PERANCANGAN APLIKASI TEXT EDITOR DENGAN MENERAPKAN ALGORITMA KNUTH-MORRIS-PRATT

 (*)Firman Matondang Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingaangaraja No. 338, —)
 Nelly Astuti Hasibuan (STMIK Budi Darma Jln. Sisingaangaraja No. 338, Indonesia)
 Imam Saputra (STMIK Budi Darma Jln. Sisingaangaraja No. 338, Indonesia)
 Suginam Suginam (STMIK Budi Darma Jln. Sisingaangaraja No. 338, Indonesia)

(*) Corresponding Author

Abstract

Text Editor adalah sebuah software aplikasi atau program komputer yang memungkinkan penggunanya membuat, mengubah, atau mengedit file teks. sebuah aplikasi Text Editor juga harus dilengkapi dengan fitur pencarian. Fitur pencarian pada aplikasi Text Editor merupakan fitur yang sangat penting karena fitur ini akan membantu pengguna untuk menemukan kata (string) yang dicari dengan mudah dan cepat Jika pencarian kata (string) pada aplikasi Text Editor dilakukan secara manual maka membutuhkan waktu yang relatif lama. Masalah utama dalam pencarian kata pada aplikasi Text Editor adalah semakin banyak data yang terdapat pada aplikasi Text Editor, maka semakin bertambah waktu untuk menemukan kata (string) tersebut. Oleh sebab itu dibutuhkan algoritma untuk menyelesaikan masalah pencarian kata (string) yang secara cepat dan akurat yang dapat memangkas waktu seminimal mungkin. Algoritma pencarian string merupakan salah satu bagian terpenting dalam berbagai proses yang berkaitan dengan data tipe teks Algoritma. Knutt-Morris-Pratt menyimpan sebuah informasi yang digunakan untuk melakukan jumlah pergeseran, sehingga algoritma ini melakukan pergeseran lebih jauh (tidak hanya bergeser satu karakter seperti dalam brute force). Dengan ini penggunaan algoritma Knutt-Morris-Pratt dapat mempersingkat waktu pencocokan string.
Kata Kunci: Pencarian, String, Text Editor, Algoritma Knutt-Morris-Pratt.

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract view : 1793 times
PDF - 881 times

References

Abdul Kadir. (2013). “Pengertian Algoritma, Pendekatan Secara Visual dan Interaktif Menggunakan Raptor”. Yogyakarta : ANDI.

Adi nugroho. (2010). ”Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDP (unified Software Development Process)”. Yogyakarta : ANDI.

Hafni Syaeful Sulun. (2007). “Penerapan Algoritma Knuth- Morris-Pratt pada Aplikasi Pencarian Berkas di Komputer”.

Hendayudi. (2009). “VB 2008 untuk Berbagai Keperluan Pemrograman”. Jakarta : PT. Alex Media Komputindo.

http://edukasi.kompasiana.com/2010/05/03/perancangan- sistem-132346.html tanggal akses : 06-Mei-2015.

http://id.wikipedia.org/wiki/Algoritma_ pencarian_string, tanggal akses : 24 april 2015.

Kukuh Nasrul Wicaksono. (2007). “Penerapan Algoritma Pencocokan String Knuth-Morris-Pratt Sebagai Algoritma Pencocokan DNA”.

Rinaldi Munir. (2007). “Algoritma dan Pemograman Dalam Bahasa Pascal dan C.” Bandung : INFORMATIKA.

F. T. Waruwu and Mesran, “IMPLEMENTASI ALGORITMA KNUTH MORRIS PRATT PADA APLIKASI KAMUS ISTILAH LATIN FLORA DAN FAUNA BERBASIS ANDROID,” Maj. Ilm. INTI, vol. 4, no. 1, pp. 96–102, 2014.

Mesran, “IMPLEMENTASI ALGORITMA BRUTE FORCE DALAM PENCARIAN DATA KATALOG BUKU PERPUSTAKAAN,” Maj. Ilm. INTI, vol. 3, no. 1, pp. 100– 104, 2014.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)



JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
Publish by Universitas Budi Darma (before STMIK BUDI DARMA (P3M))
Email: jurikom.stmikbd@gmail.com

Creative Commons License
 This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International.