IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA APLIKASI PENERJEMAHAN BAHASA MANDAILING-INDONESIA

 (*)Rivalri Kristianto Hondro Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)
 Zumrotul Aqobah Hsb (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, —)
 Suginam Suginam (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)
 Ronda Deli Sianturi (STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

DOI: http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v3i4.339

Abstract

Lahirnya teknologi informasi komputer dan fasilitas pendukung seprti layanan internet saat ini membuat perkembangan yang sangat luas. Segala informasi-informasi dapat didapatkan begitu cepat membuat jarak dan waktu tidak menjadi masalah. Namaun disamping itu masih jarang ditemukan aplikasi yang dapat mempermudah proses tranlasi suatu kata kedalam bahasa Mandailing-Indonesia. Aplikasi ini dirasa perlu karna banyaknya masyarakat yang belum mengetahui sebagian dari arti bahasa Mandailing itu sendiri. Proses tranlasi kata ini dilakukan hanya dalam bentuk kata dimana kata yang akan dicari akan muncul beserta arti kata tersebut. Pencarian kata meneraapkan prinsip good sufix(dimana karakter yang dicari sejajar dengan karakter yang menyerupainya) serta prinsip bad character(dimana jika tidak memiliki kemiripan langsung dibuang). Dalam skripsi ini akan dibahas tentang cara menciptakan Aplikasi Penerjemahan Bahasa Mandailing-Indonesia yang bermamfaat sebagai pembelajaran bagi masyarakat mandailing Natal itu sendiri, serta untuk mepermudah pengguna dalam proses translasi suatu kata dengan memamfaatkan algoritma knuth morris pratt. Algoritma knuth morris pratt merupakan pencocokan string yang dianggap lebih mudah pada aplikasi ini, dan dirancang menggunakan Microsoft Visual Studio 2008.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 209 times
PDF - 387 times

References

Nasip Purba (2013) “Perancangan aplikasi distribusi obat genetik dengan metode modi berbasis web (studi kasus : pt.kimia farma)”ISSN 2301-9425)

Firmansyah (2014) “aplikasi pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah pada anak dengan menggunakan metode computer assited instruction (cai)”ISBN:2339-210X.

Parlaungan Ritonga,”Bahasa Indonesia Praktis”, Medan, BARTONG JAYA, 2009.

Okharyadi Saputra (2013) “Penerapan Algoritma Knuth Morris Pratt dalam Aplikasi Penerjemah Teks”. 5. Rosa A.S dan M.Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak”, Bandung, MODULA, 2011.

Rahmatpriyanto,”Langsung bisa visual basic.net 2008”, Bandung, ANDI, 2009.

Mesran, “IMPLEMENTASI ALGORITMA BRUTE FORCE DALAMPENCARIAN DATA KATALOG BUKU PERPUSTAKAAN,” Maj. Ilm. INTI, vol. 3, no. 1, pp. 100– 104, 2014.

J. I. Sinaga, Mesran, and E. Buulolo, “APLIKASI MOBILE PENCARIAN KATA PADA ARTI AYAT AL-QUR’AN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA STRING MATCHING,” INFOTEK, vol. 2, no. 2, pp. 68–72, 2016.

Andi, Microsoft Visual Studio.Net 2008. Andi, 2009.

Mesran, Visual Basic. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2009.

G. L. Ginting, “Implementasi Algoritma Boyer-Moore Pada Aplikasi Pengajuan Judul Skripsi Berbasis Web,” Pelita Inform., vol. 3, no. 1, 2014.

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA APLIKASI PENERJEMAHAN BAHASA MANDAILING-INDONESIA

Refbacks



Copyright (c) 2017 JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)



JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)

STMIK BUDI DARMA
Website : http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom
Email : jurikom.stmikbd@gmail.com

Creative Commons License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International.