ANALISA PREDIKSI PENYEWAAN ALAT TRANSPORTASI MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS : PT SEDONA HOLIDAYS MEDAN)

 (*)Dewi Ika Yanti Situmorang Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingaangaraja No. 338, —)

(*) Corresponding Author

DOI: http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v2i6.354

Abstract

Dalam dunia bisnis khususnya dalam industri penjualan harus selalu memikirkan cara untuk terus meningkatkan dan mengembangkan skala bisnis sesuai dengan kebutuhan konsumen dan pasar. Persediaan mobil merupakan permasalahan operasional yang sering  dihadapi oleh para agent travel. Jika jumlah persediaan mobil terlalu sedikit dan permintaan tidak dapat dipenuhi karena kekurangan persediaan, hal ini akan mengakibatkan konsumen akan merasa kecewa dan ada kemungkinan konsumen tidak akan kembali lagi.  Data Mining adalah suatu istilah yang digunakan untuk menguraikan penemuan pengetahuan di dalam basis data. Data Mining adalah proses yang menggunakan teknik statistik, matematika, kecerdasan buatan, machine learning untuk mengekstraksi dan mengidentifikasi informasi yang bermanfaat dan pengetahuan yang terkait dari berbagai basis data besar. Forecasting/peramalan adalah mengenai apa yang akan terjadi, tapi belum tentu bisa dilaksanakan oleh perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan peramalan atau prediksi yang bisa meminimumkan kesalahan yang biasanya diukur dengan mean square error, mean absolute error. Baik tidaknya hasil dari suatu penelitian sangat ditentukan oleh ketepatan ramalan yang dibuat. Peramalan digunakan untuk mencari sebuah nilai ketetapan dari proses Single Exponential Smoothing yang mengasumsikan bahwa data berfluktuasi di sekitar nilai mean yang tetap tanpa trend atau pola pertumbuhan konsisten.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 509 times | PDF View: 758 times

References

Abdul Kadir,Pengenalan Sistem Informasi, 2003

Taufan Fahmi, Sudarno, Yuciana Wilandari. Jurnal Gaussian, April 2013

Chairunnisa, Pelita Informatika Budi Darma, Volume : IX, Nomor : 1, Maret 2015

Afni Sahara, Jurnal Informasi dan Tekhnologi ilmiah, STMIK BUDIDARMA, Volume : I, Nomor : 3, Oktober 2013 5. Riza Rahmadayanti dkk, Jurnal Rekursif, Universitas Bengkulu, Volume : 3, Nomor : 1, Maret 2015

Untung Sus Andriyanto, Abdul Basith. Metode dan Aplikasi Peramalan, 1991

Riza Rahmadayanti dkk, Jurnal Rekursif, Universitas Bengkulu, Volume : 3, Nomor : 1, Maret 2015

https://id.wikipedia.org/wiki/Transportasi, tanggal akses 15 Mei 2015

Alda Raharja dkk, Jurnal Sistem Informasi, Institut Tekhnologi Sepuluh November, Juli, 2010)

Ratno Kustiawan (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Diakses 15 Mei 2015

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel ANALISA PREDIKSI PENYEWAAN ALAT TRANSPORTASI MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS : PT SEDONA HOLIDAYS MEDAN)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)



JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
Di publikasikan oleh P3M - STMIK BUDI DARMA
Email: jurikom.stmikbd@gmail.com

Creative Commons License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International.