IMPLEMENTASI DATA MINING PENJUALAN UNDERWEAR MENGGUNAKAN METODE MARKET BASKET ANALYSIS PADA PT. SURIATAMA MAHKOTA KENCANA

Authors

  • Ira Maya Sari STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan
  • Nelly Astuti Hasibuan STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan
  • Natalia Silalahi STMIK Budi Darma Jln. Sisingamangaraja NO. 338 Simp Limun Sumatera Utara Medan

Abstract

PT Suriatama Mahkota Kencana merupakan perusahaan besar yang bergerak di bidang retail, salah satu aset utama yang dimilikiadalah banyaknya data yang tersimpan kerena terlalu bayanaknya data sebagian barang sering terjadi kelebihan dan kekurangan stok, salah satunya underwear jika perusahaan memilikijumlah barang yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlahpermintaan, maka dapat mengakibatkan kerugian biaya karena barang tersebut tidak terjual.Data maining adalah proses yang mempekerjakan satu atau lebih teknik pembelajaran komputer ( machine learnig) untuk menganalisis dan mengetahui pengeathuan( knowladge) secara otomatis. Data maining berisi pencarian trendatau pola yang dinginkan dalam basis data besar untuk membantu pengambilankeputusan diwaktu yang akan datang. Market base analysis adalah suatu metodeyang dapat membantu dalam mining data yang melakukan analisis terhadap prilaku konsumen secara spesifik dari suatu golongan/kelompok tertentu.Hasil pda penggunaan metode ini adalah memenuhi data-data  yang kosong dan memaksimalkan data-data yang berlebihan agar tidak terjadi barang yang berlebihan stok maupun kekurangan stok

References

Abdul Kadir dan Terra Ch. Triwahyuni 2013. â€Pengantar Teknologi Informasi†:Dasar Sistem Komputer. Yogyakarta : Andi Offset.

Abdul Kadir 2013.Pengenalan Algoritma :Flowchart. Yogyalarta : Andi Offset.

Fajar Astuti Hermawati, Data Mining, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2013

Rosa AS – M Shalahuddin 2011. Rekayasa Perangkat Lunak.: “Pemodelan Dan UMLâ€.Bandung 2011

Hansieffendi, Pengenalan Tools Tanagra, Penerbit Andi, Yogyakarta,2013

Megaputer, Market Basket Analysis, Penerbit Andi, Yogyakarta, 2007

E. Buulolo, “ALGORITMA APRIORI PADA DATA PENJUALAN DI SUPERMARKET,†in Seminar Nasional Inovasi dan Teknologi Informasi 2015 (SNITI), 2015, no. September 2015, pp. 4–7.

H. Widayu, S. D. Nasution, N. Silalahi, and M. Mesran, “DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI JENIS TRANSAKSI NASABAH PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DENGAN ALGORITMA C4.5,†MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 1, no. 2, Jun. 2017.

Downloads

Published

2017-11-30