PELAKSANAAN TEKNIK SUPERVISI INDIVIDUAL SEBAGAI IMPLEMENTASI KERJA KEPENGAWASAN DI SMP NEGERI 1 SIANJUR MULA MULA KECAMATAN SIANJUR MULA MULA KABUPATEN SAMOSIR
Abstract
Seiring penerapan kurikulum berbasis kompetensi, di mana mutu pendidikan yang tidak hanya ditengarahi dengan nilai ebtanas atau nilai ujian akhir atau nilai cawu saja, tetapi juga lingkungan sekolah yang kondusif, dan juga berdasarkan kepada nilai-nilai, kecerdasan, dan life skiils siswa. Sekolah adalah pelaksana pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia di dalam proses pembelajarannya. Untuk itu peneliti mencoba mengukur seberapa tinggi pelaksanaan teknik supervisi individual dan seberapa tinggi kemampuan guru dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Sianjur Mulamula  Kecamatan  Sianjur Mulamula Kabupaten  Samosir, dengan menghubungkan pelaksanaan teknik supervisi individual dengan peningkatan kemampuan guru dalam proses pembelajaran, dengan tujuan untuk mengetahui manfaat supervisi itu secara mendalam yang selama ini terkesan supervisi sebagai suatu proses yang bersifat administratif saja atau pengawasan semata terhadap kerja guru. Kepala sekolah dapat mengidentifikasi kemampuan guru dalam proses pembelajaran, sehingga memungkinkan terciptanya kemudahan dalam rangka peningkatan kemapuan guru dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan yang berharga bagi kepala sekolah untuk mengetahui dalam bidang mana perhatian dapat lebih diarahkan guna ikut menciptakan supervisi yang lebih mengena pada apa yang diharapkan oleh guru. Sebagai masukan yang berharga untuk mengetahui kualitas dan kemampuannya dalam proses pembelajaran sehingga terdorong untuk dapat meningkatkan profesionalismenya lebih lanjut. Selain itu dapat memacu kesadaran guru akan pentingnya teknik supervisi individual dalam proses peningkatan kemampuannya dalam proses pembelajaran serta menghilangkan pandangan guru-guru bahwa supervisi merupakan penilaian kerja.
References
Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimyati, dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Tinggi Depdikbud.
Djamarah, S.B. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Furchan, A.1982. Pengantar penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Hadi, S. 2000. Statistik I. Yogyakarta. Andi.
Hadi, S. 2000. Statistik II. Yogyakarta.Andi.
Riduwan, 2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sahertian, P.A. 1982. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sahertian, P.A. 1985. Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional
Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. 1998.Dasar-Dasar Proses BelajarMengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.
Surakhmad, W.1982. Pengantar Penelitian-Penelitian Ilmiah Dasar Metoda Teknik. Bandung: Tarsito.
Tanpa Pengarang. 2003. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.