PENERAPAN ALGORITMA INTERATIVE-DEEPENING SEARCH (IDS) DALAM PENYELESAIAN PERMAINAN TEKA-TEKI KAKURO

Authors

  • Jackri Hendrik Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer - TIME

Abstract

Kakuro merupakan permainan teka-teki logika yang sangat populer di Jepang dan muncul di hampir 100 majalah dan koran Jepang. Nikoli, pencipta Kakuro, bahkan berhasil menjual sekitar 1 juta buku Kakuro. Cara bermain Kakuro adalah pemain harus mengisi setiap kotak yang kosong dengan angka dari 1 hingga 9, dengan syarat bahwa total dari angka per baris dan kolom harus sesuai dengan nilai pada kotak petunjuk. Angka tidak boleh berulang pada baris dan kolom yang sama. Algoritma pencarian Iterative-Deepening Search (IDS) dapat digunakan untuk mencari penyelesaian dari permainan Kakuro. Pencarian akan dimulai dari kotak jawaban pertama dan diberikan angka 1 dilanjutkan dengan penelusuran pada kotak-kotak berikutnya. Apabila tidak terdapat angka yang dapat dimasukkan pada satu kotak, maka IDS akan kembali ke kotak sebelumnya dan mengganti angka pada kotak tersebut. Penelusuran dilakukan hingga semua kotak jawaban terisi. Aplikasi dapat digunakan untuk mencari jawaban dari permainan teka-teki Kakuro dengan menggunakan algoritma IDS.

Author Biography

Jackri Hendrik, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer - TIME

Program Studi Teknik Informatika

STMIK TIME

References

Cormen, et.al, 2009, Introduction to Algorithms, Third Edition. MIT Press, Massachusetts.

Freeman Joan, dan Utami Munandar, 2001, Cerdas dan Cemerlang, PT. Gramedia Pustaka Indonesia, Jakarta

Hurlock, 2010, Psikologi Perkembangan, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Le Compte, D., 2010, 200 Crazy Clever Kakuro Puzzles, Lulu.com.

Prasetyo, R. Muhammad Khalil, 2012, Penyelesaian Permainan Checkers Pada Mobile Device Berbasis Android Menggunakan Algoritma Iterative Deepening Search, USU, Medan.

Romlah, 2001, Teori dan Praktek Bimbingan dan Konseling Kelompok, Universitas Negeri Malang Press, Malang.

Russell, S. J. dan Norvig, P, 2010, Artificial Intelligence: A Modern Approach, Third Edition, Pearson Education, New Jersey.

Santrock, 2006, Human Adjustment, University Of Texas at Dallas. Mc Graw, Hill Companies.

Snels, N., 2014, King-Sized Kakuro Volume 3, PuzzleBooks.net.

Sutojo, T., dkk, 2011, Kecerdasan Buatan, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Suyanto, 2011, Artificial Intelligence, Penerbit Informatika, Bandung.

Timmerman, C., 2006, The Everything Easy Kakuro Book, Adams Media, Avon, Massachusetts

Downloads

Published

2017-08-15