PENINGKATAN PRESTASI SISWA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 2 NAINGGOLAN
Abstract
Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar, akan memberikan dampak pengetahuan nyata bagi siswa baik secara langsung maupun tidak langsung, hal ini dimaksudkan untuk menghindari verbalisme, sebab menurut Piaget, anak usia SD pada umumnya bahwa taraf pemikiran anak belajar mengenal sesuatu melalui benda yang nyata diperlihatkan di lingkungan sekitarnya. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat mempermudah siswa menyerap bahan pelajaran, lebih mengenal kondisi lingkungannya, serta akrab dengan lingkungannya. Pada observasi awal, kegiatan pembelajaran terdiri dari 3 tahapan,  1) Kegiatan awal, 2) Kegiatan Inti, dan 3) Penutup. Pada kegiatan awal yang berupa appersepsi, siswa diajak tanya jawab tentang materi yang akan dibahas, yang akhirnya mengaitkan dengan materi inti; Sedangkan pada kegiatan inti dalam pembelajaran banyak menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media apapun kecuali buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ). Guru lebih banyak menerangkan dengan menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan konsep sehingga terkesan siswa hanya mendapatkan konsep yang abstrak dan kegiatan belajar mengajar terfokus kepada guru. Sekitar 80 % para siswa merasakan bahwa alokasi waktu yang diberikan dalam mengikuti pembelajaran cukup memadai. Hal ini turut ditunjang dengan setting forum yang baik sehingga 80 % para siswa membenarkan hal ini, dan beberapa para siswa menyatakan bahwa suasana ruang pembelajaran demikian menyenangkan. Hal ini menunjukkan bahwa pembinaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar ini mampu menciptakan iklim yang kondusif.
Kata kunci: Sekolah, Siswa, Guru, Lingkungan, Siswa
References
Arikunto, Suharsimi. 1998. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Nana Sudjana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Ngalim Purwanto. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya
Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian dalam Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Furchan, A.1982. Pengantar penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algesindo.