PEDOMAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA PELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SEKOLAH DASAR MENERAPKAN COMPUTER ASSISTED INTRUCTION
DOI:
https://doi.org/10.30865/jurikom.v2i6.348Abstract
Alat peraga matematika adalah sebuah atau seperangkat benda konkrit yang dibuat, dirancang, dihimpun atau disusun secara sengaja, yang digunakan untuk membantu menanamkan atau mengembangkan konsep-konsep atau prinsip-prinsip dalam matematika. Dengan alat peraga, maka hal-hal yang abstrak dapat disajikan dalam bentuk model-model, sehingga siswa dapat memanipulasi objek tersebut dengan cara dilihat dipegang, diraba, diputarbalikkan, agar lebih mudah memahami matematika. Computer-Assisted Instruction adalah program pengajaran berbantuan komputer yang telah banyak digunakan oleh para pendidik sebagai alternative pembelajaran. Adapun alternative-alternative yang terdapat pada CAI (Computer-Assisted Instruction) dan sering dipergunakan oleh para pendidik adalah drill and practice, simulasi, tutorial dan permainan yang dapat diaplikasikan lewat komputer. Dengan menggunakan metode pembelajaran seperti ini, para siswa dapat lebih tertarik untuk belajar. Dalam skripsi ini akan dibahas tentang cara menciptakan aplikasi alat peraga matematika sederhana untuk tingkat dasar dengan menggunakan metode computer assisted instruction dibangun dengan memanfaatkan aplikasi macromedia flash 8.
Kata Kunci: Alat Peraga Matematika, Macromedia Flash 8, dan Computer Assisted Intruction.
References
Imroatus Solichah, “Alat Peraga Untuk Pelajar Tunarungu Penggunaan Bentuk Dua Dimensi Bangun Datar Pada Siswa Tunarunguâ€,Media Guru,2014
Yuni Sugiarti,â€Analisis & Perancangan UML Generated VB.6â€, GRAHA ILMU, Yogyakarta, Edisi Pertama, 2013
http://kkbi.web.id/pedoman/tanggal akses 05 April 2015
http://www.rumusmatematikadasar.com/2014/12/fungsipapanfl anel.html , Tanggal akses 05 April 2015
http://www.p4tkmatematika.com/pengenalanbangunruangdansi fat-sifatnya.html/ tanggal akses 06 April 2015
http://kubusbangunruang.com/proses/jaring- jaringkubus/tanggal akses 06 April 2015



