbit Mirza Nedia Pustaka, Yogjakarta, Edisi 2010

Additional Files

Published

2016-02-14

How to Cite

Siregar, R. A. (2016). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH PADA TINGKATAN SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN METODE ACCELERATED LEARNING (STUDI KASUS SD NEGERI BUNUT BARAT). JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 3(1). https://doi.org/10.30865/jurikom.v3i1.50