ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL (STUDI KASUS : STMIK BUDI DARMA MEDAN)

 (*)Kiky Prastiya Mail (STMIK Budi Darma Jln. Sisingaangaraja No. 338, —)

(*) Corresponding Author

DOI: http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v3i6.176

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu unit kerja dari sebuah lembaga yang mengelola bahan-bahan pustaka baik berupa buku- buku maupun non book material yang diatur secara sistematis yang berfungsi sebagai penyedia fasilitas pelayanan informasi untuk pendidikan dan penelitian. Dalam upaya peningkatan pelayanan yang akan diberikan kepada pengguna perpustakaan, maka pihak STMIK BUDI DARMA Medan berusaha untuk memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap, informasi yang mudah diakses oleh pengguna perpustakaan, serat fasilitas fisik yang menunjang dalam rangka peningkatan kualitas layanan perpustakaan. Dalam menganalisis seberapa besar tingkat kepuasan pemustaka  terhadap layanan yang diberikan oleh perpustakaan STMIK BUDI DARMA Medan, maka penulis menggunakan Metode Libqual. Metode Libqual adalah sebuah metode yang digunakan untuk mengukur kepuasan pemustaka terhadap kualitas layanan perpustakaan berdasarkan tiga dimensi yaitu affect of service, information control dan library  as place. Tingkat kepuasan pemustaka perlu untuk diukur dengan melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar manfaat dan kualitas layanan yang telah diberikan pihak perpustakaan kepada pengguna perpustakaan sehingga pihak perpustakaan dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas layanannya menjadi lebih baik lagi sesuai dengan harapan pengguna

Full Text:

PDF


Article Metrics

Abstract View: 383 times | PDF View: 711 times

References

Darmono, “Perpustakaan Sekolah”, Penerbit Gramedia Widiasmara Indonesia, Jakarta, 2007

Markoni, “Pengaruh Dimensi Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah ”, Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Palembang, Edisi Ke-VI, 2011, dari; https://orasibisnis.files.wordpress.com/2012/05/markoni_ pengaruh-dimensi-kualitas-produk-terhadap.pdf

Rahayuningsih, Fransiska “Mengukur Kepuasan Pemustaka Menggunakan Metode Libqual”, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, Cetakan I, 2015

Setia Wardani dkk, “Analisis Efektifitas Siap-PSB Online Dan Kinerja Panitia Terhadap Kepuasan User di Wilayah Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta”, Jurnal Teknologi, Vol 4, 2011, dari; http://jurtek.akprind.ac.id/sites/default/files/6- 13_setia_wardani.pdf

Suwarno, Wiji. “Pengetahuan Dasar Kepustakaan”, Penerbit Ghalia, Bogor, 2010

Windiyani, Tustyana, “Instrumen Untuk Menjaring Data Interval Nominal, Ordinal, dan Data Tentang Kondisi, Keadaan, Hal Tertentu dan Data Untuk Menjaring Variabel Kepribadian ”, Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 3. No. 5, Desember 2012, dari; https:// journal.ppsunj.org/jpd/article/download/112/112

Bila bermanfaat silahkan share artikel ini

Berikan Komentar Anda terhadap artikel ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE LIBQUAL (STUDI KASUS : STMIK BUDI DARMA MEDAN)

Refbacks



Copyright (c) 2017 JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)



JURIKOM (Jurnal Riset Komputer)
Di publikasikan oleh P3M - STMIK BUDI DARMA
Email: jurikom.stmikbd@gmail.com

Creative Commons License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International.