IMPLEMENTASI LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA GAME HANGAROO BERBASIS ANDROID

Authors

  • Dwi Rizki Purnamasari

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v3i1.39

Abstract

Teknologi dan dunia game yang mengalami perkembangan cukup pesat menyebabkan berbagai inovasi untuk mendukung kemutakhiran dari game tersebut, sehingga memberikan dampak yang cukup besar bagi perkembangannya. Ada bermacam-macam game yang beredar dikalangan masyarakat, dari game yang sangat sederhana sampai game yang sangat rumit. Salah satu game yang sederhana dan masih sering dimainkan adalah game hangaroo. Game hangaroo merupakan permainan menyusun huruf per huruf dengan aturan soal yang telah teracak. Untuk mempermudah mengacak pertanyaan, digunakan suatu metode pengacakan agar soal yang ditampilkan tidak berurut, karena jika hal tersebut terjadi maka, jawabannya akan mudah ditebak.Linear Congruent Method (LCM )merupakan metode untuk pembangkit bilangan acak, dimana pengacakan kemunculan soal akan terjadi pengulangan pada periode waktu tertentu atau setelah sekian kali pembangkitan dengan nilai pengacakan yang telah ditentukan.  
Kata Kunci : game, hangaroo, linear congruent method

References

A.S, Rosa dan M. Shalahuddin. 2011. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta. Modula

Kusrini dan Andri Kinoyo. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi Dengan Microsoft Visual Basic & SQL Server. Andi

Al Bahra Bin Ladjamuddin. 2005. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Graha Ilmu.

Nazaruddin Safaat H. 2012. Android : Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung. Informatika

Madcoms. 2012. Adobe Flash Professional CS6 Untuk Pemula. Yogyakarta. Andi

Andi Sunyoto. 2010. Adobe Flash + XML = Rich Multimedia Application. Yogyakarta. Andi

Ivan C Sibero. 2009. Langkah Mudah Membuat Game 3D. Yogyakarta. MediaKom

Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Pustaka Insan Madani

Afrian. 2014. Perancangan Aplikasi Game Asah Otak TEbak Kata Berbasis Android Dengan Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM). Pelita Informatika Budi Darma Vol VI, No.1, Maret 2014

Andriansyah. 2014. Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Metode Linear Congruent Method (LCM) . Pelita Informatika Budi Darma Vol VI, No.2, April 2014

Additional Files

Published

2016-02-27

How to Cite

Purnamasari, D. R. (2016). IMPLEMENTASI LINEAR CONGRUENT METHOD (LCM) PADA GAME HANGAROO BERBASIS ANDROID. JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 3(1). https://doi.org/10.30865/jurikom.v3i1.39