SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMASARAN MELALUI ANALISA PELANGGAN PADA PT. VISTA ESTATE MEDAN DENGAN METODE WEIGHTED PRODUCT (WP)
Abstract
PT. Vista Estate Medan, sebagai salah satu perusahan yang bergerak dibidang developer rumah tinggal, lebih menitikberatkan usahanya pada pelayanan jasa kepada pelanggan dari pada mencari keuntungan (laba) untuk dapat meningkatkan penjualan rumah. Untuk meningkatkan penjualan rumah tersebut, maka diperlukan adanya sebuah analisa terhadap pelanggan agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai dengan maksimal melalui proses penentuan pemasaran yang merupakan salah satu aspek strategis perusahaan agar dapat bersaing dalam dunia bisnis. Metode Weighted Product merupakan bagian dari konsep Multi-Attibut Decision Making (MADM) dimana diperlukan normalisasi pada perhitungannya. Dengan menggunakan metode Weighted Product, diharapkan dapat dikembangkan software sistem pendukung keputusan yang dapat digunakan oleh suatu perusahaan, karena perusahaan cukup memilih beberapa kriteria yang akan menjadi alternatif pemilihan dan memberikan nilai bobot pada perbandingan alternatif dan kriteria tersebut.
Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Penentuan Pemasaran, Weighted Product