KEEFEKTIFAN METODE MATEMATIKA GASING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KELILING BANGUN DATAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HARIAN KABUPATEN SAMOSIR
Abstract
Pada umumnya hasil belajar siswa pada materi keliling bangun datar masih kurang optimal. Hasil belajar yang kurang optimal dapat dikarenakan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi keliling bangun datar rendah. Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran dipegaruhi oleh metode pembelajaran yang digunakan. Sebagian besar guru masih menerapkan metode konvensional berupa ceramah dalam mengajarkan materi keliling bangun datar. Metode konvensional dirasa kurang efektif diterapkan dalam pembelajaran materi keliling bangun datar. Dengan menggunakan metode konvensional siswa cenderung pasif dan mudah bosan. Dampak yang ditimbulkan dapat berupa hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hal tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran materi keliling bangun datar, salah satunya yaitu metode matematika gasing. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design bentuk nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan meliputi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Harian yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sampling jenuh dengan anggota sampel 23 siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan 23 siswa kelas III B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, uji kesamaan rata-rata, uji normalitas dan uji homogenitas dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 17. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif dengan menggunakan teknik analisis indeks dilakukan untuk mengetahui minat belajar siswa. Statistik inferensial dengan menggunakan uji t dan pooled varian digunakan untuk menguji keefektifan metode matematika gasing. Hasil penelitian menunjukkan dalam uji hipotesis perbedaan minat belajar siswa menggunakan uji independent sample t test diperoleh 6.324 > 2.015 (thitung > ttabel) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan rumus pooled varian diperoleh 6.322 > 2.015 (thitung > ttabel). Sedangkan hasil penelitian dalam uji hipotesis perbedaan hasil belajar siswa menggunakan uji independent sample t test diperoleh 2.557 > 2.015 (thitung > ttabel) dengan signifikansi 0.014 < 0,05 dan uji hipotesis keefektifan menggunakan uji t pihak kanan rumus pooled varian diperoleh 2.556 > 2.015 (thitung > ttabel). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa metode matematika gasing efektif terhadap minat dan hasil belajar siswa materi keliling bangun datar.
Kata kunci: Hasil belajar, metode matematika gasing, minat belajar
References
Prahmana, R.C.I. 2013. Designing Division Operation Learning In The Mathematics Of Gasingâ€. Proceeding in the First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference, 391398. Palembang. Sriwijaya University.
Prahmana, R.C.I., Suwasti, Petra. 2014. Local Instruction Theory on Division In
Mathematics Gasing: The Case of Rural Area’s Student in Indonesia Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 5 (1). 17-26. Palembang: IndoMs. Pratiwi, Anggi Fatmala. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar Perkalian Siswa Kelas II SDN 1 Kalibeber Wonosobo Melalui Pembelajaran Matematika Gasing. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS: Plus! Tata Cara dan Tips Menyusun Skripsi dalam Waktu Singkat!. Yogyakarta: Penerbit Media Kom.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rifa‟i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Shanty, Nenden Octavarulia.,
Wijaya, Surya., 2012. Rectangular Array Model
Supporting Students’ Spatial Structuring In Learning Multiplication on Mathematics Education (IndoMS-JME), 3 (2). 175-186. Palembang: IndoMs.
Shoimin, Aris. 2013. Excellent Teacher Meningkatkan Profesionalisme Guru Pasca Sertifikasi. Semarang: Dahara Prize. Silver,
Harvey F, dkk. 2013. Pengajaran Matematika Kurikulum Inti Bersama Edisi 2. Jakarta: Indeks.
Sirait, Anne. “Pendidikan Calon Guru Berkualitas†Buletin STKIP Surya Suryakanta Edisi 1 Volume 2 tahun 2013.
Siregar, Johannes Hamonagan., dkk. 2014. Learning The Critical Points For Addition In Matematika Gasing Journal on Mathematics Education
(IndoMS-JME), 5 (2). 160-169. Palembang: IndoMs.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudaryono, G. Margono, dan Rahayu. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surna, Nyoman I dan D. Olga Pandeirot. 2014. Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.
Surya, Yohanes. 2011. Buku Kerja Pelatihan Guru Pintar Berhitung GASING (Gampang, aSyIk, menyenaNGkan) Tangerang:
Kandel. Surya, Yohanes. 2011. Buku Petunjuk Guru Pintar Berhitung GASING (Gampang, aSyIk, menyenangkan) Volume 3. Tangerang: Kandel.
Surya, Yohanes dan M. Moss. 2012. Mathematics Education in Rural Indonesia. Proceeding in the 12th International Congress on Mathematics Education: Topic Study Group 30, 6223-6229. Seoul. Korea National University of Education.
Suryosubroto, B. 2010. Beberapa Aspek Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiyanti, Wiwik., Wakhyuningsih, Nur Safitri. 2013. Penerapan Matematika Gasing (Gampang, Asyik, menyenangkan) pada Materi Penjumlahan Dua
Digit dengan Dua Digit untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Cihuni II Kelapa Dua Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan
Pendidikan Matematika. Tangerang: STKIP Surya.
Prahmana, R.C.I. 2013. Designing Division Operation Learning In The Mathematics Of Gasingâ€. Proceeding in the First South East Asia Design/Development Research (SEA-DR) International Conference, 391398. Palembang. Sriwijaya University.
Prahmana, R.C.I., Suwasti, Petra. 2014. Local Instruction Theory on Division In
Mathematics Gasing: The Case of Rural Area’s Student in Indonesia Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME), 5 (1). 17-26. Palembang: IndoMs. Pratiwi, Anggi Fatmala. 2012. Peningkatan Prestasi Belajar Perkalian Siswa Kelas II SDN 1 Kalibeber Wonosobo Melalui Pembelajaran Matematika Gasing. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS: Plus! Tata Cara dan Tips Menyusun Skripsi dalam Waktu Singkat!. Yogyakarta: Penerbit Media Kom.
Riduwan. 2013. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rifa‟i, Ahmad dan Catharina Tri Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press. Shanty, Nenden Octavarulia.,
Wijaya, Surya., 2012. Rectangular Array Model
Supporting Students’ Spatial Structuring In Learning Multiplication on Mathematics Education (IndoMS-JME), 3 (2). 175-186. Palembang: IndoMs.
Shoimin, Aris. 2013. Excellent Teacher Meningkatkan Profesionalisme Guru Pasca Sertifikasi. Semarang: Dahara Prize. Silver,
Harvey F, dkk. 2013. Pengajaran Matematika Kurikulum Inti Bersama Edisi 2. Jakarta: Indeks.
Sirait, Anne. “Pendidikan Calon Guru Berkualitas†Buletin STKIP Surya Suryakanta Edisi 1 Volume 2 tahun 2013.