PERANCANGAN APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMASARAN RUMAH DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (STUDI KASUS: PT. VISTA ESTATE MEDAN

Authors

  • Desi Reskika Desi Reskika Sari

Abstract

Lokasi pemasaran yang penentuan lokasi bisnis khususnya lokasi pemasaran rumah haruslah melalui analisa dan perhitungan yang tepat sehingga dapat ditentukan lokasi yang sesuai dilihat dari berbagai aspek. Selama ini penentuan lokasi pemasaran rumah dilakukan secara manual dengan mengandalkan perasaan, pengalaman, dan beberapa pertimbangan pembuat keputusan dalam hal ini pemilik usaha (pengusaha). Pengambilan keputusan merupakan hal yang tidak pernah lepas dari kehidupan manusia, baik pengambilan keputusan untuk masalah yang sederhana sampai dengan masalah yang kompleks. Kemampuan mengambil keputusan dengan cepat dan cermat merupakan kunci keberhasilan dari seorang pengambilan keputusan (decision maker). Dalam pengambilan keputusan, banyak permasalahan yang harus diputuskan dengan melihat beberapa kriteria (multicriteria) yaitu dalam membeli sebuah lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai lokasi pemasaran rumah, untuk membeli sebuah lokasi dengan syarat tertentu tidak hanya berdasarkan pada harga tetapi juga tempat, kenyamanan, penampilan dan sebagainya. Konsep dasar metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif pada semua atribut. Metode Simple Additive Weighting (SAW) ini dipilih karena metode ini menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai lokasi pemasaran rumah berdasarkan kriteriakriteria yang ditentukan. Dengan metode perangkingan tersebut, diharapkan penilaian akan lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot yang sudah ditentukan sehingga akan mendapatkan hasil yang lebih akurat terhadap lokasi yang akan dijadikan sebagai lokasi pemasaran tersebut.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Pemasaran, Simple Additive Weighting

Downloads

Published

2013-10-07