PERANCANGAN ANIMASI WAYANG PANDAWA LIMA DALAM LAKON PILKADA DENGAN MENGGUNAKAN METODE POSE TO POSE
Abstract
Pada industri kreatif saat ini, animasi adalah media populer digunakan oleh industri hiburan seperti wayang Pandawa Lima. Animasi dua dimensi adalah cara yang umum untuk menangkap perhatian dan mengekspresikan pesan atau menyampaikan informasi. Pada pertama kalinya, teknologi komputer berisi perangkat lunak dan perangkat keras hanya dapat memproduksi animasi dua dimensi dengan kualitas sederhana di bidang multimedia. Tapi di era teknologi komputer berkembang pesat dan luar biasa. orang-orang hardware dan software yang dibuat telah memenuhi syarat untuk membuat animasi dengan luar biasa efek khusus, baik film 3D atau 2D. Indonesia masih jarang digunakan dan memperkenalkan efek, sehingga cukup terlambat dalam pengembangan industri kreatif. Dalam proposal skripsi ini, penulis mencoba untuk membuat dan memperkenalkan 2D animasi sederhana yang dapat dinikmati oleh semua jenis orang dan dapat insterted menjadi iklan produk dalam animasi ini dengan menggunakan metode pose to pose. Pembuatan animasi 2D, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan referensi bagi pembaca pada cara membuat animasi yang menarik.
References
Jogiyanto HM, “Analisis Dan Disain Sistemâ€, Penerbit Andi, Jogjakarta, 2007
Iwan Binanto, “Multimedia Digital Dasar Teori Dan Pengembangannyaâ€, Penerbit Andi, Jogjakarta, 2010
Morena Cindo, “Aneka Wayang Nusantaraâ€, Penerbit MKS, Jaakarta, 2010
Adi Nugroho, “Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode USDPâ€, Penerbit Andi, Jogjakarta, 2010
Insap Santosa, “Interaksi Manusia Dan Komputerâ€, Penerbit Andi, Jogjakarta, 2009
Wahana Komputer, “Membuat Game Interaktif Menngunakan Adobe Flash CS6â€, Penerbit Andi, Jogjakarta, 2013
Puspasani,“Pembuatan Film Kartun 2D Runo, The Green Caterpillar Menggunakan Teknik Straight Ahead And Pose To Poseâ€, 2013
Muhammad Hafid, “Perancangan Film Kartun Nenek VS Pencuriâ€, 2011
Deny Laksono, “Perancangan Pose To Pose Animasi 3D Seni Tunggal Pencak Silat Menggunakan Source Filmmakerâ€, 2014