PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX PADA PERMAINAN CHECKERS

Authors

  • Dahwila Syapnika STMIK Budi Darma Jln. Sisingaangaraja No. 338
  • Edward Robinson Siagian STMIK Budi Darma Jln. Sisingaangaraja No. 338

DOI:

https://doi.org/10.30865/jurikom.v2i6.352

Abstract

Checkers merupakan jenis permainan game board,yang mengandalkan strategi sebagai elemen utamanya. Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain dengan tujuan menghabiskan kepingan lawan. Permainan checkers yang dibuat dengan AI (Artificial Intelligence) tertentu menerapkan algoritma Minimax. Penerapan algoritma Minimax dalam checkers dibuat berdasarkan prosedur Minimax untuk mendapatkan langkah terbaik dari posisi yang ada. Setiap posisi memiliki nilai yang dapat dihasilkan dari langkah terbaik, dengan berasumsi bahwa AI akan selalu mencoba memaksimalkan nilai, ketika lawan akan mencoba untuk meminimalkannya. Perancangan permainan checkers ini di buat dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0. Didalam menu permainan checkers terdapat beberapa menu. Dalam permainan checkers terdapat dua buah bidak yang berlainan warna. Setiap pemain memilih warna yang di inginkan. Setiap bidak dapat berubah menjadi raja setelah melewati garis akhir lawan.
Kata Kunci: checkers, Artificial Intellingence (AI), Minimax, alpha-beta, Microsoft Visual Basic

Additional Files

Published

2015-12-12

How to Cite

Syapnika, D., & Siagian, E. R. (2015). PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX PADA PERMAINAN CHECKERS. JURNAL RISET KOMPUTER (JURIKOM), 2(6). https://doi.org/10.30865/jurikom.v2i6.352